10 Tempat Wisata Keren di George Town, Penang, Malaysia

Penang Hill - www.penang.ws

George Town merupakan ibukota negara bagian Pulau Penang (atau Pinang), . Dikatakan sebagai salah satu pelabuhan utama di Selat Malaka yang dulu menghubungkan perdagangan China dan India, kota ini juga memiliki sejumlah menarik, yang sayang untuk Anda lewatkan ketika berkunjung ke Negeri Jiran.

Seperti dilansir Kompas, George Town telah dinobatkan sebagai kota warisan budaya dunia oleh UNESCO pada bulan Juli 2008 silam karena memiliki sejarah dan percampuran budaya yang apik. Diklaim ditemukan lebih dari 200 tahun yang lalu, kota ini punya banyak bangunan mengagumkan dengan gaya arsitektur yang berbeda-beda karena dipengaruhi beragam etnik, seperti Arab, India, Melayu, Aceh, Siam, Burma, Tionghoa, hingga Eropa.

Ketika Anda berkunjung ke George Town, banyak tempat-tempat menarik yang bisa Anda datangi, yang selain menyimpang sejarah panjang, juga menawarkan keunikan tersendiri. Selain itu, di George Town, wisatawan pun bisa menemukan beragam tempat yang menggugah selera. Berikut objek-objek wisata di George Town yang patut dikunjungi, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Bukit Bendera atau Penang Hill

Ini merupakan salah satu yang tidak boleh Anda lewatkan ketika rekreasi ke George Town. Di Penang Hill, pelancong bisa menaiki bukit setinggi 700 meter dari permukaan air laut dengan menggunakan kereta yang menanjak dengan sudut kemiringan 45 derajat sambil menikmati pemandangan spektakuler. Diklaim sebagai salah satu objek wisata di Penang, naik kereta di sini sekitar 30 ringgit Malaysia.

Penang Hill - www.penang.ws

Penang Hill – www.penang.ws

Esplanade

Ini adalah tempat yang cocok bagi mereka yang ingin berjalan santai sambil menghirup udara segar dari laut. Di sepanjang lokasi ini, terdapat sebuah monumen bernama War Memorial yang dibangun untuk menghormati para pejuang yang telah gugur. Selain itu, juga ada pusat jajanan dan benteng kuno Fort Cornwallis yang didirikan ketika Kapten Francis Light berlabuh pertama kali di Penang.

Esplanade - en.wikipedia.org

Esplanade – en.wikipedia.org

Beach Street

Dikenal juga dengan sebutan Bank Street, merupakan pusat kantor bank komersial dunia berada. Begitu melangkahkan kaki di jalanan ini, Anda akan merasa seolah-olah berada di Benua Eropa karena arsitektur kebanyakan bangunan di kawasan ini memang sangat mirip dengan bangunan di Benua Biru. Jadi, bagi Anda yang ingin liburan ke Eropa tetapi belum kesampaian, bisa mampir ke Beach Street.

Beach Street - www.dreamstime.com

Beach Street – www.dreamstime.com

Lebuh Muntri

Terdapat museum kamera yang diklaim pertama di Malaysia dan juga kawasan Asia Tenggara. Camera Museum akan memberikan pelajaran seputar awal mula kamera serta beragam sejarah dan cerita di balik alat ini. Setidaknya, ada empat area di museum ini, yaitu area pameran fotografi, area pameran kamera, area cenderamata, dan kafe. Museum ini sendiri memajang setidaknya 300 unit kamera. Di samping itu, wisatawan juga bisa berkunjung ke Masjid Benggali yang masih berada di Lebuh Muntri.

Lihat Juga:   Pantai Haeundae, Pantai Tersohor Berpagar Bangunan Mewah di Busan, Korea Selatan

Kuil Khoo Kongsi

Selesai dibangun pada tahun 1906, kuil kepunyaan klan Khoo Kongsi ini menjadi salah satu tempat di George Town yang menarik dikunjungi. Perpaduan arsitektur khas China serta kerajinan tangan membuat bangunan kuil ini sangat indah, terlebih ketika malam hari dengan hiasan lentera-lentera yang menggantung.

Street of Harmony

Biasa disebut dengan Jalan Kapitan Keling, ini merupakan area yang memiliki beragam tempat ibadah, mulai Gereja St. George yang menjadi Gereja Anglikan tertua di ASEAN, Goddes of Mercy Temple atau Kuil Dewi Kuan Yin, Masjid Kapitan Keling, Kuil Hindu Mahamariamman, serta Kuil Teochew atau Kuil Han Jiang. Rata-rata bangunan tersebut didirikan pada abad ke-18 dan menjadi tempat ibadah tertua dan bersejarah di George Town.

Lihat Juga:   Wajib Coba! Ini Tempat Bermain Anak yang Seru di Bandung

Pinang Peranakan Mansion

Merupakan bangunan kuno yang dulunya kepunyaan Kapitan Chung Keng Kwee dan memiliki koleksi lebih dari seribu barang antik dan beragam benda lainnya, yang menggambarkan kehidupan bangsa peranakan di Penang. Terdapat pula koleksi perhiasan Baba Nyonya, sebutan peranakan di Malaysia, dengan teknik pembuatan yang menggabungkan komposisi China, Malaysia, Victoria, dan India.

Cheong Fatt Tze Mansion

Dibangun pada tahun 1880-an, ini adalah rumah megah bergaya China dengan warna biru indigo yang terkenal di Kota George Town. Dulunya, ini merupakan kediaman Cheong Fatt Tze, seorang tokoh China pada awal pembentukan pemukiman di Selat Penang selama abad ke-19. Berhasil diselamatkan dari ancaman pembangunan modern pada tahun 1990-an oleh sekelompok pencinta cagar budaya, Cheong Fatt Tze Mansion memiliki ukiran kayu yang sangat indah, jendela hias bergaya Gotik, dinding bata coklat muda dan kerajinan porselin dekorasi, panel kaca patri bergaya art nouveau, ubin keluaran Stoke-on-Trent, dan seni besi tempa Skotlandia.

Pelabuhan Jetty

Berada di sepanjang kawasan Weld Quay, Pelabuhan Jetty menjadi salah satu pelabuhan bersejarah di George Town. Saat berjalan-jalan di sini, Anda bisa melihat kampung nelayan tradisional dengan bangunan serta jalan setapak yang terbuat dari kayu dan beragam aktivitas nelayan lainnya yang menarik.

Gurney Drive

Merupakan tempat yang cocok untuk mengisi perut setelah lelah berjalan-jalan di George Town. Tempat berjalan-jalan di tepi laut yang populer ini menggambarkan warna dan suasana Penang, yaitu menyenangkan, hidup, dan bersemangat. Dikenal dalam bahasa Melayu sebagai “Persiaran Gurney”, Gurney Drive menawarkan berbagai kaki lima dan terbaik yang menarik. Lokasi di dekat juga menawarkan daya tarik lain, layak Anda singgahi meski Anda sedang berdiet. New Gurney Drive Food Court memiliki bagian halal dan tidak halal, dan buka mulai pukul 18.00 waktu setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>