Update Fasilitas dan Tarif Kamar Hotel (Ekonomi, Standard, Superior, Deluxe, Suite, Executive)




Ilustrasi: lounge hotel
Ilustrasi: lounge hotel

Hotel bisa dikatakan sebagai salah satu jenis akomodasi penginapan yang paling populer, tidak hanya di Indonesia, maupun juga di dunia. Ada banyak ragam hotel yang tersedia di muka Bumi, mulai hotel melati dengan murah hingga hotel berbintang dengan tarif kamar selangit. Semua menyediakan fasilitas dan layanan yang berbeda, tergantung tipe kamar yang dipilih oleh para tamu.

Tipe dan Fasilitas Kamar di Hotel

Sebelum membahas mengenai fasilitas di dalam kamar hotel, kita tentunya harus mengetahui tipe-tipe atau jenis kamar yang disediakan penginapan tersebut. Pasalnya, tiap tipe kamar menawarkan fasilitas yang berbeda, yang tentunya juga bakal berpengaruh pada per malam, termasuk juga layanan yang diberikan oleh pengelola.

Tipe kamar hotel yang hampir selalu ada di tiap penginapan adalah tipe Standard. Sesuai namanya, kamar tipe ini memiliki fasilitas yang ‘paling biasa’, selain punya ukuran kamar yang tidak terlalu luas, sekitar 30 meter persegi. Fasilitas yang umum ada di kamar tipe Standard adalah tempat tidur (biasanya single bed, meski ada juga yang double bed), kamar mandi pribadi, dan AC. Ada juga hotel yang melengkapi kamar Standard mereka dengan fasilitas televisi. Dilihat dari sejumlah fasilitas yang ditawarkan , biasanya penginapan di kamar ini terbilang paling murah.

Tipe kamar selanjutnya yang ada di banyak hotel adalah tipe Superior. Ini adalah tipe kamar yang bisa dikatakan lebih baik daripada Standard Room, dengan letak ruangan yang rata-rata berada di lantai atas (jika hotel tersebut memiliki bangunan lebih dari satu tingkat). Meski memiliki fasilitas yang hampir sama dengan tipe Standard Room, tetapi kamar tipe Superior biasanya punya ukuran yang lebih luas.

Selain tipe Standard dan Superior, tipe kamar yang juga hampir selalu ada di hotel adalah Deluxe Room. Ini merupakan kamar yang memiliki satu level di atas tipe Standard dan Superior. Biasanya, kamar Deluxe punya ukuran luas sekitar 40 meter persegi, dengan fasilitas yang mirip dengan kamar tipe Standard, ditambah beberapa fasilitas pendukung seperti coffee/tea maker, lemari es, kamar mandi plus shower, hingga view menarik di luar ruangan.

Ilustrasi: tamu di kamar hotel
Ilustrasi: tamu di kamar hotel

Khusus untuk hotel berbintang, terutama bintang lima, selain tiga tipe di atas, ada yang menyediakan kamar tipe Suite. Tipe yang juga biasa dinamakan sebagai Presidential atau Royal ini merupakan kamar yang menyediakan fasilitas yang lebih lengkap jika dibandingkan tiga tipe kamar sebelumnya. Kamar paling luas dan terkesan mewah, fasilitas yang tersedia termasuk dua area tempat tidur, dua ruang tamu, dan furniture menggunakan kualitas terbaik. Di samping itu, disediakan pula TV layar datar dengan channel internasional, akses Wi-Fi, AC, dua kamar mandi pribadi plus shower, lemari es, meja kerja, hingga lemari pakaian dan meja rias. Biasanya ada pula area dapur mini dan ruang kerja.

Di atas tipe Suite, beberapa hotel berbintang menyediakan kamar dengan tipe Club dan Executive. Biasanya, kamar-kamar ini diperuntukkan tamu VIP dan berada di lantai paling atas dari suatu bangunan hotel, sehingga memiliki view yang lebih lapang. Selain fasilitas-fasilitas yang mentereng, termasuk ranjang tipe king bed, kamar tipe Club dan Executive juga menyediakan layanan breakfast di dalam kamar serta proses check-in dan check-out yang mudah dan cepat.

Di samping tipe-tipe di atas, beberapa penginapan menawarkan Economy Room. Ini umumnya disediakan akomodasi dengan harga murah, seperti losmen atau hotel melati. Seperti namanya, fasilitas Kamar Ekonomi memang sangat ekonomi. Tamu hanya akan mendapatkan fasilitas ranjang (biasanya diletakkan langsung di lantai) dan kipas angin. Jika ingin ada layanan TV, harus membayar biaya tambahan.

Mungkin Anda juga dapat menemukan hotel yang menawarkan Connecting Room, yakni kamar dengan satu pintu yang bisa saling menghubungkan masing-masing kamar. Ada pula yang namanya Murphy Room, yang umumnya telah dilengkapi sofa bed, Disabled Room yang cocok untuk tamu dengan keterbatasan, Cabana Room yang sudah didukung private pool, dan Penthouse Room yang biasanya menjadi kamar paling mewah.

Mengenai kamar hotel, seperti disampaikan di atas, disesuaikan dengan tipe kamar dan fasilitas yang diberikan. Tarif Kamar Ekonomi tentu lebih murah dibandingkan Standard Room, sedangkan Deluxe Room biasanya mematok harga lebih mahal dibandingkan Superior Room. Berikut kisaran tarif kamar di hotel berdasarkan tipenya.

Kamar Hotel Executive - hotelborobudur.com
Kamar Hotel Executive – hotelborobudur.com

Kamar Hotel

Tipe KamarKisaran per Malam
Economy RoomRp80.000 – Rp100.000
Standard RoomRp120.000 – Rp200.000
Superior RoomRp220.000 – Rp300.000
Deluxe RoomRp300.000 – Rp500.000
Suite RoomRp800.000 ke atas
Penthouse RoomRp10.000.000 ke atas

Informasi besaran kamar hotel di atas disaring dari berbagai sumber. Perlu Anda catat bahwa biaya kamar tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, masing-masing hotel memiliki kebijakan tersendiri dalam menentukan tarif inap kamar mereka. Ada yang mungkin berada di bawah harga di atas atau malah lebih mahal.

Fasilitas Kamar Hotel - www.tripadvisor.com
Fasilitas Kamar Hotel – www.tripadvisor.com

Terdapat sejumlah tips memilih kamar hotel untuk mendapatkan kenyamanan dan rasa puas menginap di hotel tujuan. Hal utama yang perlu diperhatikan yakni tujuan Anda menginap, dan Anda harus mempertimbangkan deretan fasilitas yang ditawarkan hotel tersebut sesuai kebutuhan. Selanjutnya yakni membandingkan sejumlah hotel yang diincar melalui situs online, mulai dari harga maupun fasilitas. Selain itu, dengan memeriksa ketersediaan kamar, karena Anda berpotensi mendapatkan diskon dan point reward. Namun, Anda jangan mudah terkecoh dengan harga hotel yang murah.

(Panca)

Lihat Juga:   Balkondes Tuksongo, Kawasan Wisata & Homestay Eksotis di Borobudur




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan