Hotel Varista Sukabumi, Lokasi Pusat Kota Harga Ramah




Hotel Varista Sukabumi - @Yudo Sulaiman
Hotel Varista Sukabumi - @Yudo Sulaiman

Tidak sulit menemukan tempat bermalam ketika kebetulan sedang berkunjung ke Sukabumi selama beberapa hari. Apabila Anda mencari yang berlokasi di dekat stasiun, salah satu penginapan yang sering direkomendasikan adalah Varista. Mengusung konsep , tempat inap ini terkenal nyaman serta bersih, dengan harga sewa kamar yang cukup masuk akal.

Sebelum berbicara mengenai Hotel Varista, tidak ada salahnya jika kulik sedikit mengenai Sukabumi. Ini adalah, seperti di , terbagi menjadi kota dan kabupaten. Untuk wilayah kota, Sukabumi merupakan salah satu kota dengan luas terkecil di Provinsi Jawa Barat dan terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Sebaliknya, Kabupaten Sukabumi menjadi kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi, juga diapit Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Baik kota maupun kabupaten, Sukabumi punya banyak tempat menarik untuk liburan bersama keluarga. Salah satu yang cukup populer adalah Situ Gintung, sebuah danau yang berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, dengan ketinggian kurang lebih 850 meter dari permukaan laut. Danau ini dilintasi Jembatan Situ Gintung yang diklaim sebagai salah satu jembatan gantung terpanjang di Indonesia.

Masih seputar danau, Anda pun bisa berkunjung ke Danau Batu Bacan yang berlokasi di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar. Danau ini wajib didatangi karena menawarkan air yang berwarna hijau, disebabkan bebatuan berwarna hijau yang terkena pantulan sinar matahari. Karena keunikannya tersebut, Danau Batu Bacan juga kerap disebut Danau Hijau oleh sebagian wisatawan.

Untuk mereka yang ingin berwisata pantai, salah satu yang dapat didatangi adalah Pantai Cicaladi. Ini adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Sukatani, Kecamatan Surade, dengan durasi waktu tempuh dua jam berkendara di pusat Sukabumi. Kawasan ini populer berkat keberadaan tebing yang sangat indah dan berbatasan langsung dengan lautan lepas. Spot ini pas untuk mereka yang hobi berkemah.

Surade tidak cuma punya pantai yang elok. Anda pun bisa mengunjungi Curug Cikaso, sebuah air terjun dengan pemandangan yang sanga menawan. Disebut pula Curug Luhur oleh warga sekitar, keunikan tempat wisata ini adalah memiliki tiga air terjun yang mengalir berdampingan. Ketiga air terjun yang bersisian tersebut dinamakan Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki.

Lihat Juga:   El Hotel Malang, Akomodasi Fasilitas Mentereng di Karangploso
Hotel Varista Sukabumi - @Arum Prasasti
Hotel Varista Sukabumi – @Arum Prasasti

Hotel Varista

Nah, karena punya sederet objek wisata yang keren, mengunjungi Sukabumi memang tidak cukup cuma sehari. Karena itu, Anda pun membutuhkan akomodasi yang nyaman selama berlibur ke kota yang sempat dijuluki Kota Santri tersebut. Nah, apabila Anda mengidamkan penginapan yang berada di pusat kota dan dekat stasiun, salah satu referensi menarik adalah Hotel Varista.

Penginapan ini dapat Anda temukan di Jalan Jenderal Sudirman No. 88, Benteng, Warudoyong, Kota Sukabumi. Dari Stasiun Sukabumi, Hotel Varista hanya berselang 1,08 km. Apabila wisatawan hendak berbelanja di Citimall Sukabumi, jarak dari properti cuma berkisar 878 meter, sedangkan perjalanan ke Kebun Raya Cibodas sekitar 22 km atau berselang 30 menit berkendara.

Hotel Varista sendiri mengusung konsep hotel syariah. Menurut fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI), hotel syariah dikatakan sebagai penyediaan akomodasi berupa kamar-kamar di dalam suatu bangunan yang dapat dilengkapi dengan jasa pelayanan makan dan minum, kegiatan hiburan dan atau fasilitas lainnya secara harian dengan tujuan memperoleh keuntungan yang dijalankan sesuai prinsip syariah.[1]

Selain di Jalan Jenderal Sudirman, Anda pun bisa menemukan Hotel Varista 1 yang berada di Jalan Pengadilan No. 10, Nyomplong, Warudoyong, Kota Sukabumi. Tempat ini juga berlokasi strategis dai pusat kota, dekat dengan Alun-Alun Sukabumi, Masjid Agung Sukabumi, pusat perbelanjaan, serta beragam fasilitas publik lainnya seperti rumah sakit dan mesin ATM.

Menurut ulasan para yang pernah singgah, Hotel Varista yang berada di Jalan Jenderal Sudirman dikatakan sebagai tempat inap yang baik, dengan fasilitas komplet, serta nyaman untuk keluarga. Sementara, untuk Hotel Varista 1, diklaim punya harga murah, tetap nyaman meskipun berada di tengah kota, serta menawarkan fasilitas yang memadai dan kamar-kamar yang bersih.

Lihat Juga:   Puri Fastia, Rumah Wisata Tiga Kamar Dekat Coban Rais
Hotel Varista Sukabumi - www.traveloka.com
Hotel Varista Sukabumi – www.traveloka.com

Fasilitas Hotel Varista

Secara tampilan, Hotel Varista mengusung bangunan yang cukup unik, dengan desain asimetris dan dinding luar berwarna kombinasi ungu muda, hijau, dan abu-abu. Tidak terlalu megah, namun kesan futuristik dan kekinian tampak jelas, dengan beberapa tumbuhan hijau sengaja ditanam di halaman depan dekat dengan area parkir untuk memberikan kesan yang asri dan sejuk.

Beralih ke bagian dalam, fasilitas yang ditawarkan memadai. Anda bisa menemukan taman yang sudah dilengkapi sebuah gazebo, cocok untuk bersantai sambil menikmati udara sekitar. Di dalam kamar, sudah tersedia ranjang model double bed, dengan fasilitas seperti televisi layar datar, meja kerja, lemari pakaian, air mineral, hingga kamar mandi pribadi plus toilet duduk dan shower.

Sementara itu, untuk Hotel Varista 1, hadir dengan bangunan lebih konvensional, namun punya ukuran lebih lapang. Di dalamnya, wisatawan akan menemukan area lobby lengkap dengan sejumlah kursi dan meja plus televisi untuk bersantai, kamar-kamar plus ranjang tipe double bed, meja kerja dan lemari, AC atau pendingin ruangan, hingga kamar mandi pribadi.

Hotel Varista

Tipe KamarTarif per Malam
Standard RoomRp180.000
Deluxe RoomRp210.000
Superior RoomRp270.000 – Rp300.000
Extra BedRp100.000

Harga sewa kamar Hotel Varista di atas kami rangkum dari brosur resmi penginapan yang bersangkutan. Perlu diketahui bahwa sewa kamar Hotel Varista tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola. Jika Anda tertarik singgah, reservasi dapat dilakukan via nomor (0266) 222763 untuk cabang di Jalan Jenderal Sudirman atau (0266) 222545 untuk cabang di Jalan Pengadilan.

[1] Majelis Ulama Indonesia, Dewan Syariah Nasional. 2016. Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia No. 108/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah, hlm. 5.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan