Info Tiket Masuk, Fasilitas, & Tempat Menginap di Desa Penglipuran Bangli-Bali

Desa Penglipuran Bangli Bali - www.getyourguide.com

Pulau Bali sebenarnya bukan hanya terkenal dengan pantai-pantainya yang eksotis saja, tetapi ada pula pilihan destinasi lain yang bisa Anda tuju dan tak kalah menarik, yakni desa . Salah satu desa yang masih tradisional dan mempertahankan adatnya adalah Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli, . Desa Penglipuran dikenal sebagai desa terbersih dan ditetapkan sebagai desa wisata sejak tahun 1995 silam.

Karena menjunjung tinggi falsafah untuk menjaga keharmonisan hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungan, dan manusia dengan Sang Pencipta, penduduk di Desa Penglipuran pun sangat menjaga warisan nenek moyangnya. Hal ini bisa dilihat dari rumah-rumah di sana yang terlihat seragam dan saling berhadapan. Tiap rumah hanya dipisahkan oleh jalan utama desa.

Penduduk di desa ini sangat ramah, Anda bisa bertegur sapa sembari mengobrol dengan warga asli Desa Penglipuran saat menginap di sana. Terlebih di Desa Penglipuran ada beberapa kuliner khas yang bisa Anda coba seperti Loloh Cemcem, sejenis minuman kesehatan jamu yang rasanya tidak pahit, namun ada perpaduan rasa manis, asam, dan pedas. Selain itu ada pula jajanan khas seperti donat ketela, tipat cantok yang mirip ketoprak dengan taburan kacang mentik khas Bali, serta Sueg yang merupakan kuliner berbahan umbi yang harus mati terlebih dahulu dari pohonnya.

Masuk Desa Penglipuran

Untuk masuk ke Desa Wisata Penglipuran Bali ternyata Anda masih diharuskan untuk membayar tiket. Harga tiket masuk Desa Penglipuran untuk wisatawan domestik dibanderol Rp 15 ribu per orang (dewasa), sedangkan untuk anak-anak harga tiketnya hanya Rp 10 ribu per anak. Lain lagi bagi wisatawan mancanegara, tiket masuknya Rp 30 ribu per orang (dewasa), sedangkan untuk anak-anak harga tiketnya Rp 25 ribu per anak.

Desa Penglipuran Bangli Bali - poskotanews.com

Desa Penglipuran Bangli Bali – poskotanews.com

Anda tak perlu khawatir dengan ketersediaan area parkir di Desa Penglipuran, pasalnya di objek wisata satu ini areanya sudah sangat tertata dan tersedia area parkir cukup luas yang mampu menampung bus dengan 45 seat. Tak hanya menikmati pemandangan dan sensasi tinggal di rumah tradisional milik warga Desa Penglipuran, tetapi Anda juga bisa mencoba berkunjung ke objek wisata lain yang masih berada di wilayah Desa Penglipuran seperti Hutan Bambu dan Tugu Pahlawan Penglipuran.

Lihat Juga:   Cemara Indah Hotel, Penginapan Murah Dekat Gunung Bromo

Tempat Menginap di Desa Penglipuran

Di Desa Penglipuran Bali terdapat 2 akomodasi, yakni homestay dan . Baik maupun homestay di Desa Penglipuran biasanya merupakan rumah warga yang sengaja dibangun dan dirancang dengan desain unik, namun ciri khas rumah asli Desa Penglipuran tetap dipertahankan, yakni berupa anyaman bambu dengan atap yang terbuat dari tumpukan bambu yang artistik.

Khusus di homestay biasanya fasilitasnya lebih sederhana karena homestay berlokasi di masing-masing rumah penduduk. Meski sederhana, tetapi kebersihan dan fasilitasnya cukup memadai. Sementara itu di guest house bagian interiornya biasanya sudah mengusung desain minimalis nan modern agar menunjang kenyamanan Anda selama menginap di Desa Penglipuran.

Adapun harga atau rate sewa homestay di Desa Penglipuran berkisar mulai Rp 375 ribu per per malam, sudah termasuk fasilitas sarapan. Beberapa pilihan homestay di Desa Penglipuran antara lain Moneng Homestay, Rumiani Homestay, Tarik Homestay, Santika Homestay, Artawati Homestay, hingga Sukur Homestay. Fasilitas yang ditawarkan bermacam-macam, misalnya saja televisi, mandi dengan air panas, ruang , gazebo, dapur, dan sebagainya.

Sementara itu untuk guest house disewakan dengan biaya yang lebih mahal, yakni mulai Rp 500 ribuan per malam per kamar, belum termasuk dengan fasilitas breakfast atau sarapan. Saat menginap di guest house, Anda bisa menikmati fasilitas kamar tidur dengan ranjang queen size untuk 2 orang, TV, kamar mandi standar dengan air panas dan bathtub, serta living hall bersama.

Lihat Juga:   Diangkat dari Kisah Nyata Villa Angker di Puncak, ‘Villa 603’ jadi Film Horor Terlaris

Apabila Anda berencana menginap di Desa Penglipuran Bali, sebaiknya lakukan booking atau pemesanan maksimal 1 hari sebelum tanggal program. Anda disarankan untuk melakukan reservasi sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan penginapan. Selain itu, pihak Desa Penglipuran biasanya menerapkan sistem pembayaran DP (Down Payment) sebesar 50%, sedangkan untuk pembayaran pelunasan dapat dilakukan setelah tiba di Desa Penglipuran.

Desa Penglipuran Bangli Bali - mursyidalharamain.com

Desa Penglipuran Bangli Bali – mursyidalharamain.com

Apabila Anda akan melakukan pembatalan, maka akan dikenai cancelation fee (biaya pembatalan) sebesar 50% sesuai DP yang telah dibayarkan. DP sebesar 50% akan dikembalikan apabila terjadi sesuatu yang di luar perkiraan (force mayor), misalnya gempa bumi, kebakaran hutan yang parah, atau situasi gawat darurat lainnya. di Desa Penglipuran menetapkan kebijakan check in mulai pukul 14.00 WITA dan check out sebelum jam 12.00 WITA.

Selain guest house dan homestay, Anda juga bisa mencoba camping alias berkemah 2 hari 1 malam di Desa Penglipuran. Camping di Desa Penglipuran memungkinkan Anda untuk menikmati fasilitas api unggun di malam hari, bermalam di sebuah tenda dengan kapasitas 2-3 orang, lengkap dengan matras tipis, dan sleeping bag. Paket camping di Desa Penglipuran disediakan untuk kapasitas antara 20-100 orang dengan harga mulai Rp 325 ribu hingga Rp 420 ribu per orang, semakin banyak yang ikut, maka harganya pun akan dipatok lebih murah.

Harga paket camping tersebut sudah termasuk fasilitas welcome drink minuman khas Desa Penglipuran, yakni Loloh Cemcem, tenda, sleeping bag, kayu bakar untuk api unggun, coffee break atau BBQ (kopi, teh, ketela, dan jagung), makan malam, sarapan, tiket masuk objek wisata Desa Penglipuran, dan pemandu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>