Destinasi Wisata Pilihan ala Backpacker di Belitung




Pantai Tanjung Tinggi

Belitung atau yang dulunya dikenal sebagai ‘Billiton’ adalah sebuah di sebelah timur Sumatra. ini begitu melejit namanya beberapa tahun terakhir sebagai tujuan wisata alam alternatif. Belitung sendiri terbagi dalam 2 kabupaten, yakni Kabupaten Belitung yang beribukotakan Tanjung Pandan dan Kabupaten Belitung Timu yang beribukotakan Manggar.

Masyarakatnya Belitung sebagian besar tinggal di kawasan pesisir . Kehidupan masyarakat pesisir yang kesehariannya melaut membuat Belitung kaya akan hasil seperti ikan, udang, kerang, mutiara, dan masih banyak lagi. Tak hanya hasil , belitung juga kaya akan potensi yang sangat sayang jika dilewatkan.

Khusus bagi kalangan , kali ini kami akan menginformasikan destinasi wisata yang wajib dikunjungi setibanya di belitung. Ada pantai Tanjung Pendam, pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, dan masih banyak lagi lainnya.

Pantai Tanjung Pendam

Pantai ini terletak tepat di belakang Masjid Al-Ihram Belitung. Pantai ini bisa disebut unik sekaligus menantang, karena dulunya digunakan sebagai lokasi penggalian timah yang meninggalkan lubang-lubang pasir. Lubang-lubang ini bersifat seperti pasir hisap, namun kini sudah ditimbun demi alasan keselamatan. Meski sudah ditimbun, Anda harus tetap berhati-hati pada bekas lubang ini. Untuk mendapatkan view terbaik, sebaiknya datang sebelum terbit untuk mendapatkan view sunrise yang indah.

Lihat Juga:   Villa Kuda Pangandaran: Megah dan Mewah
Pantai Tanjung Pendam
Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi kira-kira berjarak sekitar 29 kilometer dari Tanjung Pandan. Pantai ini menyajikan hamparan laut dengan gradasi warna yang memikat dihiasi terumbu karang, bebatuan, dan pemandangan langit yang tak terlupakan. banyak turis yang memilih pantai ini sebagai tempat snorkeling karena kejernihan air dan keindahan bawah lautnya.

Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Kelayang dan Pulau Lengkuas

Lokasi Pantai Tanjung Kelayang tidak terlalu jauh dari Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini menjadi akses utama Anda menuju ke pulau Lengkuas. Di pulau lengkuas terdapat sebuah mercusuar yang bisa Anda naiki. Dari atas mercusuar, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar pulau Belitung.

Lihat Juga:   Fasilitas dan Tarif Waterboom Sabda Alam Hotel & Resort di Cipanas, Garut
Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang

Kota Tanjung Pandan

Kota ini bisa Anda tuju untuk membeli oleh-oleh atau cindera mata. Maklum saja, di sepanjang jalan utama bisa ditemui banyak toko oleh-oleh, sayangnya mereka justru tutup pada hari minggu. Selain berbelanja, Anda juga bisa mengunjungi Museum Tanjung Pandan.

SD Laskar Pelangi

Anda tentu masih ingat dengan Novel berjudul ‘Laskar Pelangi’ karya Andrea Hirata yang sukses diangkat ke layar lebar. Novel tersebut berkisah tentang kesederhanaan dan suka duka kehidupan anak-anak belitung. Spot yang cukup memorable adalah bangunan sekolah yang diceritakan di dalamnya, yang tak lain adalah SD Muhammadiyah Gantong.

Sekolah ini bisa dicapai dengan menempuh selama 3 jam dari kota Tanjung Pandan. Letaknya ada di Desa Selingsing, tepat di belakang kantor kelurahan. Sayangnya, bangunan yang ada kini hanya replikanya saja. Bangunan SD Muhammadiyah Gantong yang asli telah digusur, dan lokasinya sekarang ditempati oleh SD Negeri 8 Gantong.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan