Fasilitas dan Tarif Hotel Beliga, Penginapan Recommended di Kepulauan Sula

  • Whatsapp
Hotel Beliga - (@Mr. John)
Hotel Beliga - (@Mr. John)

Sebagian besar dari Anda pasti masih asing dengan Sula. Ini adalah salah satu kabupaten di Maluku Utara yang dapat dijadikan referensi berlibur apabila berencana traveling ke Indonesia bagian timur. Pasalnya, kabupaten tersebut ternyata punya banyak alam yang menarik. Masalah pun tidak perlu khawatir karena sudah ada beberapa tempat bermalam yang dapat dijadikan lokasi beristirahat, dan salah satu yang kerap direkomendasikan adalah Hotel Beliga.

Sebelum membahas mengenai Hotel Beliga, tidak ada salahnya mengupas sedikit mengenai potensi pariwisata Kepulauan Sula. Terletak di Maluku Utara, seperti kepulauan pada umumnya, destinasi wisata utama daerah ini memang tidak jauh-jauh. Anda dapat menuju Pantai Pas Ipa yang menawarkan pasir putih panjang dengan terumbu karang serta kearifan lokal yang masih terjaga.[1] Alternatif pantai lainnya adalah Pantai Wai Ipu, Pantai Manaf, dan Pantai Fukweu. Dari beberapa pantai tersebut, Pantai Fukweu masih sering mengadakan upacara adat.[2]

Bacaan Lainnya

Nah, apabila Anda tertarik mengeksplorasi keindahan Kepulauan Sula dan kebetulan berasal dari luar daerah, Anda tidak perlu merisaukan akan bermalam di mana. Pasalnya, sudah ada beragam penginapan yang dapat Anda jadikan lokasi bermalam dan salah satu yang bisa dikatakan yang terbaik di kawasan tersebut adalah Hotel Beliga.

Lokasi Hotel Beliga

Anda dapat menemukan penginapan ini di Jalan Sultan Khairun, Desa Fagudu, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara. Berada di Sulabes, Hotel Beliga cuma berselang 600 menit atau 7 menit berjalan kaki dari Dermaga Kecil Sanana. Sementara itu, apabila traveler hendak menuju Taman Wansosa Sanana, cukup berjalan kaki selama 8 menit dari akomodasi ini, sedangkan jarak ke RSUD Sanana berkisar 1,3 km saja.

Lihat Juga:   Menginap Losmen 105 Jogja, Bayar mulai Rp 50 ribuan

Tidak cuma dekat dengan fasilitas umum, Hotel Beliga juga terletak tidak jauh dari sejumlah tempat wisata di Sanana. Apabila traveler ingin rekreasi ke Waterboom Waibau CNM, dapat berjalan kaki sekitar 16 menit dari properti ini, sedangkan jarak ke Wisata Mangrove Wakayoya Desa Man-gega, berkisar 5 km saja atau 10 menit berkendara.

Hotel Beliga - (@Evi Nurul Ihsan)
Hotel Beliga – (@Evi Nurul Ihsan)

Fasilitas Hotel Beliga

Menurut ulasan sejumlah pengunjung yang pernah bermalam, Hotel Beliga termasuk salah satu penginapan yang direkomendasikan karena jauh dari kebisingan dan cocok untuk bepergian di sekitar Kabupaten Kepulauan Sula, termasuk dekat Istana Bupati. Kelebihan lainnya, akomodasi punya suasana pedesaan yang masih asri dan sering dikatakan sebagai hotel terbaik di Sula.

Sebagai penginapan di daerah yang dapat dikatakan terpencil, bangunan Hotel Beliga cukup mewah. Jika dibandingkan penginapan lainnya di daerah yang sama, tempat inap sering dikatakan sebagai ‘hotel yang sebenarnya’. Dengan bangunan tiga lantai, Hotel Beliga tampil cukup mencolok berkat warna kuning dan hijau di dinding luarnya. Selain itu, ada tulisan “Beliga Hotel” yang cukup besar, membuat akomodasi ini mudah ditemukan.

Selain bangunannya yang cukup luas, suasana di Hotel Beliga juga tampak asri. Pasalnya, pengelola telah menanam sejumlah pohon di halaman depan. Pohon-pohon tersebut tampak serasi dengan pilar atau tiang penyangga bangunan yang juga cukup tinggi. Meski ada banyak tumbuhan hijau, tetapi halaman hotel tetap lapang dan dapat dijadikan area parkir sejumlah kendaraan bermotor.

Lihat Juga:   Harga Tiket Kali Paingan, Wisata Rafting di Linggo Asri

Jika bagian eksterior hotel tampak luas, bagaimana dengan ruangan di dalamnya? Tidak seperti penginapan murah lainnya, interior Hotel Beliga cukup rapi dan bersih. Ada ruang lobi yang lumayan luas, dilengkapi sejumlah kursi sebagai tempat bersantai atau menunggu proses check-in. Di sisi lainnya, pengelola telah menyiapkan ruang yang kerap dijadikan tempat rapat atau seminar sejumlah instansi setempat.

Pindah ke bagian , kamar-kamar di Hotel Beliga secara umum hadir dengan desain simpel, tetapi terlihat bersih. Masing-masing kamar sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti ranjang plus tempat tidur, meja dan cermin rias, lemari pakaian, pendingin ruangan atau , dan televisi layar datar. Ada pula kamar mandi pribadi lengkap dengan shower dan toilet duduk.

Hotel Beliga - (@Evi Nurul Ihsan)
Hotel Beliga – (@Evi Nurul Ihsan)

Hotel Beliga

Lalu, berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk bisa menginap di tempat ini? Sayangnya, pihak pengelola enggan membocorkan tarif sewa kamar akomodasi tersebut. Namun, menurut bocoran sejumlah traveler, harga sewa kamar Hotel Beliga setara dengan hotel kelas melati pada umumnya. Apabila Anda penasaran, Anda bisa datang langsung ke lokasi sekalian melakukan reservasi atau menghubungi nomor kontak 0821 2900 5813.

[1] Pasongli, Hernita, R. Salam, Wahyudi T. 2021. Land Suitability of the Pas Ipa Beach Tourims in Mangoli Barat Subdistrict, Sula Islands Regency. La Geografia, Vol. 20(1): 18-31.

[2] Silayar, Kedasi, Ika Sartika, Deti Mulyati. 2021. Tata Kelola Pemerintah Kolaboratif dalam Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Kepulauan Sula. Jurnal Renaissance, Vol. 6(2): 859-874.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan