Update Kisaran Harga Penginapan di Pulau Samalona, Makassar




Penginapan di Samalona - www.1001wisata.com
Penginapan di Samalona - www.1001wisata.com

akan terasa mengasyikkan jika Anda mengunjungi sebuah tempat yang mungkin belum pernah Anda jamah sebelumnya. Bagi Anda yang berjiwa petualang sejati, cobalah liburan ke cantik nan eksotis yang masih satu kawasan dengan Makassar, yakni Pulau Samalona. Pulau indah ini kabarnya merupakan milik 7 orang bersaudara yang tinggal menetap di sana dan kini sudah diturunkan ke generasi penerusnya.

Pulau Samalona memiliki hamparan pasir yang putih dan air laut yang jernih. Bahkan kabarnya, dari atas perahu, Anda bisa langsung melihat keindahan terumbu karang di bawah air. Sayangnya, luas pulau ini dari tahun ke tahun terus menyusut. Bahkan, di akhir tahun 2012, luas Pulau Samalona hanya sekitar 2 hektar dan pernah diperkirakan akan tenggelam tertutup laut pada tahun 2020.

Transportasi Menuju Pulau Samalona

ini berada di sebelah barat Kecamatan Wajo, Makassar, Sulawesi Selatan. Jarak Samalona Island dari Wajo cukup dekat, hanya sekitar 2 km dan kecantikannya dapat Anda lihat secara jelas bila Anda berdiri di pesisir Kecamatan Wajo. Untuk menuju Pulau Samalona, Anda bisa berangkat ke Benteng Fort Rotterdam terlebih dahulu sebagai titik awal perjalanan. Jika dari pusat Kota Makassar, jarak menuju benteng berkisar 4,3 km saja.

Dari ibukota provinsi, Anda bisa menuju Fort Rotterdam dengan naik angkutan umum (pete-pete) atau bisa juga menyewa kendaraan. Apabila naik kendaraan sendiri, Anda bisa berkendara menuju Jalan Sungai Saddang, dan ikuti salah jalan itu hingga masuk ke Jl. Karunrung di daerah Sawerigading. Kemudian, ikuti Jl. Karunrung sampai mentok di sebuah pertigaan terakhir (samping Celebes Cafe), lalu belok kanan ke arah Jl. Sultan Hasanuddin.

Penginapan di Samalona - bhendjhen.blogspot.com
Penginapan di Samalona – bhendjhen.blogspot.com

Setelah itu, ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan sebuah bundaran dan ambil jalan lurus supaya tetap berada di Jl. Sultan Hasanuddin dan melewati Taman Macan. Tidak jauh dari taman, ambil arah kiri di Taman Impian ke Jl. Riburane hingga Anda menemukan sebuah bundaran, lalu belok kiri ke Jl. Ujung Pandang. Ikuti jalan itu hingga Anda menemukan Fort Rotterdam di kiri jalan.

Apabila sudah sampai di benteng, Anda dapat menyeberang ke Pulau Samalona dengan dua pilihan rute, yakni penyeberangan melalui Dermaga Popsa yang ada tepat di depan Benteng Rotterdam atau via Dermaga Kayu Bangkoa. Jika menyeberang lewat Popsa, biaya untuk menyeberang relatif lebih mahal, sekitar Rp400 ribu sampai Rp500 ribuan per kapal (tergantung dari hasil tawar-menawar) untuk kapasitas sampai 10 orang.

Sementara itu, jika dari Dermaga Kayu Bangkoa, tarif yang ditawarkan lebih murah, sekitar Rp300 ribu sampai Rp400 ribuan per kapal untuk kapasitas 10 orang. Nah, bila Anda ingin menyeberang dari dermaga ini, dari Fort Rotterdam, Anda bisa melanjutkan perjalanan melewati Polres Pelabuhan Makassar, lalu belok kanan di perempatan hingga tiba di Dermaga Kayu Bangkoa. Perlu diingat bahwa dermaga ini merupakan dermaga yang dipakai nelayan, sehingga nuansanya mungkin tidak terlalu modern.

Dari Dermaga Kayu Bangkoa, Anda dapat menyeberang ke Pulau Samalona dengan waktu tempuh cukup singkat, hanya sekitar 30 menit. Para pemilik kapal nantinya juga akan menawarkan island hopping menuju Pulau Lae-Lae hingga Pulau Kodingareng Keke yang masih satu jalur dengan Pulau Samalona. Jika Anda tertarik dengan penawaran tersebut, Anda bisa melakukan negosiasi dengan sang pemilik kapal untuk memperoleh terbaik.

Penginapan di Samalona - jejakvicky.com
di Samalona – jejakvicky.com

Penginapan di Pulau Samalona

Jika sudah sampai di Pulau Samalona, Anda mungkin akan dibuat takjub dengan pulau kecil yang masih alami dan relatif sepi ini. Kawasan pulau ini memang memiliki perairan yang masih jernih, sehingga sering dijadikan spot untuk diving (menyelam) atau snorkeling. Sayangnya, di Pulau Samalona memang masih relatif terbatas.

Fasilitas penginapan misalnya, di Pulau Samalona biasanya berupa guest house atau homestay yang disulap dari rumah-rumah tradisional milik warga. Karena fasilitasnya serba terbatas dan tidak ada tempat bermalam lain di Pulau Samalona, harga atau tarif sewa penginapan di wilayah ini memang relatif mahal, berkisar antara Rp300 ribuan hingga Rp500 ribuan per malam, tergantung fasilitasnya. Jika Anda hanya ingin menempati rumah tanpa menginap, akan dikenakan biaya mulai Rp150 ribu sampai Rp200 ribuan. Biaya ini relatif masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut beberapa traveler atau backpacker yang pernah berkunjung ke Pulau Samalona, di pulau tersebut kabarnya tidak ada penginapan perorangan. Sehingga, ketika sampai di sana, pilihannya adalah menyewa full satu rumah, dan karena itu biayanya pun cukup mahal. Jika ingin lebih murah, Anda disarankan datang bersama rombongan sehingga bisa membayar harga sewa secara patungan.

Penginapan di Pulau Samalona Makassar - id.pinterest.com
Penginapan di Pulau Samalona Makassar – id.pinterest.com

Sebenarnya, ada alternatif lain yang lebih murah, yakni membawa tenda sendiri dan camping di pulau ini. Pasalnya, beberapa bagian pulau cukup lapang, juga cukup aman untuk mendirikan tenda. Tentunya, selain bisa menghemat anggaran liburan, camping juga di pulau dekat pantai tentu akan menawarkan sensasi dan pengalaman tersendiri.

Namun ingat, karena Pulau Samalona adalah sebuah pulau kecil yang masih minim fasilitas, maka Anda harus sedia budget lebih saat hendak ke sana. Kabarnya, pulau ini masih minim air tawar, sehingga jika ingin menggunakan kamar mandi, Anda harus membayar sekitar Rp15 ribuan. Meski begitu, tidak usah khawatir karena sudah ada beberapa fasilitas seperti minimarket, musala, listrik, dan warung yang menyajikan khas Sulawesi Selatan dan seafood langsung dari laut dengan harga berkisar Rp20 ribuan per porsi.

(Panca)

Lihat Juga:   Info Terbaru Fasilitas, Tarif Kamar, dan Harga Tiket Masuk Danau Dariza Resort Hotel Garut




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan