Mau Traveling ke Malaysia? Ini Referensi Tempat Menarik di Sabak Bernam

  • Whatsapp
Pantai Bagan Nakhoda Omar (sumber: visitselangor.com)
Pantai Bagan Nakhoda Omar (sumber: visitselangor.com)

Malaysia menjadi salah satu negara di ASEAN yang sering dikunjungi masyarakat Indonesia. Ada beragam motivasi traveler bepergian ke Malaysia, termasuk untuk berlibur, mencari tempat , berbelanja, hingga memperoleh pengobatan keluarga.[1] Pasalnya, Negeri Jiran memang punya banyak tempat yang oke yang rekreasi, salah satunya Sabak Bernam. Berada di Selangor, berikut rekomendasi tempat menarik yang dapat Anda temukan di daerah tersebut.

Bagan Nakhoda Omar

Untuk mereka yang doyan berwisata pantai, wajib berkunjung ke tempat ini. Bagan Nakhoda Omar adalah sebuah desa kecil yang terletak di Sabak Bernam, Selangor, Malaysia. Apabila wisatawan berangkat dari Airport Limo, perlu berkendara sekitar 2 jam 47 menit untuk tiba di pantai ini, sedangkan jarak dari Tanjong Malim, Perak berkisar 94 km atau 1 jam 30 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Bacaan Lainnya
Pantai Bagan Nakhoda Omar (sumber: visitselangor.com)
Pantai Bagan Nakhoda Omar (sumber: visitselangor.com)

Menurut ulasan sejumlah wisatawan, Pantai Bagan Nakhoda Omar menyuguhkan panorama alam yang luar biasa, dengan suasana khas perkampungan yang damai. Saat Anda berada di tempat ini, selain menikmati pemandangan sekitar, ada beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan, seperti berburu kuliner seafood khas buatan warga setempat.

Pantai Batu 23 Nibong

Masih seputar lautan, destinasi lainnya yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Sabak Bernam adalah Pantai Batu 23 Sungai Nibong. Seperti namanya, tempat ini berada di Sungai Nibong, Sabak Bernam. Selangor, Malaysia. Anda hanya perlu berkendara sekitar 20 menit apabila berangkat dari Sungai Besar atau cukup 15 menit menggunakan kendaraan bermotor dari Sekinchan.

Lihat Juga:   Pesona Rinjani Hotel, Penginapan Medium di Sembalun
Pantai Batu 23 Sungai Nibong (youtube: Mohd Za'in)
Pantai Batu 23 Sungai Nibong (youtube: Mohd Za’in)

Dilansir dari portal Pejabat Daerah dan Tanah Sabak Bernam, kawasan ini menawarkan suasana yang nyaman dan tenteram. Pengunjung pun berkesempatan melihat aktivitas nelayan menangkap dari dekat. Bahkan, traveler bisa membeli hasil tangkapan laut langsung dari mereka. Untuk yang membutuhkan tempat inap, telah tersedia fasilitas chalet dan motel, selain restoran terapung.

Pantai Sekendi

Alternatif pantai lainnya yang dapat didatangi saat berlibur ke Sabak Bernam adalah Pantai Sekendi. Anda bisa menemukan ini di Kampung Sungai Gatal, Sabak Bernam, Selangor, Malaysia. Apabila pelancong berangkat dari Sungai Besar, cukup berkendara sekitar 11 menit untuk tiba di tempat ini atau 30 menit menggunakan kendaraan bermotor jika bertolak dari Sekinchan.

Pantai Sekendi (sumber: worldorgs.com)
Pantai Sekendi (sumber: worldorgs.com)

Secara kontur, Pantai Sekendi memang kurang cocok dijadikan lokasi bermain, lantaran pasir pantainya yang cenderung berbatu. Meski demikian, spot wisata ini masih tetap sering dikunjungi, terutama oleh mereka yang hobi memancing. Pasalnya, Pantai Sekendi memang punya kekayaan laut yang luar biasa dan menjadi spot memancing populer. Tidak cuma memancing, Anda pun bisa menyaksikan panorama alam yang oke saat berada di kawasan ini.

Masjid Jin

Jika di Malang terdapat Masjid Tiban yang dipercaya sebagian masyarakat dibangun oleh makhluk tak kasat mata, maka Sabak Bernam pun punya Masjid Jin. Terletak di Kampung Panchang Bedena, Sungai Besar, kira-kira 8 km dari pusat Sungai Besar, tempat ibadah tersebut menurut cerita penduduk setempat didiami oleh jin, meski ada pula yang meragukan kisah tersebut.

Lihat Juga:   Jadi Wisata Sejarah, Ini Peninggalan Kerajaan Siak Sri Indrapura yang Wajib Dikunjungi
Masjid Jin Sabak Bernam (facebook: Love Sekinchan)
Masjid Jin Sabak Bernam (facebook: Love Sekinchan)

Terlepas dari desas-desus yang beredar, Masjid Jin bisa Anda datangi apabila berminat ,melakukan wisata religi di Sabak Bernam. Pasalnya, ini adalah salah satu masjid tertua, kabarnya telah berdiri sejak 1905 silam. Dirancang dengan indah, sebagian besar material masjid terbuat dari kayu. Walau berusia tua, fasilitasnya dapat dikatakan sudah memadai, termasuk toilet, tempat wudhu, dan area jemaah wanita.

Muzium Daerah Sabak Bernam

Lokasinya berada di Jalan Raja Chulan, Sabak Bernam, Selangor, Malaysia. Muzium Daerah Sabak Bernam terletak tidak jauh dari Pantai Bahan Nakhoda Omar dan Kelong Paradise. Terletak berhadapan dengan Masjid Jamek Daerah Sabak Bernam, apabila traveler berangkat dari Sekinchan, cukup berkendara sekitar 32 menit untuk menuju ini atau 14 menit dari Sungai Besar.

Muzium Daerah Sabak Bernam (sumber: visitselangor.com)
Muzium Daerah Sabak Bernam (sumber: visitselangor.com)

Museum ini terutama merupakan museum warisan yang menggambarkan sejarah perikanan dan pertanian di distrik Sabak Bernam dan negara bagian Selangor. Di tempat ini, dipamerkan koleksi beragam alat pertanian dan peralatan yang digunakan petani pada saat itu, termasuk kuku kambing, sabit, dan kipas padi. Ada pula gedung di bagian belakang yang berisi informasi tentang sejarah awal distrik Sabak Bernam serta temuan arkeologis di Lembah Bernam.

[1] Lubis, Fadilla Rahmi. 2020. Motif dan Persepsi Wisatawan Berkunjung-Ulang ke Negara Malaysia (Survei Mikro di Medan) (Tesis). Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan