Update Harga Tiket Masuk Taman Wisata Karang Resik Tasikmalaya




Taman Wisata Karang Resik Tasikmalaya (sumber: fokusjabar.co.id)
Taman Wisata Karang Resik Tasikmalaya (sumber: fokusjabar.co.id)

Kawasan wisata dengan konsep foto corner memang tengah digemari akhir-akhir ini. Seolah tak ingin ketinggalan, Kota juga melahirkan wisata serupa, yakni Taman Karang Resik. Bagi warga Tasik, nama ini sudah tentu familiar karena keberadaannya yang memang sudah sejak lama. Namun sekarang, Karang Resik sudah direnovasi dan dipercantik menjadi yang berhasil menarik minat warga sekitaran Tasikmalaya.

Wisata yang tengah di Tasikmalaya ini tepatnya beralamat di Jalan Dr. Moh. Toha, Nomor 331, Desa Sukamanah, Cipedes, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Lokasinya berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Tasik. Untuk rutenya dari pusat kota langsung saja ke bundaran simpang lima lalu belok ke kanan (arah timur laut). Lurus melewati Jalan Mohammad Hatta.

Taman wisata Karang Resik merupakan taman kota yang dikelola langsung oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya. Lokasi objek wisata Karang Resik terletak di perbatasan antara Kota Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis yang dilewati jalur penghubung antar provinsi di pulau Jawa, sehingga menjadikan taman wisata Karang Resik sebagai objek wisata yang sangat strategis.

Singkat cerita, dahulu taman Karang Resik menjadi saksi sejarah di mana prajurit Siliwangi mengusir penjajah pada tahun 1947. Maka dari itu, Karang Resik menjadi wisata sejarah di Tasikmalaya. Namun lantaran tidak terkelola dan menjadi terbengkalai, akhirnya lokasi Karang Resik Tasikmalaya ditutup pada 2005 silam.

Setelah direnovasi dan diresmikan 17 Oktober 2017 lalu, Taman Karang Resik memiliki wajah baru. Beragam foto corner yang instagenic dihadirkan untuk memuaskan hasrat anak muda yang gemar mengunggah foto di Instagram.

Objek wisata Karang Resik memiliki lokasi wisata yang tidak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya yaitu lokasi spot selfie yang tentunya gratis bagi semua pengunjung, seperti jembatan Cirahong, rumah pohon, rumah viking, sepeda gantung, dan banyak lagi. Terdapat juga amphitheater untuk pertunjukan pentas seni dengan kapasitas 1.000 orang penonton dan sejumlah lokasi lainnya untuk adventure. Tambahan lokasi wisata lainnya adalah konsep agrowisata dengan menampilkan sejumlah sayuran untuk edukasi.

Taman Wisata Karang Resik Tasikmalaya - ayotasik.com
Taman Wisata Karang Resik Tasikmalaya – ayotasik.com

Beberapa tempat wisata di dalamnya yang sudah bisa dinikmati para pengunjung di antaranya rumah Hobbit, teras Cikapundung, peta park, the lodge maribaya, barusen, waterboom, taman bunga, museum 3D, Farm House, cafe di bukit, dan masih banyak lagi.Tak hanya itu saja, taman yang memiliki luas total 3 hektar ini juga dilengkapi berbagai outdoor semacam flying fox, sepeda gantung, dan arung jeram sungai Citanduy.

Para pengunjung dipastikan akan puas dengan berbagai macam dan wahana di Karang Resik. Meskipun objek wisata taman resik ini tergolong masih baru, objek wisata ini mampu menyedot banyak wisatawan yang berasal dari Tasikmalaya dan Ciamis pada khususnya.

Untuk mengunjungi wisata Karang Resik, setiap pengunjung dikenakan masuk seharga Rp15 ribu. Setelah itu bisa bebas foto baik di taman bunga, jembatan dan spot lain. Namun untuk mencoba wahana permainan seperti sepeda gantung atau flying fox harus membayar tambahan di luar tiket masuk. Selain itu juga dikenakan parkir Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk mobil.

Untuk harga tiket terusan semua wahana Rp65 ribu tidak termasuk Viking Land. Sedangkan untuk harga tiket per wahana seperti kolam renang Rp20 ribu, kereta Rp10 ribu, flying fox Rp15 ribu, tree top Rp15 ribu. Karang Resik memiliki jam operasional atau jam buka dari pukul 8 pagi sampai 5 sore.

Selain menyediakan wahana wisata rekreasi, terdapat juga tempat wisata belanja yang menjual produk khas Kota Tasikmalaya dan rumah makan atau pusat berupa tenant foodcourt, resto, kafe, saung makanan Sunda dan jajanan street food mambo. Kehadiran pusat ini tentunya demi melengkapi fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Wahana permainan air di Taman Wisata Karang Resik Tasikmalaya (sumber: phinemo.com)
Wahana permainan air di Taman Wisata Karang Resik Tasikmalaya (sumber: phinemo.com)

Dengan konsep lingkungan hijau, para pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan di lokasi wisata. Sebanyak 15 kolam ikan yang diisi berbagai jenis ikan menghiasi taman kota Tasikmalaya ini. Ada pula bangunan pendopo dengan bahan 20.000 bambu sebagai ciri khas Sunda yang memperkaya nilai kebudayaan. Nantinya juga akan dibangun resort atau villa untuk pengunjung outbond yang memerlukan penginapan.

Sebagai salah satu kota yang terletak di wilayah Indonesia, selain memiliki tempat tujuan wisata, tentunya Tasikmalaya juga memiliki beragam sajian makanan dan khas yang menggugah selera. Jika Anda mempunyai waktu luang dan berkesempatan berkunjung ke Tasikmalaya, jangan lupa cicipi beragam sajian kuliner khas Tasikmalaya.

Saat berkunjung ke Tasikmalaya, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya, yakni Tutug Oncom. Kuliner khas Tasikmalaya yang satu ini merupakan makanan asli Sunda. Tutuk Oncom terbuat dari nasi yang diaduk bersama tambahan oncom goreng ataupun oncom bakar.

Dalam Bahasa Sunda kata ‘tutug’ berarti ‘menumbuk’, makanan tutug oncom sendiri merupakan dari proses aduk dan tumbuk nasi dengan oncom. Tutug oncom juga tersedia dalam bentuk kemasan sebagai oleh-oleh yang bisa bertahan hingga berbulan-bulan tanpa bahan pengawet.

Makanan khas daerah Tasikmalaya berikutnya adalah godeblag, yaitu makanan ringan yang dibuat dari singkong atau ketela pohon yang ditambah dengan bumbu yang banyak didapatkan di pasar. Sentra penghasil godeblag berada di daerah Manonjaya. Singkong atau ketela pohon yang akan diolah menjadi godeblag harus memiliki kualitas yang terbaik dan tidak terkena hama atau rasanya akan menjadi aneh setelah diolah. Godeblag hanya ada satu rasa, yaitu rasa asin.

[Update: Galih Conainthata]

Lihat Juga:   Fasilitas dan Harga Tiket Wahana Wisata Ocean Ecopark Ancol




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*