Curug Cinangneng, Alternatif Wisata Alam Oke di Bogor




Curug Ciampea (sumber: triptrus.com)
Curug Ciampea (sumber: triptrus.com)

Berbicara mengenai Jawa Barat, selain Bandung, Bogor menempati list teratas wajib kunjung. Pasalnya, hampir setiap daerah di Bogor punya objek wisata yang menarik, termasuk Cinangneng. Salah satu desa di Kecamatan Tenjolaya, Bogor ini memiliki curug atau yang elok bernama Curug Ciampea atau lebih terkenal dengan sebutan Green Lagoon.

Sebelum membahas mengenai Curug Ciampea, tidak ada salahnya jika kita mengupas sedikit mengenai Cinangneng. Seperti disampaikan di atas, Cinangneng adalah salah satu desa di Kecamatan Tenjolaya, Bogor. Selain Cinangneng, kecamatan tersebut juga terdiri dari Desa Tapos 1, Desa Gunung Malang, Desa Tapos 2, Desa Situ Daun, dan Desa Cibitung Tengah.

Berbicara potensi wisata, Cinangneng tidak kalah menakjubkan dengan daerah lainnya di Bogor. Pasalnya, desa ini juga memiliki beberapa yang oke, baik untuk para petualang maupun rombongan keluarga. Salah satu yang cukup populer di kalangan wisatawan, termasuk anak-anak, adalah Kampoeng Wisata Cinangneng.

Destinasi ini bisa Anda temukan di Jalan Babakan Kemang RT 01 RW 02, Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Seperti namanya, ketika liburan ke tempat ini, wisatawan akan merasakan hidup ala masyarakat kampung. Anda bisa mencoba untuk bertani atau berkebun bersama masyarakat setempat, hingga belajar berbagai kesenian daerah seperti wayang kulit, tarian adat Sunda, hingga upacara ritual.

Kampoeng Wisata Cinangneng (sumber: pesonakabogor.com)
Kampoeng Wisata Cinangneng (sumber: pesonakabogor.com)

Menawarkan keindahan dan pesona alam pegunungan, sungai, kebun, dan petak sawah, Kampoeng Wisata Cinangneng bakal menjadi favorit banyak pengunjung anak-anak. Pasalnya, di sini, mereka dapat belajar bermain angklung, menyanyi lagu daerah Sunda, menanam dan memanen padi, memandikan kerbau, bermain permainan ala anak desa, membungkus nasi timbel, membuat wayang dari daun singkong, belajar bermain gamelan, hingga ronda kampung bersama penduduk setempat.

Untuk mereka yang doyan petualangan, bisa langsung meluncur ke Gunung Kapur Ciampea. Di tempat ini, Anda akan menemukan tiga buah gunung kapur, yang terdiri dari Gunung Lalana dan bisa ditempuh 10 menit saja, Gantung, serta Galau dengan ketinggian sekitar 354 meter di atas permukaan air laut.

Selain mendaki gunung, ada beragam aktivitas menantang lainnya yang dapat Anda jajal saat berwisata ke tempat ini. Anda bisa melakukan aktivitas panjat tebing di beberapa titik panjat. Namun, Anda tentunya harus selalu waspada dan berhati-hati ketika melakukan kegiatan ekstrem ini. Pasalnya, kita tentu tidak menginginkan hal-hal yang merugikan diri kita sendiri.

dan Pesona Curug Cinangneng

Berbicara mengenai air terjun atau curug di Cinangneng, jika Anda menelusuri melalui situs pencarian Google, akan ada dua rekomendasi. Yang pertama adalah Curug Ciampea yang sering dijuluki Green Lagoon, sedangkan yang kedua adalah Curug Luhur. Kedua air terjun ini menawarkan keindahan yang berbeda, yang sayang untuk dilewatkan.

Green Canyon di Curug Ciampea (sumber: medium.com)
Green Canyon di Curug Ciampea (sumber: medium.com)

Untuk Curug Ciampea, sebenarnya air terjun ini tidak tepat berada di Cinangneng, melainkan di desa tetangga, Tapos 1. Curug Ciampea bisa Anda temukan di Desa Tapos 1, Kecamatan Tenjolayan, Kabupaten Bogor. Ini adalah salah satu air terjun yang ‘disediakan’ oleh Gunung Salak, sebuah gunung yang masih tertutup hutan hujan serta kontur alam berupa jurang dan lembah.

Lalu, apa yang menarik dari Curug Ciampea? Sebenarnya, air terjun di sini tidak terlalu istimewa, khas air terjun dataran tinggi. Namun, yang membuatnya berbeda adalah jatuh di sebuah sungai yang jernih, sehingga memungkinkan pengunjung untuk menyelam bebas atau free diving. Dibandingkan dengan menyelam di laut, ada sensasi yang berbeda ketika diving di sungai dengan ketinggian 970 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut ini.

Nah, titik yang cocok untuk menyelam terletak di Green Lagoon, yang berdekatan satu aliran sungai dengan Curug Ciampea. Tidak jelas kenapa sungai ini dinamakan Green Lagoon, yang seharusnya merupakan danau air asin. Kemungkinan, nama tersebut diberikan karena tempatnya seperti danau dan punya air hijau pantulan dedaunan.

Namun, sebelum bisa menikmati keindahan Curug Ciampea dan Green Lagoon, perjuangan yang dibutuhkan memang cukup menguras tenaga. Anda diharuskan untuk melewati pepohonan lebat dan bukit-bukit yang tinggi. Disarankan, Anda tidak sendirian ketika berlibur ke tempat ini. Ajak teman atau kerabat Anda agar trip menjadi lebih menyenangkan.

Curug Luhur (sumber: explorewisata.com)
Curug Luhur (sumber: explorewisata.com)

Air terjun yang kedua adalah Curug Luhur. Juga terletak di kaki Gunung Salak, air terjun ini punya ketinggian sekitar 62 meter. Karena tingginya tersebut, objek wisata ini lantas dinamakan Curug Luhur dan diklaim sebagai air terjun tertinggi di antara beberapa curug yang terletak di Bogor. Air terjun ini sebenarnya juga tidak berada persis di Cinangneng, melainkan di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas.

Pesona Curug Luhur yang memikat berasal dari dua buah air terjun yang sejajar, bisa dibilang seperti kembar. Air terjun ini makin cantik dengan pemandangan alam memukau yang mengelilingi objek wisata tersebut. Saat datang Anda datang ke Curug Luhur ini, Anda bisa menikmati panorama alam yang luar biasa, angin sejuk, serta udara segar yang sanggup membuat Anda merasa lebih tenang, santai, dan rileks.

Berbeda dengan Curug Ciampea, fasilitas di Curug Luhur lebih komplet dan modern. Di sini, Anda bisa menemukan warung-warung , mandi, tempat ibadah, bahkan restoran dua lantai yang sering dijadikan gardu pandang untuk menikmati keindahan air terjun. Para pengelola pun sudah membangun kolam renang, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Curug Cinangneng

Apabila Anda memilih untuk berkunjung ke Curug Ciampea, Anda diwajibkan membayar tiket masuk dengan harga Rp20.000 per orang, sudah termasuk asuransi, dengan tambahan Rp5.000 untuk parkir kendaraan. Sementara, jika Anda hendak berlibur ke Curug Luhur, harga tiket masuknya berkisar Rp40.000 per orang, belum termasuk tarif parkir kendaraan.

Lihat Juga:   Taman Tino Sidin, Dedikasi untuk Pendidikan Anak




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*