Bolehkah Menginap di Bandara Juanda? Di Mana Lokasinya?




Menginap di Bandara Juanda - kumparan.com
Menginap di Bandara Juanda - kumparan.com

Saat melakukan perjalanan dengan naik moda transportasi udara memang banyak suka-dukanya. Terlepas dari perjalanan yang nyaman selama naik pesawat, nyatanya masih ada saja hal-hal kecil yang kadang membuat perjalanan Anda mungkin terasa sedikit melelahkan. Misalnya ketika harus terpaksa menunggu penerbangan yang delay karena kendala cuaca atau bahkan harus rela transit dan menunggu pesawat berikutnya yang ternyata berjarak hingga belasan jam lamanya.

Beberapa dari Anda mungkin akan merasa jenuh dan bingung mengisi jeda waktu yang terlalu panjang tersebut hingga ke penerbangan berikutnya. Jika kebetulan rentang jadwal berikutnya masih berada di siang atau sore hari tentu tak jadi masalah, sebab Anda masih bisa mengisi waktu luang entah dengan belanja atau berkeliling sebentar di beberapa tempat menarik. Lalu bagaimana jika ternyata Anda tiba di malam hari dan ternyata jadwal pesawat berikutnya masih esok pagi?

Beberapa traveler yang hendak melakukan penerbangan melalui Bandara Juanda Surabaya (SUB) mungkin ada yang bertanya-tanya, kira-kira bolehkah menginap di terbesar yang ada di wilayah timur Indonesia ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Tempat Menginap di Bandara

Jangan samakan Bandara Juanda dengan Changi International Airport atau Kuala Lumpur International Airport (KLIA) yang secara implisit ‘menyediakan’ spot-spot khusus yang bisa dimanfaatkan bagi para backpacker untuk sekadar istirahat atau bahkan tidur di dalam area bandara. Tentu Anda sudah sering mendengar pengalaman banyak traveler yang bisa dengan mudah memejamkan mata beberapa jam di Changi atau KLIA dengan nyaman.

Airy Syariah Bandara Juanda - www.traveloka.com
Airy Syariah Bandara Juanda – www.traveloka.com

Tapi tidak demikian halnya dengan Bandara Juanda. Bandara yang terletak di Kabupaten Sidoarjo ini biasanya hanya beroperasi pukul 05.00 WIB hingga jam 22.00 WIB karena sedang dalam proyek perbaikan overlay landasan pacu (runway). Namun pada momen-momen khusus, misalnya pelaksanaan penerbangan haji dan umrah atau ketika memasuki peak season seperti Hari Raya Idul Fitri, Bandara Juanda akan beroperasi 24 jam penuh selama beberapa waktu.

Lihat Juga:   Daftar Lokasi dan Tarif Penginapan Murah di Pontianak

Nah, karena Bandara Juanda tidak selalu beroperasi selama 24 jam, tentunya akan cukup sulit bagi Anda yang sedang menunggu jadwal boarding pesawat untuk menginap atau bermalam dalam area Bandara Juanda. Pasalnya memang tidak tersedia spot-spot khusus untuk sekadar merebahkan diri layaknya di Changi atau KLIA.

Namun beberapa backpacker atau penumpang yang pernah pengalaman menginap di Bandara Juanda mengungkapkan bahwa setidaknya ada beberapa titik yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat sejenak sembari menunggu jadwal penerbangan di Bandara Juanda. Beberapa tempat tersebut antara lain di kursi-kursi ruang tunggu yang terletak di depan terminal kedatangan atau di masjid yang letaknya berada persis di seberang Terminal Kedatangan 1B (berjarak 200 meter, lokasinya menyatu dengan area parkir).

Namun perlu diingat, tempat-tempat tersebut pada dasarnya tidak diperuntukkan bagi Anda yang hendak menginap. Jadi Anda harus siap-siap juga jika pihak penjaga atau security Bandara Juanda melakukan sidak atau bahkan ekstrem-nya meminta Anda untuk tidak tidur di area-area tersebut. Sebenarnya, tips aman agar Anda tidak sampai ‘terusir’ ketika tidur dalam bandara adalah dengan bersikap lebih tahu diri.

Jadi misalnya jika Anda ingin menumpang tidur di musala atau di masjid, pastikan Anda tidur dalam posisi yang sopan dan tidak sampai mengganggu atau menghabiskan tempat bagi orang-orang yang sejatinya hendak beribadah dalam mushola. Atau, jika situasi penerbangan di Bandara Juanda sedang padat, terutama saat memasuki masa penerbangan haji atau umrah, biasanya kesempatan untuk menumpang tidur di ruang tunggu akan lebih sulit.

Pasalnya terminal umrah dengan terminal penumpang umum sementara ini masih menjadi satu dan jumlah penumpang atau pengantar yang menggunakan ruang tunggu pun lebih banyak dari biasanya. Bahkan petugas Avsec (Aviation Security) biasanya akan menertibkan para pengguna jasa agar tidak meletakkan barang bawaan atau tasnya di kursi terpisah, supaya pengguna jasa lain tetap dapat memperoleh tempat duduk.

Lihat Juga:   Surabaya Suite Hotel, Hotel Bintang Empat di Pusat Kota Surabaya

Nah, bagi Anda yang ingin menginap atau jadwal tunggu penerbangan Anda masih lama, sebaiknya menginaplah di tempat yang telah disediakan, misalnya saja di Ibis Budget Surabaya Airport. Ibis Bandara ini lokasinya ada di dekat air mancur antara Terminal 1A dan 1B. Cukup dekat, Anda hanya perlu berjalan kaki saja.

Harga atau tarif kamar di Ibis Budget Surabaya Airport dibanderol mulai dari Rp 445 ribu hingga Rp 630 ribuan per malam. Ibis Budget Surabaya Airport menyediakan standar hotel bintang 3 seperti kopi/teh di lobi, kafe, lift, kamar, kamar mandi dalam, akses internet Wi-Fi di area umum, resepsionis 24 jam, jasa laundry, penitipan bagasi, spa, pijat, ruang TV, fasilitas rapat, hingga persewaan mobil.

Dekat Bandara Juanda

Selain Ibis Budget Surabaya Airport, sebenarnya masih banyak pilihan penginapan atau hotel lain yang lokasinya tidak terlalu jauh dari bandara, antara lain seperti Airy Syariah Bandara Juanda Pesawon Semampir 4 Sidoarjo yang berjarak sekitar 1,94 km dari Bandara Juanda.

Ibis Budget Surabaya Airport - www.booking.com
Ibis Budget Surabaya Airport – www..com

Penginapan ini menyediakan beberapa tipe kamar, antara lain Airy Room Standard Twin Room Only yang dibanderol cukup murah, Rp 172 ribuan per malam, Standard Twin Breakfast Rp 184 ribuan, Superior Double Room Only Rp 281 ribuan, hingga Superior Double Breakfast seharga Rp 287 ribuan per malam.

Lalu ada juga akomodasi lain seperti Penginapan Menara SS yang berjarak sekitar 2,04 km dari Bandara Juanda, Santo yang jaraknya sekitar 2,51 km, hingga New Cahaya Hotel Syariah, dan Mega Mulya Hotel Syariah.




Tentang Dian Kartika1077 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*