Gili Noko, Wisata Bahari di Gresik dengan Sewa Kapal Gratis




Gili Noko (sumber: jawa pos)
Gili Noko (sumber: jawa pos)

Noko atau Gili Noko merupakan daerah ekowisata yang ada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur dan memiliki pemandangan pantai pasir putih yang indah dengan area terumbu yang masih asri sebagai tempat wisata alam dan bahari.[1] Untuk pergi ke ini, Anda bisa menyewa perahu dengan harga sewa yang cukup terjangkau.

Biaya ke Gili Noko dari Bawean

Terletak di Pamina, Sidogedungbatu, Sangapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Gili Noko terletak di sebelah Bawean, cuma sekitar 20 menit menggunakan perahu motor. Termasuk salah satu pulau kecil di Kabupaten Gresik, Gili Noko hanya memiliki luas sekitar 1 km persegi. Dengan daratan yang relatif sempit, tidak ada penduduk yang menghuni tempat tersebut. Meskipun begitu, ada saja yang datang ke tempat ini untuk berwisata menikmati keindahan pulau.

Menawarkan sensasi seperti private, banyak orang yang tertarik pergi ke pulau tersebut. Hal ini yang mendorong pemerintah daerah untuk semakin memperhatikan tempat wisata tersebut. Dilansir dari Surya, sudah ada program penyeberangan gratis menuju Gili Noko dari Bawean. Ini merupakan langkah awal menuju Gresik Mapan dan sebagai salah satu rintisan sistem transportasi Gresik Terpadu yang masuk dalam 99 hari kerja Nawa Karsa Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah.

Dermaga Gili Noko (sumber: gresikkab.go.id)
Dermaga Gili Noko (sumber: gresikkab.go.id)

Masih dari sumber yang sama, menurut pihak Dinas Perhubungan Gresik, sebelumnya wisatawan membutuhkan biaya Rp350 ribu hingga Rp400 ribu untuk pulang pergi ke Gili Noko. Mulai April 2021, turis tidak perlu membayar biaya sewa kapal alias gratis. Penyeberangan gratis ke Gili Noko tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas transportasi yang ada di Gresik, tetapi juga membantu perkembangan kepariwisataan Gresik. Kapal yang dipakai untuk mendukung program ini adalah kapal besar yang mampu mengangkut 30 orang dalam waktu 30 menit.

Lihat Juga:   Tempat Wisata Alam Terbaik di Brastagi

Meskipun begitu, belum ada keterangan mengenai sampai kapan biaya sewa kapal tersebut digratiskan. Untuk berjaga-jaga, setidaknya wisatawan harus membawa uang lebih dari Rp350 ribu hingga Rp400 ribu untuk sewa kapal jika aturan tersebut sudah tidak berlaku. Nah, bagi Anda yang merencanakan liburan ke Gili Noko, pastikan Anda membawa perbekalan yang lengkap.

Fasilitas Gili Noko

Disebut sebagai The Hidden Paradise Gresik, Gili Noko memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan wisata lainnya. Pemandangan alam pantai dengan pasir putih dan hutan kecil di tengah pantai memang hal yang biasa, tetapi yang membuat pulau ini menjadi luar biasa adalah bagian bawahnya atau dunia baharinya.

Aktivitas wisatawan di Gili Noko (sumber: gresikkab.go.id)
Aktivitas wisatawan di Gili Noko (sumber: gresikkab.go.id)

Tak hanya bagian daratan yang masih asri, begitupun dengan lautnya, sehingga area sekitar Noko dapat dibilang sebagai salah satu spot snorkeling terbaik di Indonesia. Terdapat taman-taman terumbu yang bisa Anda eksplorasi di area ini. Sayangnya, pulau ini tidak menyediakan alat selam dan snorkeling, sehingga Anda harus membawanya sendiri atau menyewanya di Pulau Bawean terlebih dahulu.

Lihat Juga:   Jardin Smart Residence, Akomodasi Murah & Strategis di Blimbing, Malang

Fasilitas yang ada di Pulau Noko memang sangat minim dan hanya ada bangku-bangku kayu sederhana sebagai tempat duduk yang menghadap ke arah pantai dan laut. Nah, untuk Anda yang ingin piknik, selain memanfaatkan bangku kayu, Anda bisa menggelar tikar di pinggir pantai. Pemandangan di pantai Gili Noko akan terlihat sangat indah di pagi dan sore hari.

Jika Anda merasa bosan hanya makan camilan dan duduk di tepi pantai, Anda bisa tracking hutan di tengah pulau. Hutan mungil ini terdiri dari pepohonan kelapa dan rumput yang lebat. Ada juga semak belukar dan pohon cemara. Tentunya Anda tidak akan terlalu lelah untuk mengeksplorasi hutan dan tidak akan tersesat juga.

Tak jauh dari pulau ini, ada jembatan kayu sebagai salah satu spot terbaik di area tersebut, dengan latar bukit, pegunungan, dan tentunya laut yang biru. Selain itu, wisatawan juga diperbolehkan untuk memancing di sekitar pulau dengan memakai alat pancing tradisional. Hasil tangkapannya bisa langsung dimakan untuk piknik. Jika Anda berniat memancing, pastikan Anda membawa alat pancing yang lengkap dari rumah, termasuk umpannya.

[1] Noor, Muhammad Afrizal Faizar & Agus Romadhon. 2020. Analisis Kesesuaian dan Daya Dukung Lingkungan Pulau Gili Noko Bawean sebagai Kawasan Ekowisata Pantai. Juvenil Trunojoyo Madura, Vol. 1(1): 38-46.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan