Info Fasilitas Penginapan yang Ada di Pantai Sembilan Sumenep

penginapan, di, pantai sembilan, rute, ke, 9, gili, genting, giligenting, labak, sumenep, kabupaten, hotel, tiket, masuk, harga, penyeberangan, pelabuhan, dermaga, tanjung, laut, instagramable, yang, bagus

Jawa Timur memang punya potensi yang tak kalah menarik dari wilayah Bali atau . Bahkan di pulau yang letaknya paling ujung dari Jatim sekalipun seperti Madura memiliki beragam destinasi wisata yang layak untuk dijelajahi lebih lanjut. Seperti yang sudah Anda ketahui, Pulau Madura menawarkan beragam destinasi pantai yang begitu menarik. Belakangan ini yang cukup mencuri perhatian adalah Pantai Sembilan yang terletak di Pulau Gili Genting, Kabupaten Sumenep.

Untuk menuju Pulau Gili Genting, ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh. Yang pertama bisa melalui Kalianget. Anda dapat melalui Pelabuhan Jangkar-Situbondo dengan naik kapal ferry. kapal ferry kabarnya sekitar Rp 45 ribuan, kemudian dari Pelabuhan Kalianget Anda bisa naik angkot ke Terminal Sumenep dengan biaya Rp 10 ribu. Dari Terminal Kalianget, naik saja bus ekonomi dengan harga tiket Rp 7 ribuan, lalu turun di pertigaan Tanjung Saronggi.

Rute kedua bisa via Pelabuhan Panarukan. Kabarnya pilihan rute ini bisa Anda tempuh secara gratis jika Anda menumpang kapal barang, lalu turun di Pulau Gili Raja. Dari Pulau Gili Raja Anda harus menyeberang ke Pelabuhan Cangkarman dengan ongkos sekitar Rp 10.000. Selanjutnya, bisa naik bus elf ke pertigaan Tanjung Saronggi dengan ongkos Rp 10 ribuan. Dari sana, lanjutkan saja menuju Pelabuhan Tanjung Saronggi.

Rute terakhir apabila dari Surabaya justru lebih mudah lagi. Dari Terminal Bungurasih alias Purabaya, Anda bisa naik bus ekonomi jurusan ke Madura, lalu turun saja di pertigaan Tanjung Saronggi – Bluto – Sumenep. Biayanya sekitar Rp 35 ribuan. Selanjutnya, Anda bisa angkutan umum (angkot) jurusan Pelabuhan Tanjung Tembaga, lanjutkan perjalanan dari Pelabuhan Panarukan ke Pulau Gili Genting. Dari Surabaya ke Sumenep setidaknya butuh waktu sekitar 3,5-4 jam untuk sampai di pelabuhan penyeberangan.

penginapan, di, pantai sembilan, rute, ke, 9, gili, genting, giligenting, labak, sumenep, kabupaten, hotel, tiket, masuk, harga, penyeberangan, pelabuhan, dermaga, tanjung, laut, instagramable, yang, bagus

Keindahan Pantai Sembilan tampak dari atas (sumber: travelingyuk.com)

Dari Sumenep untuk menyeberang ke Pulau Gili Genting membutuhkan waktu tempuh antara 15-30 menit. Bahkan kabarnya Anda juga bisa sekaligus mengangkut motor dalam kapal ferry untuk menyeberang ke Gili Genting. Kabarnya tiap kapal ferry setidaknya dapat mengangkut 10 motor. Biaya penyeberangan berkisar Rp 10 ribu, biaya mengangkut motor Rp 5 ribuan, dan untuk menurunkan motor pun setidaknya beri Rp 2 ribuan pada sang awak kapal.

Lihat Juga:   Penginapan Eksklusif dan Hotel Berbintang di Serpong

Di Gili Genting kabarnya ada 3 spot pantai yang cukup menawan, yakni Pantai Sorok, Pantai Kahuripan, dan Pantai Sembilan. Namun dari ketiga pantai tersebut, tampaknya Pantai Sembilan yang menjadi primadona karena fasilitas di sana sudah cukup memadai dan pemandangan di Pantai Sembilan pun begitu eksotis, sampai-sampai dijuluki Hawaii-nya Madura. Cukup menarik bukan?

Saat tiba di Pantai Sembilan, Anda mungkin akan takjub dengan panorama yang begitu bersih dengan pasir pantainya yang putih. Jangan khawatir, berwisata ke Pantai Sembilan tidak terlalu menguras kantong kok. Pasalnya, masuk Pantai Sembilan hanya dipatok Rp 5.000 saja per orang.

Ombak yang ada di Pantai Sembilan juga cukup tenang, sehingga relatif aman bagi Anda yang hendak snorkeling, naik banana boat, bermain voli pantai, atau sekadar nongkrong di tepi pantai sambil bermain-main pasir pun bisa. Yang lebih menarik lagi, di sana juga ada beberapa ayunan gratis layaknya di Lombok atau Bali, dengan papan besar bertuliskan Pantai Sembilan. Biasanya para banyak yang mencoba berfoto selfie di sana dengan berlatarkan pemandangan laut di pagi atau sore hari.

Untuk fasilitas penginapan di Pantai Sembilan rupanya hanya ada guest house yang dibangun mirip pondokan berwujud rumah panggung. Posisi penginapan tersebut berderet di pinggir pantai, tidak jauh dari dermaga, sehingga memudahkan Anda untuk beristirahat setelah puas seharian menikmati panorama laut lepas di Pantai Sembilan. Dari dermaga, Anda bisa berjalan kaki sekitar 15 menit saja menuju guest house di Pantai Sembilan, melalui area perkampungan.

penginapan, di, pantai sembilan, rute, ke, 9, gili, genting, giligenting, labak, sumenep, kabupaten, hotel, tiket, masuk, harga, penyeberangan, pelabuhan, dermaga, tanjung, laut, instagramable, yang, bagus

Salah satu penginapan di Pantai Sembilan (sumber: idntimes.com)

Setidaknya terdapat 19 unit guest house atau penginapan di Pantai Sembilan. Bangunan guest house di Pantai Sembilan memang memiliki gaya arsitektur yang unik dengan didominasi ornamen kayu yang dicat warna-warni. Guest house itu pula yang kerap dijadikan spot foto instagramable oleh para pengunjung, selain tentunya latar belakang Pantai Sembilan itu sendiri yang benar-benar mempesona.

Lihat Juga:   Villa Omah Gunung, Penginapan Keluarga dekat Taman Safari Indonesia, Cisarua

Penginapan di Pantai Sembilan tersedia dalam beberapa tipe yang biasanya dibedakan berdasarkan kapasitasnya, antara 4 orang sampai maksimal untuk menginap 10 orang. Dalam satu unit guest house setidaknya terdapat fasilitas berupa 2 bed atau ranjang dengan 4 set bantal dan guling, serta penyejuk ruangan alias air conditioner (AC).

Rate atau harga sewa guest house di Pantai Sembilan bermacam-macam, ada yang tarifnya Rp 300 ribuan per malam, Rp 500 ribuan per malam, hingga yang paling mahal hanya Rp 750 ribuan per malam. Cukup bukan? Jika Anda datang bersepuluh, maka setidaknya Anda bisa ‘patungan’ Rp 75 ribuan saja per orang untuk menginap di guest house yang paling mahal. Ketentuan check in di penginapan yang ada di Pantai Sembilan dimulai sejak pukul 13.00 WIB, sedangkan check out-nya sebelum jam 12.00 WIB.

Apabila Anda berencana untuk menginap di Pantai Sembilan, pastikan Anda telah melakukan sejak jauh-jauh hari, setidaknya 1 minggu atau 1 bulan dari jadwal kedatangan Anda di Pantai Sembilan. Kemudian jika memang pasti menginap, Anda bisa membayar uang muka atau down payment (DP) terlebih dahulu sebesar 50% dari biaya yang ditetapkan, lalu pelunasannya dilakukan saat hari H-nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>