Update Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Owabong Waterpark




Wahana Museum Uang di Zona Sanggaluri (sumber: owabong.co.id)
Owabong Waterpark (sumber: kaskus.co.id)

Jika dibandingkan dengan daerah di Jawa Tengah lainnya, nama Purbalingga sebagai salah satu destinasi memang kurang begitu menggema. Padahal, kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Banyumas ini memiliki beberapa objek menarik, salah satunya Owabong Waterpark. Dengan masuk mulai Rp20.000, objek wisata ini bisa menjadi alternatif bagi keluarga atau rombongan.

Owabong merupakan akronim dari Objek Wisata Air Bojongsari, yaitu wisata keluarga yang memiliki permainan berupa kolam renang, arena gokart, waterboom, dan air lainnya. Seperti namanya, wisata ini terletak di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Awalnya, tempat ini merupakan sebuah kolam renang pribadi yang dibuat oleh warga negara Belanda yang dibangun pada tahun 1946. Lalu, kolam renang tersebut diambil alih seorang keturunan Tionghoa bernama Kwi Sing. Pada tahun 2004, tempat ini kemudian dibeli Pemda Kabupaten Purbalingga yang akhirnya merenovasi kolam renang sebagai sebuah wahana wisata keluarga dan diperluas hingga 4,8 hektare serta diresmikan pada 1 Maret 2005.

Fasilitas Permainan di Owabong Waterpark

Layaknya wahana waterpark lainnya, Owabong Waterpark juga memiliki berbagai wahana permainan yang dibagi menjadi empat zona, yaitu Zona Waterpark, Zona Sanggaluri, Zona Usman Janatin, dan Zona Cottage. Setiap zona mempunyai beberapa wahana permainan yang disesuaikan dengan kategori zona tersebut.

Owabong Waterpark - took-me.blogspot.co.id
Owabong Waterpark – took-me.blogspot.co.id

Di Zona Waterpark misalnya, para pengunjung bakal menemukan wahana air berupa Kolam Renang Olympic dengan standar nasional. Di kolam renang ini, wisatawan bisa menikmati sensasi dan kesegaran langsung dari sumber mata air alami. Di samping kolam renang Olympic, di zona yang sama juga terdapat Waterboom yang terdiri dari beberapa kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, yang telah didukung dengan papan seluncur dengan ketinggian 40 kaki. Para pengunjung dapat merasakan sensasi ketegangan di papan seluncur Capsule, Torpedo, dan Spiral Slide.

Masih di Zona Waterpark, wisatawan juga dapat menemukan wahana Ember Tumpah, sebuah ember yang akan mengguyurkan ribuan liter air setiap empat menit sekali ke kolam renang. Selain itu, tersedia juga Kolam Arus atau Lazy River yang memungkinkan pengunjung bersantai dan bergembira menyusuri kolam sepanjang 200 meter bersama keluarga atau sahabat. Tidak ketinggalan, ada juga Kolam Bebas Tsunami yang menampilkan kolam renang bernuansa seperti pantai dan tentunya bebas tsunami.

Beberapa wahana lain di Zona Waterpark yang bisa dinikmati pengunjung adalah Kolam Permainan untuk basket air; Kolam Sesat dengan bentuk tidak beraturan dan dilengkapi wahana permainan Waterball; Kolam Pesta Air yang didukung istana air, arena bermain, dan bisa sebagai sarana terapi air; Sirkuit Gokart, Flying Fox; Theater 4D dengan efek khusus dan kursi bergoyang; Rafting Adventure menyusuri sungai sepanjang 7 km; Anjungan Dirgantara lengkap dengan display miniatur pesawat dan black box; serta Terapi Ikan, Kolam , dan Terapi Air.

