Harga Tiket Kali Paingan, Wisata Rafting di Linggo Asri




Kali Paingan - linggoasri.sideka.id
Kali Paingan - linggoasri.sideka.id

Pekalongan selama ini lebih terkenal sebagai salah satu daerah penghasil batik, selain Solo. Namun, tidak cuma itu, wilayah di pesisir utara Jawa Tengah tersebut juga memiliki beragam wisata yang keren dan menarik untuk dikunjungi. Nah, salah satu spot kece yang berlokasi di Pekalongan adalah wanawisata Kali Paingan di Desa Linggo Asri.

Lokasi Kali Paingan Linggo Asri

Bagi Anda yang belum begitu familiar dengan Linggo Asri, ini adalah salah satu desa yang terletak di pegunungan, di kaki Gunung , tepatnya di Kecamatan Kajen, Pekalongan. Kawasan ini dikatakan memiliki ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan laut. Lokasi Linggo Asri sendiri terbilang sangat strategis, karena sebagai penghubung antara Pekalongan dengan Kabupaten Wonosobo, yang akhirnya membuat kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan, baik di hari libur maupun di hari-hari biasa.

Kali Paingan - www.ragamtempatwisata.com
Kali Paingan – www.ragamtempatwisata.com

Secara umum, kawasan Linggo Asri menawarkan tempat wisata berkonsep alam. Tempat ini sudah lama dikenal sebagai destinasi untuk melihat keindahan panorama alam dengan beberapa koleksi satwa. Selain itu, di area Linggo Asri juga terdapat kawasan untuk dan outbound, yang tentunya sangat menarik bagi mereka yang doyan menjelajah alam.

Seiring dengan waktu, pihak terkait lantas mengembangkan kawasan Linggo Asri dengan menambahkan berbagai fasilitas penunjang serta kegiatan yang lebih seru. Nah, salah satu aktivitas alam yang telah tersedia di kawasan Linggo Asri adalah rafting atau arung jeram, yang kemudian dikenal dengan nama wanawisata Kali Paingan, sesuai dengan nama sungai yang dijadikan sebagai spot untuk arung jeram.

Dirangkum dari berbagai sumber, wanawisata Kali Paingan pertama kali beroperasi pada 1 Januari 2011 lalu. Tempat ini awalnya digagas oleh Pusat Pendidikan dan Pemberdayaan dari Masyarakat Desa Hutan (P3MDH) Kabupaten Pekalongan, yang juga merupakan sebuah lembaga sayap yang berasal dari Paguyuban LMDH KPH Pekalongan Timur.

Lihat Juga:   Tani Jiwo Hostel, Akomodasi Populer dan Murah di Kawasan Dieng

Jika Anda ingin ke tempat ini, dari pusat Kota Pekalongan, Anda bisa menuju ke arah barat. Kurang lebih sekitar 7 km, Anda akan sampai di perempatan traffic light Wiradesa. Kemudian, lanjutkan ke arah selatan menuju kawasan Kajen, lalu terus saja hingga sampai di pertigaan SMP 1 Kajen Gandarum dan memasuki hutan karet. Dari titik ini, Anda akan menemukan Gapura Selamat Datang di Wisata Linggo Asri.

Namun, perjalanan tidak berhenti sampai di situ. Dari gapura tersebut, Anda masih harus melanjutkan perjalanan sekitar 12 km untuk bisa sampai di kawasan wisata Linggo Asri. Lalu, turun ke arah selatan mengikuti arah jalur Raya Paninggaran Kalibening. Kurang lebih 1 km, Anda akan menemukan jembatan Sungai Paingan, lalu masuk ke kiri dan masuk ke pintu gerbang wanawisata Kali Paingan.

Rafting Kali Paingan

Di dalam brosur resminya, wanawisata Kali Paingan dikatakan menawarkan panorama alam yang asri dan sejuk, dengan keindahan sungai, hutan, dan sawah. Tempat ini bisa menjadi spot yang nyaman untuk berwisata dan refreshing bagi rombongan keluarga, pelajar, mahasiswa, karyawan, maupun masyarakat umum.

Seperti yang dituturkan di atas, wahana utama yang ditawarkan di wanawisata Kali Paingan adalah arung jeram atau rafting. Di tempat ini, Anda bersama keluarga atau teman dapat menjelajahi Kali Paingan dengan berbagai rintangan batu serta kombinasi arus yang tenang dan deras. Dijamin, adrenalin Anda akan langsung terpacu ketika mencoba kegiatan yang satu ini.

Selain arung jeram, pihak pengelola juga telah menyediakan berbagai kegiatan seru lainnya di kawasan wanawisata Kali Paingan. Bagi Anda yang tidak takut ketinggian, bisa mencoba hall jumping di bawah jembatan Sungai Paingan yang tentunya sangat menantang. Selain itu, Anda pun bisa mencoba bermain flying fox dan tubing. Sementara, bagi mereka yang tidak hobi basah-basahan, bisa mengikuti jungle tracking, outbound, atau mendirikan kemah di camping ground.

Lihat Juga:   Harga Tiket Masuk Garuda Wisnu Kencana, Taman Budaya Kece di Bali
Kali Paingan - @Iman Eka Iman
Kali Paingan – @Iman Eka Iman

Untuk menarik lebih banyak minat wisatawan, serta menghadirkan kenyamanan bagi pelancong yang berkunjung, wanawisata Kali Paingan telah didukung dengan fasilitas yang terbilang memadai. Ketika berwisata di tempat ini, traveler akan menemukan baca, kantin ikan bakar, saung untuk bersantai, pondok untuk pertemuan, bahkan pondok untuk menginap.

Namun, sebelum bisa bermain arung jeram, pengunjung akan dikenakan tiket untuk memasuki kawasan wisata Linggo Asri. Sementara, untuk rafting, dibagi menjadi beberapa kategori, berdasarkan jarak yang ditempuh peserta. Berikut kami sajikan informasi terbaru harga tiket masuk dan tarif rafting di wanawisata Kali Paingan Linggo Asri.

Harga Tiket Masuk dan Rafting Kali Paingan

KategoriHarga
Tiket Masuk Linggo AsriRp5.000 (dewasa)
Rp3.000 (anak-anak)
Rp5.000 (mobil)
Rp2.500 (sepeda motor)
Rafting Perahu Besar 1 kmRp50.000 per orang (termasuk perlengkapan helm, pelampung, dayung, pemandu, team rescue, P3K)
Rafting Perahu Besar 500 meterRp30.000 per orang (termasuk perlengkapan helm, pelampung, dayung, pemandu, team rescue, P3K)
Rafting Perahu Kecil 500 meterRp30.000 per orang (termasuk perlengkapan helm, pelampung, dayung, pemandu, team rescue, P3K)
River Tubing (ban)Rp20.000 per orang (termasuk perlengkapan helm, pelampung, dayung, pemandu, team rescue, P3K)

di Linggo Asri

Untuk mengakomodasi wisatawan yang datang dari luar daerah, di kawasan Linggo Asri juga telah berdiri beberapa penginapan yang layak dijadikan tempat beristirahat dan bermalam. Linggo Asri misalnya, berlokasi di kompleks wisata Linggo Asri dengan tarif mulai Rp80 ribuan per malam. Selain itu, ada juga Hotel Victoria Indah yang beralamat di Jalan Raya Linggo Asri, yang telah menyediakan 10 unit kamar dengan tarif yang juga mulai Rp80 ribuan per malam.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan