Hotel Ampera, Akomodasi Ekonomis dan Bersih di Purwodadi




Lokasi Hotel Ampera, Purwodadi
Lokasi Hotel Ampera, Purwodadi

Jika Anda berkunjung ke Jawa Tengah namun bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, tidak ada salahnya jika Anda mencoba ke Purwodadi, Grobogan. Pasalnya, kawasan ini selain punya banyak tempat wisata kece, juga telah didukung dengan penginapan yang memadai, salah satunya Hotel Ampera.

Namun, sebelum membahas mengenai Hotel Ampera, tidak ada salahnya jika kita mengulik sedikit mengenai pesona Purwodadi. Purwodadi (namanya mirip dengan daerah di Pasuruan) merupakan ibukota Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Berada di jalur lintas alternatif Semarang-Surabaya, kawasan ini menjadi kota penghubung atau kota transit dari kota-kota di Jalur Pantura Timur menuju Solo atau Surakarta.

Dikutip dari Wikipedia, kota ini secara topografi berbentuk lembah yang diapit oleh dua pegunungan kapur, yaitu Pegunungan Kendeng atau Pegunungan Kapur Selatan di bagian selatan dan Pegunungan Kapur Utara di bagian utara. Dua pegunungan tersebut terdiri dari hutan jati, mahoni, dan campuran yang memiliki fungsi sebagai resapan air hujan di samping juga sebagai lahan pertanian meskipun dengan daya dukung tanah yang rendah. Lembah yang membujur dari barat ke timur merupakan lahan pertanian yang produktif, yang sebagian telah didukung jaringan irigasi.

Purwodadi, dan juga Grobogan, mungkin belum terlalu familiar sebagai tempat liburan dan lebih sering dijadikan lokasi transit. Padahal, Grobogan memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Di sini, Anda bisa menemukan air terjun, gua, tempat pemandian, hingga lumpur dan api abadi yang bisa dicapai hanya beberapa jam dari Semarang atau Yogyakarta.

Jika Anda penasaran dengan api abadi, Anda bisa langsung meluncur ke jalur Purwodadi-Semarang, sekitar 26 km dari Kota Purwodadi, tepatnya di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong. Di sini, Anda akan menemukan fenomena geologi yang cukup langka berupa api abadi Mrapen yang terbentuk karena adanya gas alam yang keluar dari dalam tanah lalu tersulut api. Selain sebagai upacara obor pada Waisak, api abadi ini juga sering digunakan untuk acara seperti SEA Games di Palembang hingga Asian Beach Games di China.

Fenomena alam lain yang keren yang bisa Anda jumpai di Grobogan adalah Bledug Kuwu di Desa Kuwu. Di sini, Anda bisa menemukan pemandangan lumpur yang meletup-letup. Tempat wisata ini sendiri terletak sekitar 28 km dari arah timur dari Kota Purwodadi dan lokasinya juga tidak begitu jauh dari api abadi Mrapen.

Nah, apabila Anda ingin yang segar-segar, bisa mampir ke Air Terjun Widuri yang berada di Desa Kemaduh Batur, Kecamatan Tawangharjo, sekitar 19 km sebelah timur Kota Purwodadi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter, diapit oleh hutan jati dan persawahan yang masih asri. Akses menuju air terjun memang cukup menantang, namun setimpal dengan keindahan yang ditawarkan.

Lokasi dan Fasilitas Hotel Ampera

Peta lokasi Hotel Ampera, Purwodadi
Peta lokasi Hotel Ampera, Purwodadi

Nah, apabila Anda hendak berkunjung ke Purwodadi, tidak perlu khawatir tempat bermalam. Pasalnya, kota ini sudah menyediakan banyak penginapan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Jika kebetulan bujet liburan Anda pas-pasan dan membutuhkan yang murah, salah satu alternatif menarik yang bisa dituju adalah Hotel Ampera.

Seperti namanya, Hotel Ampera beralamat di Jalan Ampera No. 7-9, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Ini adalah pilihan oke bagi mereka yang mencari penginapan di tengah kota. Hotel Ampera hanya berselang 523 meter menuju Swikee Asli Purwodadi, sedangkan jarak dari Stasiun Ngrombo sekitar 7,65 km.

Menurut ulasan tamu yang pernah bermalam di tempat ini, Hotel Ampera dikatakan sebagai akomodasi yang nyaman dijadikan tempat istirahat. Meski berada di tengah kota, namun suasana di Hotel Ampera tetap tenang karena jauh dari keramaian. Namun, hal ini juga cukup menyulitkan yang hendak mencari tempat makan.

Ketika Anda tiba di hotel ini, Anda akan menemukan bangunan dua lantai dengan desain khas hotel-hotel konvensional lainnya. Area depan adalah lahan parkir beraspal yang cukup luas, yang bisa ditempati hingga beberapa unit kendaraan roda empat. Jadi, jika kebetulan wisatawan membawa mobil pribadi, tidak perlu bingung-bingung meletakkan kendaraan mereka.

Lobi Hotel Ampera, Purwodadi
Lobi Hotel Ampera, Purwodadi

Suasana yang ditawarkan Hotel Ampera sendiri modern dan classy. Warna-warna pastel mendominasi sebagian besar dinding bangunan, terutama di luar ruangan. Dengan kombinasi lampu temaram di pilar-pilar berwarna hijau, kesan damai langsung terasa di tempat ini. Belum lagi puluhan tumbuhan hijau yang sengaja ditanam di pot-pot depan hotel.

Sebagai sebuah tempat bermalam, Hotel Ampera memang telah dibekali dengan fasilitas yang cukup memadai. Di area umum, selain lahan parkir, tamu juga bisa menemukan lobi lengkap dengan meja dan sofa, mineral water dan soft drink, ruang pertemuan lengkap dengan kursi, balkon atau teras di lantai atas, kanopi, etalase makanan ringan, hingga meja depan selama 24 jam.

Sementara, untuk kamarnya, diklaim punya ruangan yang bersih dan harum. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup oke, mencakup AC atau pendingin ruangan, room service, televisi layar datar, ranjang tipe single atau king plus bantal, meja kerja, kamar mandi pribadi plus shower dan air pans, pengharum ruangan, hingga sarapan dan air mineral gratis.

Tarif Hotel Ampera

Fasilitas kamar di Hotel Ampera Purwodadi
Fasilitas kamar di Hotel Ampera Purwodadi
Tipe KamarTarif per Malam
Standard RoomRp225.000
Superior RoomRp250.000
VIP RoomRp330.000

tarif Hotel Ampera Purwodadi di atas kami rangkum dari berbagai situs online. Harga sewa kamar tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tergantung tanggal Anda. Jika Anda membutuhkan lebih detail atau melakukan reservasi, bisa datang langsung ke lokasi atau menghubungi nomor (0292) 421527.

Lihat Juga:   Rekomendasi Terbaru Resort Terbaik di Jogja




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan