Info Cara Melakukan Pembatalan (Cancel) Booking Hotel di Agoda




Booking Hotel di Agoda - www.agoda.com
Booking Hotel di Agoda - www.agoda.com

Adanya agen online saat ini memang mempermudah masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan ke sejumlah destinasi, baik dalam negeri maupun luar negeri. Sejumlah online agent menyediakan berbagai layanan akomodasi seperti pemesanan hotel, pemesanan tiket pesawat, tiket kereta api, hingga pemesanan tiket pusat atraksi hiburan. Meski sudah direncanakan sedemikian rupa, tetap saja terkadang ada sebuah kondisi yang membuat Anda terpaksa melakukan pembatalan (cancel) hotel yang telah di-booking sebelumnya.

Booking Hotel di Agoda - www.agoda.com
Booking Hotel di Agoda – www.agoda.com

Meski bisa dibatalkan, tetap saja tak semua hotel dan agen online menyediakan layanan yang mudah untuk melakukan pembatalan. Bahkan ada saja agen travel yang menerapkan aturan berbelit-belit agar para penggunanya tidak bisa sembarangan membatalkan pemesanan. Lalu bagaimana dengan Agoda? Di Agoda sendiri sebenarnya sudah ada aturan yang jelas mengenai cancel booking. Pihak Agoda juga menegaskan bahwa setiap hotel yang terdaftar di Agoda memiliki peraturan yang berbeda-beda mengenai pembatalan dan pembayaran pesanan. Berikut informasi lengkapnya.

Kebijakan Pembatalan Agoda:

  • Terkecuali telah secara spesifik disebutkan sebaliknya di kebijakan pembatalan, Agoda tidak mengenakan biaya pemrosesan untuk pembatalan.
  • Semua pembatalan yang diterima setelah tanggal jatuh tempo pembatalan yang tertera pada e-mail konfirmasi (termasuk permohonan yang dibuat dalam periode ini) akan dikenakan biaya pembatalan sebesar minimum 1 malam, kecuali Anda mendapat pemberitahuan lain di e-mail konfirmasi.
  • Ketidakhadiran di hotel Anda akan dianggap sebagai keterlambatan pembatalan dan dikenakan biaya pembatalan minimum sebesar 1 malam per kamar, kecuali disebutkan lain pada e-mail konfirmasi.
  • Perubahan apapun pada pesanan Anda harus dilakukan melalui agen dan bukan langsung dengan pihak hotel. Hal ini berlaku untuk perubahan tanggal, perpanjangan tinggal, check-out lebih cepat, penundaan kedatangan, atau pembatalan penuh atau sebagian. Masalah atau pertanyaan manapun mengenai pesanan Anda sebelum kedatangan atau selama Anda tinggal di hotel harus ditujukan ke agen Layanan Pelanggan. Agoda harus mendapatkan pemberitahuan tentang semua pembatalan dalam jam kerja normal kantor, yakni dari jam 08:00-18:00 (GMT+7).
Lihat Juga:   Info Terbaru Daftar Losmen dan Wisma Murah di Bandung

Anda juga bisa menemukan informasi detail tentang kebijakan pembatalan ketika mencari tarif di suatu hotel. Perlu diketahui bahwa kebijakan pembatalan setiap penginapan bisa saja berbeda-beda, ada yang tak menarik biaya sama sekali, namun ada pula yang menarik biaya untuk Anda yang melakukan cancel booking. Agoda menerapkan 2 pemesanan kamar, yakni

  • Non-Refundable: Tidak bisa dibatalkan, sehingga uang pemesanan Anda tidak akan kembali, alias hangus. Aturan non-refundable ini biasanya berlaku untuk Promo atau Harga Paling Murah.
  • Refundable: Bisa di-refund atau di-cancel. Dalam kategori ini pun masih dibagi menjadi beberapa klasifikasi, antara lain Cancel 7 Days Before Arrival (Pembatalan yang diterima kurang dari 7 hari sebelum kedatangan akan dikenai biaya pembatalan sebesar biaya 1 malam), Cancel 3 Days Before Arrival (Pembatalan yang diterima kurang dari 3 hari sebelum kedatangan akan dikenai biaya pembatalan sebesar biaya 1 malam), dan Cancel 1 Day Before Arrival (Pembatalan yang diterima kurang dari 1 hari sebelum kedatangan akan dikenai biaya pembatalan sebesar biaya 1 malam).

Selama ini masih banyak orang yang memprotes kebijakan Agoda dan bertanya-tanya tentang bagaimana cara cancel booking hotel di Agoda. Padahal Agoda sudah menyertakan ketentuan secara jelas di halamannya. Sayangnya beberapa orang mungkin masih belum memahami bahwa setiap hotel memiliki kebijakan pembatalan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sempatkanlah untuk membaca kebijakan pembatalan dari masing-masing hotel sebelum Anda melakukan reservasi.

Booking Kamar Hotel di Agoda - www.agoda.com
Booking Hotel di Agoda – www.agoda.com

Lalu, bagaimana prosedur atau cara membatalkan booking hotel di Agoda? Agoda menyediakan pilihan Layanan Mandiri yang link-nya bisa diklik lewat email konfirmasi Anda atau bisa juga melakukan pembatalan pesanan lewat masuk ke menu ‘Atur Pemesanan Saya’ di website. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Silakan login akun lewat ‘Layanan Mandiri Agoda’. ID Anggota (email) dan Password biasanya sudah diterima lewat email secara otomatis yang dikirimkan oleh Agoda bersamaan dengan email yang berisi voucher Agoda untuk pemesanan Anda.
  2. Setelah berhasil login ke akun Anda, Anda akan memperoleh link untuk: Ubah Tanggal, Batalkan Voucher, Modifikasi Pesanan, Buat Permintaan Khusus pada Pihak Hotel, dan lain-lain. Jika ingin membatalkan pesanan, Anda bisa mengklik link yang sudah disediakan.
  3. Apabila pembatalan sudah disetujui dan pihak hotel menerapkan kebijakan ‘Pembatalan Gratis’, maka dana pembatalan order Anda umumnya akan ditransfer lagi ke kartu kredit (credit card) secara otomatis dalam jangka waktu 15-30 hari kerja. Jika Anda menggunakan poin untuk pemesanan dan melakukan pembatalan, maka poin Anda juga akan dikembalikan. Namun untuk poin yang ditukarkan ketika melakukan pemesanan yang tidak dapat diuangkan kembali tidak akan dikembalikan apabila terjadi pembatalan.
Lihat Juga:   Jambuluwuk Convention Hall & Resort Batu, Hotel Bintang 5 dengan Pemandangan Spektakuler

Jika Anda ingin memperkecil kemungkinan terjadinya cancel booking di Agoda, sebaiknya lakukan pemesanan hotel hanya pada tanggal yang bisa Anda pastikan bahwa Anda benar-benar akan melakukan perjalanan. Selain itu, tips kedua adalah dengan melakukan booking agak mepet dengan tanggal perjalanan Anda, sehingga peluang untuk mengubah atau membatalkan jadwal pun lebih kecil. Sedangkan untuk menghindari adanya biaya tambahan yang dikenakan saat cancel order, maka Anda bisa memilih menginap di hotel-hotel yang menerapkan kebijakan Pembatalan Gratis atau Free Cancellation.

Apabila Anda membutuhkan bantuan atau informasi yang lebih detail, Anda bisa langsung menghubungi pihak Customer Service Agoda Indonesia di nomor telepon +62 21 2188 9001 atau bisa juga menghubungi lewat email Agoda.




Tentang Dian Kartika1093 Lokasi
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

6 Comments

  1. Saya ingin membatalkan 1 malam di hotel atalie yogyakarta tgl 10 Feb 2019. Karena kamar tidak nyaman sekali tdk ada washtafel, bau got dan baukecoa di wc.
    Dan saya ingin ganti hotel ke yang lebih baik. Mohon fast respon
    Terimakasih.

  2. Krn memesan terlalu bnyk kamar maka kami akan mengcancel 2 pesanan kami tg 9 maret an Abdullah Djalzuli dg ID booking 344378997 dan pesanan an Riece Hariyato booking ID 344380001 TERIMASIH SY SDH BOOKING LAGI TG 14 MARET dg breakfast…tkn

  3. saya pesan di ungu koshotel kircon bandung pada tgl 30 okt 2020 bia ogoda.dan sudah melakukan transaksi via bank .namun saat saya datang ke tempat tsb tidak ada org yg melayani hingga menunggu 2 jam.dan saya coba hubngi.no tlp yg tertera di area tsb tapi tidak ada tanggapan sama sekali.akhrnya karna saya kesal saya mencari lagi trmpat penginapan yg lainnya.dan susah sekali untuk cara menghubngi ogoda untuk cancelnya.saya terus mencari tapi tdk menemukanya.hingga hari ino tgl 2 nov 2020.blom juga saya temukan.bukan karna masalah uang yg sudah dibayarkan tpi vara pelayanan yg tidak baik yg saya dpti.sangat kecewa sekali.mohon di permudah dan pelayanan harus konsisten.trimakasih

  4. Saya sudah melakukan pembatalan dengan ID 588389909, tetapi saya belum menerima pengembalian dana sebesar IDR 488.543

    Mohon bantuannya untuk pengembalian dana saya ke Bank BCA atas nama Junaidi dengan nomor Rekening 1671276260

    Terima kasih

  5. Tolong batalkan pesanan sy dg Kode ID 630080161,karna Ekas Break Resort nya sdh tidak beroperasi lagi sjk 2 th yg lalu, tolong kembalikan dananya, terimakasih

Tinggalkan Balasan