Info Terbaru Fasilitas di Kamar Hotel (Standard, Superior, Deluxe, Suite, Executive)




Ilustrasi: lounge hotel
Ilustrasi: lounge hotel

bisa dikatakan sebagai salah satu penginapan yang paling populer, tidak hanya di Indonesia, maupun juga di dunia. Ada banyak ragam hotel yang tersedia di muka bumi, mulai hotel melati dengan murah hingga hotel berbintang dengan kamar selangit. Semua menyediakan dan layanan yang berbeda, tergantung kamar yang dipilih oleh para tamu.

Tipe dan Fasilitas Kamar di Hotel

Sebelum membahas mengenai fasilitas di dalam kamar hotel, kita tentunya harus mengetahui tipe-tipe atau jenis kamar yang disediakan tersebut. Pasalnya, tiap tipe kamar menawarkan fasilitas yang berbeda, yang tentunya juga bakal berpengaruh pada tarif sewa per malam, termasuk juga layanan yang diberikan.

Tipe kamar hotel yang hampir selalu ada di tiap penginapan adalah tipe Standard. Sesuai namanya, kamar tipe ini memiliki fasilitas yang ‘paling biasa’, selain punya kamar yang tidak terlalu luas, sekitar 30 meter persegi. Fasilitas yang umum ada di kamar tipe Standard adalah tidur (biasanya single bed, meski ada juga yang double bed), kamar mandi pribadi, dan AC. Ada juga hotel yang melengkapi kamar Standard mereka dengan fasilitas televisi. Dilihat dari sejumlah fasilitas yang ditawarkan biasanya tarif penginapan di kamar ini terbilang paling murah.

Ilustrasi: tamu di kamar hotel
Ilustrasi: tamu di kamar hotel

Tipe kamar selanjutnya yang ada di banyak hotel adalah tipe Superior. Ini adalah tipe kamar yang bisa dikatakan lebih baik daripada Standard Room, dengan letak ruangan yang rata-rata berada di lantai atas (jika hotel tersebut memiliki bangunan lebih dari satu tingkat). Meski memiliki fasilitas yang hampir sama dengan tipe Standard Room, namun kamar tipe Superior biasanya punya ukuran yang lebih luas.

Selain tipe Standard dan Superior, tipe kamar yang juga hampir selalu ada di hotel adalah Deluxe Room. Ini merupakan kamar yang memiliki satu level di atas tipe Standard dan Superior. Biasanya, kamar Deluxe punya ukuran luas sekitar 40 meter persegi, dengan fasilitas yang mirip dengan kamar tipe Standard, ditambah beberapa fasilitas pendukung seperti coffee/tea maker, lemari es, kamar mandi plus shower, hingga view menarik di luar ruangan.

Khusus untuk hotel berbintang, terutama bintang lima, selain tiga tipe di atas, biasanya juga menyediakan kamar tipe Suite. Tipe yang juga biasa dinamakan sebagai Presidential atau Royal ini merupakan kamar yang menyediakan fasilitas yang lebih lengkap jika dibandingkan tia tipe kamar sebelumnya. Kamar paling luas dan terkesan mewah. Fasilitas seperti dua area tempat tidur, dua ruang tamu, dan furniture menggunakan kualitas terbaik. Di samping itu, disediakan juga TV layar datar dengan channel internasional, akses Wi-Fi, AC, dua kamar mandi pribadi plus shower, lemari es, meja kerja, hingga lemari pakaian dan meja rias. Biasanya ada pula area dapur mini dan ruang kerja.

Kamar Hotel Executive - hotelborobudur.com
Kamar Hotel Executive – hotelborobudur.com

Di atas tipe Suite, beberapa hotel berbintang juga menyediakan kamar dengan tipe Club dan Executive. Biasanya, kamar-kamar ini diperuntukkan tamu VIP dan berada di lantai paling atas dari suatu bangunan hotel, sehingga memiliki view yang lebih lapang. Selain fasilitas-fasilitas yang mentereng, termasuk ranjang tipe king bed, kamar tipe Club dan Executive juga menyediakan layanan breakfast di dalam kamar serta proses check-in dan check-out yang mudah dan cepat.

Selain itu ada juga tipe premium seperti Family Room. Family Room, sesuai namanya, cocok untuk wisatawan keluarga. Sebab dalam kamar terdiri dari satu kamar dengan satu tempat tidur ukuran double bed atau king size, juga dilengkapi sofa. Jika dibandingkan dengan tipe Twin, yang membedakannya adalah kasur yang berada di dalam kamar tersebut. Untuk twin yang berarti kembar sehingga dalam satu kamar terdapat dua kasur kecil yang sama ukurannya. Sedangkan Family atau double berarti satu kasur yang berukuran dua kali lipat dari ukuran twin. 

Istilah lain yang sering digunakan yakni double queen dan double king, yang berarti kasur berukuran queen atau king. Untuk kamar family ini adalah kamar yang berisi dua kasur dengan ukuran yang berbeda, jadi satu kasur berukuran double dan satunya lagi ukuran twin untuk sang anak.

Tarif Kamar di Hotel

Ilustrasi: istirahat di kamar hotel
Ilustrasi: istirahat di kamar hotel

Besaran tarif kamar di hotel tergantung tipe kamar yang dipesan oleh tamu. Jika tamu memesan kamar tipe Standard Room atau Superior Room, tarif yang dipatok masih berkisar Rp100 ribuan sampai Rp300 ribuan per malam. Sementara, tarif kamar Deluxe Room biasanya di atas Rp300 ribuan sampai Rp600 ribuan per malam. Adapun tarif kamar untuk tipe Suite dan Club, umumnya berada di level jutaan hingga puluhan juta rupiah per malam.

Terdapat sejumlah tips memilih kamar hotel untuk mendapatkan kenyamanan dan rasa puas menginap di hotel tujuan. Hal utama yang perlu diperhatikan yakni tujuan Anda menginap, maka tentu Anda akan mempertimbangkan deretan fasilitas yang ditawarkan hotel tersebut sesuai kebutuhan. Selanjutnya yakni membandingkan sejumlah hotel yang diincar melalui situs online, mulai dari maupun fasilitas. 

Dari situs online tersebut, Anda dapat melihat hasil review dan rekomendasi hotel terbaik. Selain itu, dengan memeriksa ketersediaan kamar, Anda juga akan mendapatkan diskon dan point reward. Namun, Anda jangan mudah terkecoh dengan harga hotel yang murah.  

[Update: Ditta]

Lihat Juga:   Kapasitas 22 Orang, Tarif Orchid Boutique Villa Batu Mulai Rp1,5 Jutaan




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan