Ingin Liburan ke Gili Genting? Ini Info Tarif & Fasilitas Penginapan di Gili Genting Madura

Gili Genting - www.exploremadura.com

rupanya kini terus berkembang dengan bermunculannya sejumlah spot wisata menarik. Bagi Anda yang gemar ‘island hopping’, rupanya memiliki beberapa gugusan kecil yang eksotis dan punya keunikan masing-masing. Misalnya saja Gili Labak, Gili Iyang, dan yang belakangan ini cukup menyedot perhatian adalah Gili Genting.

Ketiga pulau tersebut sudah banyak dikembangkan oleh masyarakat Madura sebagai destinasi wisata unggulan di Pulau Garam ini. Gili Labak terkenal sebagai surganya snorkeling, Gili Iyang terkenal dengan oksigennya yang disebut-sebut masih murni, dan Gili Genting adalah yang cocok untuk Anda yang ingin beristirahat sembari mencari ketenangan.

Pulau Gili Genting sendiri berlokasi di Desa Bringsang, Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Madura. Gili Genting terletak di sebelah tenggara Kabupaten Sumenep dan memiliki luas sekitar 30 km persegi. Gili Genting merupakan kecamatan yang dibentuk pada tahun 1982 silam, hasil dari pemekaran Kecamatan Bluto, Sumenep. Kecamatan Gili Genting sendiri mencakup wilayah Desa Aenganyar, Bringsang, Galis, Gedugan, Jete Banbaru, Banmaleng, dan Lombang. Masing-masing berada di Pulau Gili Genting dan Gili Raja.

Gili Genting memiliki bentang pasir putih yang masih bersih dan indah di Sembilan. Yup, sebagai , yang menjadi ikon utama dari Pulau Gili Genting adalah Sembilan. Anda dapat duduk-duduk bersantai di Sembilan sembari menikmati angin sepoi-sepoi atau menikmati ikan bakar yang dijual di sana.

Gili Genting - www.pulaumadura.com

Gili Genting – www.pulaumadura.com

Awalnya Pantai Sembilan memiliki nama Pantai Mareddnan atau ‘kuburan’. Nama itu diberikan karena di pantai tersebut ada kuburan umum yang saat ini telah disekat oleh tembok. Namun lama-kelamaan warga pun menamainya dengan Pantai Sembilan. Alasannya karena di pantai ini ada salah satu keunikan. Ketika kondisi air laut sedang pasang, Anda bisa melihat keseluruhan air menggenangi bibir pantai dan membentuk angka 9 saat Anda melihatnya dari atas menggunakan bantuan drone. Alhasil pantai tersebut kemudian dinamai Pantai Sembilan.

Lihat Juga:   Diangkat dari Kisah Nyata Villa Angker di Puncak, ‘Villa 603’ jadi Film Horor Terlaris

Untuk berkunjung ke Pantai Sembilan memang kabarnya belum ada karcis atau masuk. Namun Anda biasanya akan ditarik uang sumbangan untuk kebersihan sebesar Rp 5.000.  Pihak pengelola masih belum menarik karcis lantaran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bringsang yang sudah terbentuk masih memerlukan pengesahan dari pihak Pemkab.

di Pantai Sembilan Gili Genting

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, fasilitas di Pantai Sembilan Gili Genting bisa dibilang cukup lengkap. Anda bisa menemukan deretan gazebo yang bisa Anda gunakan untuk duduk-duduk bersantai sembari menikmati santapan ikan bakar atau bahkan sekadar menikmati pemandangan laut yang indah di sana. Kemudian ada pula fasilitas toilet bagi Anda yang ingin buang air, berganti pakaian, atau bersih diri setelah puas bermain-main air laut.

Tak cukup sampai di situ, ada pula fasilitas pendukung seperti warung-warung makanan yang dikelola oleh warga setempat, cafe, hingga arena watersport atau permainan dan olahraga air seperti banana boat, snorkeling, sailing, speedboat, canoe, dan sepeda perahu. Bagi yang gemar berfoto selfie pun sudah disediakan pula sejumlah spot foto yang instagenic seperti ayunan di tepi pantai, ranjang pengantin, kursi pantai, caption-caption nuansa percintaan, dan masih banyak lagi.

Tak heran jika Pantai Sembilan kerap dikunjungi oleh , pasangan muda-mudi, rombongan besar, atau bahkan pasangan yang hendak berbulan madu. Karena posisi Pantai Sembilan masih condong ke arah barat, Anda bisa menikmati pemandangan menakjubkan matahari terbenam atau sunset di Pantai Sembilan.

Keindahan di Pantai Sembilan pun bukan hanya berlangsung saat siang atau sore hari saja. Ketika malam hari menjelang, terutama saat cuaca sedang cerah-cerahnya, Anda dapat melihat hamparan bintang yang terlihat jelas di langit. Pemandangan keren tersebut bisa Anda nikmati sembari rebahan di atas pasir pantai yang masih bersih dengan ombak yang relatif tenang tersebut. Banyak pula kegiatan seru yang bisa Anda lakukan selama berada di Gili Genting, mulai dari voli pantai, memancing, diving, dan sebagainya.

Lihat Juga:   Wisma Cempaka, Akomodasi Murah dan Representatif di Kabupaten Bone

Penginapan di Gili Genting

Di Gili Genting objek wisata yang menjadi daya tarik utama adalah Pantai Sembilan. Oleh sebab itu, sarana akomodasi atau penginapan dibangun di pinggir-pinggir Pantai Sembilan. Di tepi pantai Anda bisa menemukan sekitar 20 unit cottage atau penginapan kecil yang posisinya langsung menghadap pantai dan memiliki desain bernuansa tradisional, tetapi tetap instagramable.

Gili Genting - www.liputan6.com

Gili Genting – www.liputan6.com

atau sewa cottage di Pantai Sembilan Gili Genting ini dipatok mulai Rp 300 ribuan hingga Rp 750 ribuan per malam. Tiap cottage dapat dihuni untuk kapasitas 5-10 orang. Fasilitas penginapan di sana cukup lengkap. Anda bisa menikmati beberapa fasilitas yang disediakan seperti pendingin ruangan atau air conditioner (AC), 2 kasur yang cukup nyaman, kamar mandi dalam, dan 3 kali makan dalam sehari. Asyik kan? Jadi selama berada di Gili Genting Anda tak perlu bingung lagi mencari makanan. Tak hanya mengandalkan yang disediakan di cottage, di sekitar Gili Genting pun sudah banyak warga yang menjual masakan-masakan khas Madura yang lezat dan patut untuk Anda coba.

Nah, selain menyewa cottage atau homestay yang ada di Pulau Sembilan. Anda juga bisa membawa tenda atau peralatan camping sendiri untuk berkemah di tepi pantai. Selain nuansa outdoor-nya lebih terasa, Anda pun bisa lebih menghemat pengeluaran. Namun masih belum diketahui apakah ada tarif atau biaya khusus untuk menyewa spot yang hendak dijadikan tempat mendirikan tenda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>