6 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di kamboja




Pagoda Perak

Di masa lalu, Kamboja mungkin hanya dikenal lewat kekejaman pemberontakan Khmer Merah dan rezim Pol Pot yang kejam. Tak disangka, negara yang bertetanggaan dengan Laos, vietnam, dan ini  menyimpan banyak potensi-potensi dan keindahan alam.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berbeda saat berkunjung ke Kamboja, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang wajib Anda singgahi di Kamboja.

Kuil Bayon

Di semua sisi kuil Bayon, Anda bisa menemukan lebih dari 200 pahatan wajah yang kesemuanya berbeda. Salah satu pahatan wajah yang paling populer adalah gambar pria tersenyum yang diyakini sebagai wajah  Raja Jayavarman VII.

Kuil Bayon
Kuil Bayon

 

Koh Ker

Koh Ker merupakan ibukota Kerajaan Khmer di tahun 928 M hingga 944 M. Dalam jangka waktu yang cukup singkat tersebut, telah dibangun beberapa bangunan megah dan patung-patung yang luar biasa memukau. Beberapa diantaranya adalah kuil piramida setinggi 30 meter yang menjulang tinggi di tengah hutan dan semak.

Koh Ker
Koh Ker

 

Lihat Juga:   Menikmati Lunpia Semarang

Angkor Wat

Angkor Wat merupakan sebuah kuil yang dibangun oleh Raja Suryavarman II pada abad ke-12. Kuil ini memiliki menara setinggi 213 meter dan dianggap sebagai rumah dewa-dewi dalam kepercayaan Hindu masyarakat Kamboja.

Angkor Wat
Angkor Wat

 

Kratie

Kratie adalah sebuah kota kecil yang terletak di tepi Sungai Mekong. Kota ini didominasi bangunan-bangunan kuno peninggalan kolonial . Di sini, Anda juga bisa menyaksikan lumba-lumba Irrawaddy yang hanya hidup di sungai Mekong. Lumba-lumba ini dinyatakan sebagai hewan langka dan populasinya hanya tinggal 66-88 ekor saja.

Kratie kamboja
Kratie kamboja

 

Perak

Pagoda ini terletak di dalam kompleks Royal Palace di Phnom Penh. Dinding dalam Pagoda Perak ini dihiasi dengan mural mitos Ramayana yang dibuat oleh 40 seniman Khmer pada tahun 1903–1904. Pagoda Perak ini menyimpan banyak harta negara di dalamnya, diantaranya ada patung Buddha berbahan emas, kristal Buddha yang telah berusia 17 abad, dan Maitreya Buddha emas seukuran manusia yang bertaburkan 9.584 berlian.

Pagoda Perak
Pagoda Perak

 

Lihat Juga:   Wisma Puas, Penginapan Murah & Sedia Banyak Kamar di Kaliurang

Tuol Sleng Genocide dan Killing Field

Bagi Anda yang penasaran dengan kengerian yang ditinggalkan oleh masa kekuasaan Pol Pot, di Phnom Penh berdiri Museum Tuol Sleng Genocide. Museum ini dulunya adalah sebuah bangunan sekolah SMA yang  dijadikan sebagai penjara dan tempat penyiksaan tawanan.

Lebih dari 17.000 nyawa melayang pada periode singkat kepemimpinan Khmer Merah (1975-1978). Korban-korban tersebut disiksa di dalam bangunan Museum Tuol Sleng Genocide lalu kemudian dibantai di Killing Field di Choeung Ek yang berjarak sekitar 30 menit dari Phnom Penh.

Killing Field hingga kini masih menyisakan bekas-bekas kekejaman Pol Pot melalui sebuah audio tour. Sekitar 8.000 tulang tengkorak dipajang di dalam lemari kaca untuk mengenang banyaknya korban yang dieksekusi kala itu. Terdapat 129 kuburan masal yang 43 diantaranya tidak digali hingga saat ini.

Museum Tuol Sleng Genocide dan Killing Field
Museum Tuol Sleng Genocide dan Killing Field

 




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan