Tak Terlalu Menguras Kantong, Ini Kisaran Biaya dari Malang ke Pulau Sempu




Pulau Sempu Malang - (Sumber: tempat.co.id)
Pulau Sempu Malang - (Sumber: tempat.co.id)

memiliki salah satu alam menarik yang tak kalah dengan luar negeri, yakni Pulau Sempu. Bagi Anda yang ingin berpetualang dari Malang ke Pulau Sempu perlu menyiapkan tenaga ekstra karena jalan menuju Sempu cukup terjal. Apabila Anda berangkat dari Malang, sebaiknya naik kendaraan umum dengan mencarter (angkot) saja, sebab biayanya lebih dan tidak terlalu menguras tenaga. Namun bagi Anda yang yakin bisa berkendara dengan baik melewati jalanan terjal dan berbatu, maka Anda juga bisa memilih naik kendaraan pribadi.

Angkot Malang yang Bisa Digunakan Menuju Pulau Sempu
Angkot Malang yang Bisa Digunakan Menuju Pulau Sempu – (Sumber: ngalam.co)

Untuk perjalanan start dari Malang, Anda bisa langsung naik angkot menuju Terminal Gadang. Angkot ke Gadang biasanya menggunakan kode yang ada G-nya di bagian belakang, contohnya saja AMG, ABG, atau AG. Ada juga beberapa angkutan kota yang menggunakan kode H. Tak perlu bingung, sebab angkot-angkot seperti ABH pada dasarnya sama-sama akan mengantar Anda ke Terminal Gadang. Sebab Terminal Gadang kini telah berganti sebutan menjadi Terminal Hamid Rusdi. Namun warga Malang sudah terbiasa menyebutnya Gadang.

Sebagai contoh, jika naik AMG ke Gadang Anda biasanya dikenai sekitar Rp 10 ribu. Tapi bagi Anda yang berangkat dengan rombongan sekitar 8-12 orang sebaiknya langsung saja menyewa angkot dari Gadang ke Sendang Biru dengan sekitar Rp 250 ribu untuk sekali perjalanan. Cukup murah kan?

Lihat Juga:   Tempat Wisata Indoor Terfavorit di Malang yang Tetap Asyik Dikunjungi Meski Sedang Terik & Hujan

Setelah sampai di Gadang, Anda bisa naik minibus atau bus biasa ke Pasar Turen. Biaya naik minibus sekitar Rp 15 ribu, sedangkan bus biasa tarifnya Rp 5 ribu dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Jika sudah tiba di Pasar Turen, Anda bisa turun di pertigaan yang menuju Pantai Sendang Biru dan kemudian lanjutkan perjalanan dengan naik angkot biru muda yang siap mengantar ke Sendang Biru dengan biaya Rp 25 ribu.

Piknik Bersama Keluarga di Pulau Sempu - (Sumber: piknikasik.com)
Piknik Bersama di Pulau Sempu – (Sumber: piknikasik.com)

Berbeda dari perjalanan sebelumnya yang cenderung landai, dari Turen ke Sendang Biru Anda akan melalui jalanan yang cukup terjal selama 2 jam. Setibanya di Sendang Biru, Anda bisa melaporkan ke pos lapor bahwa Anda akan menyeberang ke Pulau Sempu dan melengkapi data diri Anda. Perlu diingat, penyeberangan terakhir ke Pulau Sempu kabarnya dibatasi hingga pukul 14.00 WIB saja.

Lihat Juga:   Harga Tiket Kebun Binatang Pematang Siantar, Spot Liburan Asri dan Edukatif

Di Pos Lapor ini biasanya Anda harus membayar masuk sebesar Rp 40 ribu (sudah termasuk tiket masuk Sendang Biru). Sedangkan untuk menyeberang ke Sempu Anda harus menyewa kapal dengan biaya sekitar Rp 140 ribu pergi-pulang (PP). Anda biasanya juga akan ditawarkan jasa pemandu alias guide yang bisa mengantar untuk sekali jalan dikenai biaya Rp 100 ribu. Tips bagi yang sudah terbiasa tracking, Anda tidak harus menyewa jasa guide di sana. Total biaya dari Malang ke Pulau Sempu tidak terlalu mahal kok, apalagi jika Anda patungan dengan rombongan biayanya bisa lebih murah lagi.

 




Tentang Dian Kartika1089 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

3 Comments

    • Walaupun dilarang, tapi kenyataannya memang masih banyak yg curi2 masuk ke lokasi 🙂

    • Formalnya sih begitu. Tapi ternyata masih banyak yg bisa mencuri masuk dan berkemah di sana 🙂

Tinggalkan Balasan