Info Penginapan Murah di Pos Paltuding, Kawah Ijen




Catimor Homestay - (Sumber: pesonabromo.com)
Catimor Homestay - (Sumber: pesonabromo.com)

Ijen adalah alternatif menakjubkan lain yang bisa Anda nikmati di selain kawasan Bromo Tengger Semeru. berapi aktif ini letaknya berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Salah satu hal paling menarik dari Ijen tentu saja adalah kawahnya yang memancarkan api biru alias blue fire. Untuk mendaki Ijen, Anda dapat memulai perjalanan dari Banyuwangi maupun Bondowoso.

Pintu gerbang utama menuju Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen berada di Paltuding yang sekaligus menjadi Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam). Waktu yang paling tepat untuk melihat fenomena api berwarna biru alias blue fire di Kawah Ijen biasanya adalah dini hari menjelang subuh. Apabila Anda berencana untuk melihat sunrise sekaligus blue fire di Kawah Ijen, Anda bisa menginap di kawasan Paltuding. Di Paltuding terdapat 2 wisma yang dikelola oleh Departemen Kehutanan dan disewakan untuk umum.

sewa wisma milik Departemen Kehutanan di Paltuding berkisar mulai Rp 100 ribuan hingga Rp 300 ribuan per malam. Menginap di wisma tersebut bisa menjadi pilihan yang recommended apabila Anda berlibur ke Kawah Ijen bersama atau rombongan. Yang membedakan kamar seharga Rp 100 ribu dan Rp 300 ribuan hanyalah ketersediaan kamar mandi dalam saja.

Lihat Juga:   Penginapan Representatif dan Layak Inap di Masamba
Tenda di Pos Paltuding - (Sumber: portalwisata.com)
Tenda di Pos Paltuding – (Sumber: portalwisata.com)

Apabila Anda menginap di kamar Rp 100 ribuan, maka Anda harus bersiap berbagi kamar mandi dengan pengunjung lain, sebab kamar mandinya berada di luar kamar. Sedangkan di kamar Rp 300 ribuan, Anda bisa bebas menggunakan kamar mandi kapan saja tanpa harus mengantre sebab kamar mandinya terletak di dalam kamar alias private.

Bagi Anda yang termasuk atau berjiwa petualang yang tinggi, maka tak ada salahnya untuk mendirikan tenda sendiri di Paltuding. Seperti yang diketahui, Paltuding sendiri adalah kawasan camping ground yang membebaskan siapa saja untuk camping di sana.

Namun jika Anda tak bersedia menginap atau berkemah di Paltuding, maka alternatif lainnya adalah mencari penginapan di daerah Bondowoso atau Banyuwangi. Namun jarak terdekat dari Bondowoso dan Banyuwangi menuju Kawah Ijen sekitar 1,29 km hingga 5,05 km. Salah satu yang paling dekat adalah Catimor yang hanya berjarak sekitar 30 menit dari Pos Kawah Ijen.

Lihat Juga:   Casa Skyrose, Villa Mewah di Batu Dilengkapi Jacuzzi
Catimor Homestay - (Sumber: pesonabromo.com)
Catimor Homestay – (Sumber: pesonabromo.com)

Untuk urusan makanan, memang sebaiknya Anda harus menyiapkan sendiri perbekalan vital seperti makanan dan minuman agar tidak kelaparan maupun kehausan ketika berada di kawasan Ijen. Di Paltuding memang sudah tersedia 2 warung yang bisa Anda jadikan untuk makan. Namun harus diingat bahwa kedua warung ini biasanya hanya buka setengah hari saja.

Salah satu warung lokasinya tak jauh dari tempat pengolahan belerang. Tadinya warung tersebut ada untuk melayani para penambang. Namun banyak pula pengunjung yang berbondong-bondong ke sana untuk makan. Di warung tersebut Anda juga bisa berinteraksi dengan pemilik warung sekaligus pemandu yang telah berpengalaman. Warung itu juga menjual cenderamata bernuansa Kawah Ijen.

 




Tentang Dian Kartika1102 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan