250 Anak Tangga Menuju Indahnya Puncak Gunung Bromo




tangga gunung bromo - wongshemiank.blogspot.com

Membahas pesona memang tidak ada habisnya. Meski sewaktu-waktu gunung berapi ini masih mengalami erupsi, nyatanya tetap banyak domestik maupun asing yang mengunjungi gunung dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut ini.

tangga gunung bromo - wongshemiank.blogspot.com
tangga gunung bromo – wongshemiank.blogspot.com

 

andalan Probolinggo ini meliputi 4 kawasan, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten , dan Kabupaten . Jika Anda kebetulan sedang berada di , sempatkanlah untuk mampir ke Gunung Bromo.

Gunung Bromo sendiri termasuk dalam kawasan Nasional Bromo Tengger Semeru. Sehingga tidak heran jika banyak agen yang menawarkan wisata Gunung Bromo lengkap dengan pendakian ke Gunung Semeru.

Untuk menuju ke Gunung Bromo, Anda akan melewati hamparan pasir yang sangat luas. Lalu jika Anda mengendarai mobil Jeep, akan ada pos pemberhentian terakhir di sana. Anda harus berjalan kaki untuk menuju ke puncak. Namun jangan khawatir, bagi yang tidak kuat berjalan kaki, di sana juga disediakan persewaan kuda oleh warga sekitar.

Jarak ke arah kaki Bromo sekitar 3 km. Jalan yang ditempuh cukup landai. Tak ayal jika banyak anak-anak yang juga sanggup menapakkan kaki di puncak Bromo.

Bila sudah sampai di badan gunung, jalan yang Anda lalui akan berubah menanjak dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Tak seperti saat mendaki Semeru, di Bromo sudah tersedia 250 anak tangga yang dapat dilalui para pengunjung untuk sampai ke puncak sang Brahma. Tangga di Gunung Bromo sendiri terbagi menjadi 2 jalur, yang satu untuk naik dan satunya untuk turun.

Sebenarnya tak butuh waktu lama untuk sampai ke puncaknya, kurang lebih 10 menit Anda bisa berada di puncak. Tetapi karena banyaknya pengunjung yang juga antre untuk menaiki tangga, maka waktu tempuh untuk sampai di puncak pun menjadi lebih lama. Walaupun untuk naik ke puncak Gunung Bromo tidak terlalu sulit dan hanya tinggal menaiki anak tangga, Anda tidak perlu memaksakan diri bila merasa kelelahan. Bila mulai merasa lelah, Anda bisa beristirahat sejenak lalu melanjutkan .

Di Gunung Bromo beredar sebuah mitos. Bila Anda naik tangga Gunung Bromo dengan pasangan dan menghitungnya mulai dari anak tangga pertama hingga anak tangga terakhir lalu hasil hitungannya sama, maka Anda dan pasangan akan berjodoh. Namun itu semua hanya mitos, Anda boleh percaya atau tidak.

Ketika sampai di puncak, Anda akan disuguhi pemandangan kawah Gunung Bromo yang masih aktif dan sesekali menyemburkan gas. Ingat, meski bibir kawahnya cukup luas, untuk melihat kawahnya jangan sampai melebihi batas yang telah ditetapkan ya! Jika Anda berangkat sebelum subuh, maka Anda akan dapat menikmati pemandangan sunrise yang sangat luar biasa.

Lihat Juga:   Tempat Favorit Berburu Oleh-Oleh di Bandung




Tentang Dian Kartika1038 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*