Untuk kenyamanan pengunjung, di sepanjang Zona Waterpark juga telah dilengkapi dengan fasilitas tempat istirahat atau rest area, yang terdiri dari Beringin Rest Area (kawasan beringin teduh), Pallanta Rest Area (berupa saung atau gazebo di dekat air mancur), Pallanta AWD (saung atau gazebo di bawah pesawat), Pondok Pesisir Rest Area (saung atau gazebo besar di kawasan Pantai Bebas Tsunami). Sementara, jika pengunjung ingin mengisi perut, tersedia Resto Beringin, Bening Coffee Shop, dan juga Cafe Lesson.

Wahana Museum Uang di Zona Sanggaluri (sumber: owabong.co.id)
Wahana Uang di Zona Sanggaluri (sumber: owabong.co.id)

Beralih ke Zona Sanggaluri, di tempat ini, para wisatawan dapat berkunjung ke Reptile & Insect Park untuk melihat berbagai koleksi binatang reptil yang masih hidup dan serangga yang sudah diawetkan, Wahana IPTEK, Museum Uang untuk melihat berbagai koleksi mata uang dari dalam negeri dan mancanegara, Museum Wayang dan Artefak, Taman , Taman Burung dengan koleksi berbagai burung di area outdoor, Rumah Gempa sebagai wahana edukasi demonstrasi gempa bumi, Labirin Kaca, dan Taman Sesat.

Di samping itu, di Zona Sanggaluri juga bisa ditemukan berbagai fasilitas permainan seperti Kampoeng Ular untuk berinteraksi dengan berbagai macam ular dan cocok bagi mereka yang fobia terhadap hewan melata tersebut, Kolam Terapi Ikan, Taman Lalu Lintas, Istana Balon, Kuda Tunggang, Trampolin, Flying Fox, Corousel, Jet Coaster, hingga Gazebo Semar.

Berpindah ke Zona Usman Janatin, di tempat ini, para pengunjung bakal menemukan Museum Art yang menampilkan lukisan 3D dan hasil fotografi, Kereta Mini, Worm Coaster, Sepeda Antik Roda 3, Istana Balon, Samba Balon, Kora-Kora yang mampu menampung maksimal 8 orang, Bom-Bom Car, Happy Swing, dan Taman Lampion. Di zona ini, pengelola juga telah melengkapinya dengan fasilitas seperti musala, panggung musik dan seni, kafe, dan juga area parkir kendaraan yang luas.

Fasilitas Penginapan

Owabong Cottage (sumber: wego.co.id)
Owabong Cottage (sumber: wego.co.id)

Selain wahana permainan, Owabong Waterpark ternyata juga menyediakan akomodasi penginapan yang terangkum dalam Zona Cottage. Ada tiga kamar yang ditawarkan di penginapan ini, dan telah didukung dengan fasilitas seperti TV kabel, akses Wi-Fi, AC, shower air panas dan dingin, serta sarapan dengan menu Indonesia. Berikut tarif masing-masing kamar di Cottage Owabong Waterpark.

Tipe KamarTarif per Malam (Rp)
VIP Room850.000
Family Room500.000
Junior Cottage350.000
Extra Bed150.000

Tiket Masuk

Pintu masuk Owabong Waterpark (sumber: fahmianhar.com)
Pintu masuk Owabong Waterpark (sumber: fahmianhar.com)

Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, Owabong Waterpark memang cocok dijadikan tempat liburan bersama keluarga. Nah, jika Anda berminat mengunjungi tempat ini, berikut kami berikan info terbaru mengenai harga tiket di Owabong Waterpark.

Arena PermainanHarga Tiket (Rp)
Senin – JumatSabtu, Minggu, Hari Libur
Owabong Waterpark20.00030.000
Sanggaluri Park15.00020.000

Owabong Waterpark beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB. Sementara, Sanggaluri Park beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi nomor telepon 0816597010, 081548709999, atau email di owabongcottage@gmail.com dan reservasi_owb@yahoo.co.id.

[Update: Galih Conainthata]

Lihat Juga:   Pantai Ekas, Surga Alami dan Asri di Lombok Timur




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*