Permata Indah Resort, Tempat Wisata dengan Fasilitas Penginapan Dekat Waduk Bili-Bili




Permata Indah Resort - @Andi Bunga Tongeng
Permata Indah Resort - @Andi Bunga Tongeng

Bili-Bili merupakan sebuah desa di Kabupaten Gowa, Selatan dan terkenal dengan Bendungan Bili-Bili yang menawarkan keindahan eksotis karena dikelilingi perbukitan.[1] Tak jauh dari area ini, terdapat Permata Indah Resort yang merupakan sebuah dengan fasilitas akomodasi bertarif relatif terjangkau. Penginapan ini bisa Anda jadikan sebagai tempat inap ketika ingin mengeksplorasi Dam Bili-Bili.

Fasilitas Permata Indah Resort

Permata Indah Resort beralamat di Jl. Malino, Bonto Parang, Parangloe, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan dan berselang hanya dua menit dari Waduk Bili-Bili menggunakan kendaraan bermotor atau sepuluh menit berjalan kaki. Sementara itu, dari akomodasi menuju Wisata Alam Bili-Bili, Anda membutuhkan waktu tempuh tiga menit menggunakan kendaraan bermotor.

Termasuk tempat wisata dengan fasilitas akomodasi yang ada di daerah perbukitan, Permata Indah Resort menawarkan pemandangan alam yang masih asri. Anda bisa melihat pepohonan, yang hijau, dan hutan kecil di sekitarnya. Tak hanya itu, hampir seluruh area tempat inap ini dikelilingi taman dengan aneka tumbuhan berbunga dan pepohonan yang rindang.

Halaman depan yang luas tidak hanya terhubung dengan taman samping , tetapi juga spot parkir. Tempat parkir di resort ini memang outdoor, tetapi tidak panas dan hawanya sejuk berkat tanaman di sekelilingnya. Area parkir yang cukup luas ini dibagi menjadi dua bagian, yakni untuk kendaraan beroda dua dan beroda empat. Untuk masalah keamanan, Anda tidak perlu khawatir, karena area ini selalu dijaga security selama 24 jam dengan ketat.

Lihat Juga:   Villa Mata Air, Akomodasi Luxury di Bali Harga Fantastis

Setiap tamu yang masuk harus lapor terlebih dahulu kepada security, dan setelahnya  baru diperbolehkan masuk. Memasuki area resort, Anda akan menemukan area bersantai yang terhubung dengan lobby. Ruang bersantai ini cukup luas dan sekilas mirip dengan ruang keluarga yang dibekali sofa, rak bacaan, dan mesin pembuat minuman.

Permata Indah Resort - (YouTube: Mujib Story)
Permata Indah Resort – (YouTube: Mujib Story)

Selain bisa bersantai di area tersebut, Anda bisa menuju bagian belakang lobby untuk sekadar meluruskan kaki di gazebo kecil di tengah taman. Dari spot bersantai outdoor ini, Anda bisa melihat pemandangan alam sekitar berupa bukit yang berwarna hijau di siang hari dan berwarna kebiruan di pagi hari karena kabut.

Tak jauh dari gazebo, Anda akan menemukan area bermain anak, tempat bersepeda, area jogging, dan kolam renang. Kolam renang di sini cukup luas dengan pemandangan taman dan bangku-bangku payung. Tak hanya berenang, Anda juga bisa berjemur dan bersantai di area pinggir kolam. Kolam renang ini juga dibagi menjadi dua bagian, yakni khusus untuk orang dewasa dan anak-anak. Setelah puas berenang, Anda bisa bilas dan mandi di toilet pinggir kolam renang dengan peralatan yang sudah disediakan pihak akomodasi.

Biasanya, setelah berenang, beberapa tamu akan merasa lapar dan memilih untuk makan di kafe atau kedai resort. Makanan yang disediakan di tempat makan ini cukup beragam, mulai dari aneka nasi dan lauk, mie, gorengan, hingga jajanan tradisional khas daerah sekitar. Sementara itu, minumannya adalah kopi, teh, sirup, jeruk peras, dan aneka soft drink. Fasilitas umum lainnya adalah aula, meeting room, hall room, dan spot foto berlatar belakang hiasan kupu-kupu raksasa.

Lihat Juga:   Deretan Penginapan Murah Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta

Sementara itu, kamar-kamar di resort ini berupa bangunan pondok kecil dengan teras yang menjadi akses menuju taman dan kolam renang. Teras ini juga dibekali dengan set kursi meja santai dari kayu sebagai tempat bersantai pribadi. Bagian dalam kamarnya dilengkapi dengan lemari pakaian, set meja rias, kasur yang nyaman, TV, AC/kipas angin, rak untuk menjemur pakaian, dan kursi malas. Ada juga kamar mandi dalam dengan shower, wastafel, pancuran, tempat menggantung baju, dan kloset duduk.

Permata Indah Resort - @Aan Kurniawan
Permata Indah Resort – @Aan Kurniawan

Tarif Permata Indah Resort

Menurut review pengunjung, bagi yang ingin singgah ke Permata Indah Resort hanya untuk berwisata dan berenang tanpa menginap, setidaknya harus membayar biaya tiket masuk Rp20 ribu per orang. Sementara itu, untuk turis yang ingin menginap, dikenakan biaya tambahan sewa kamar atau dengan biaya mulai Rp350 ribu hingga Rp600 ribu per malam. Biaya ini belum termasuk sarapan dan air mineral dalam kamar.

Harga tiket masuk dan sewa kamar Permata Indah Resort tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Anda bisa melakukan reservasi secara langsung di atau menghubungi pihak pengelola melalui telepon di nomor 0821 8703 0501.

[1] Zulkifli. 2017. Pengembangan Kawasan Wisata DAM Bili-Bili Berbasis Masyarakat di Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa (Skripsi). Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan