Info Terbaru Harga Tiket Masuk & Fasilitas Makam Bung Karno (MBK)




Kawasan wisata Makam Bung Karno (sumber: indonesiakaya.com)
Kawasan wisata Makam Bung Karno (sumber: indonesiakaya.com)

presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno (Bung Karno) menjelma sebagai tempat sejarah yang cukup populer dan ramai dikunjungi oleh masyarakat Indonesia kala berada di . Bung Karno (MBK) terletak di Jl. Candi Surawana No. 10, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur, 66133, atau berjarak sekitar 2 km dari pusat Kota Blitar. Jika ingin berziarah ke Bung Karno, tempat satu ini buka mulai jam 08.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB.

Dulunya Makam Bung Karno dikelilingi oleh dinding kaca, sehingga tak semua orang dapat mendekati makam Ir. Soekarno. Namun kini dinding kaca yang mengelilingi makam sudah dihilangkan dan siapapun bisa mendekati makamnya. Bahkan Makam Bung Karno sudah ditata sedemikian rupa agar menarik minat banyak pengunjung untuk dan berwisata ke sana.

Untuk masuk ke wisata Makam Bung Karno (MBK) cukup murah, Anda hanya dikenai sebesar Rp3.000 per orang. Kemudian untuk parkir khusus bus wisata Rp15.000 dan parkir mobil pengunjung Rp10.000.

Makam Bung Karno Blitar - www.tempat.co.id
Makam Bung Karno Blitar – www.tempat.co.id

Kawasan Makam Bung Karno bukan hanya menjadi tempat dimakamkannya Ir. Soekarno, tetapi juga menjadi satu dengan fasilitas museum dan perpustakaan. Beberapa orang yang menyukai hal-hal berbau sejarah biasanya akan betah berlama-lama di dalam perpustakaan MBK. Pasalnya Anda bisa melihat langsung foto-foto dan benda-benda bersejarah peninggalan Bung Karno serta membaca buku-buku seputar Bung Karno secara gratis dalam perpustakaan yang telah disediakan.

Yang lebih menarik lagi, di Makam Bung Karno biasanya juga ada pemutaran film dokumenter yang mengisahkan Bung Karno semasa hidupnya. Apabila ingin menyaksikan film dokumenter di MBK, Anda bisa menyesuaikan jadwal kedatangan Anda dengan jadwal pemutaran film. Jika Anda datang terlalu pagi biasanya filmnya masih belum diputar.

Pusara makam Bung Karno (sumber: news.detik.com)
Pusara makam Bung Karno (sumber: news.detik.com)

Selain  makam, museum, dan perpustakaan, area wisata Makam Bung Karno juga dilengkapi fasilitas pendukung seperti musala, gazebo, dan taman. Jika lelah berkeliling, Anda bisa duduk-duduk santai di gazebo sembari memandangi taman di Makam Bung Karno yang asri dan teduh. 

Anda dapat mengeksplor Istana Gebang yang merupakan rumah keluarga Bung Karno. Bangunan yang berdiri diatas lahan seluas 1,8 hektar tersebut terdiri dari sebuah rumah induk dengan delapan bangunan rumah lain. Awalnya rumah ini merupakan pejabat Belanda yang kemudian dibeli oleh ayah Bung Karno, Soekemi Sosrodihardjo saat mengajar di SMA di Kota Blitar tahun 1917. Diperkirakan rumah tersebut dibangun tahun 1914 saat Bung Karno masih bersekolah di HBS Surabaya. Bagaimana? Tertarik untuk menikmati wisata sejarah yang murah-meriah di Kota Blitar ini?

[Update: Ditta]

Lihat Juga:   Info Penginapan Recommended Dekat Jakabaring Sport City Palembang




Tentang Dian Kartika1108 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

1 Comment

Tinggalkan Balasan