Wisata Komplet dan Asri, Ini Fasilitas & Harga Tiket Kampung Toga Sumedang




Jalan masuk menuju Kampung Toga Sumedang (sumber: kahijinews.com)
Jalan masuk menuju Kampung Toga Sumedang (sumber: kahijinews.com)

Jika mendengar nama Sumedang, pasti yang langsung terbersit di benak Anda adalah tahu-nya yang memiliki rasa yang khas dan bisa Anda beli di penjual keliling. Selain tahu, salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat tersebut juga memiliki segudang objek yang patut Anda kunjungi, salah satunya adalah Kampung Toga.

Lokasi Kampung Toga Sumedang

Kampung Toga beralamat di Jalan Makam Cut Nyak Dien, Puyuh, Desa Sukajaya, Sumedang. Tempat ini berada di atas lahan seluas 16,25 meter persegi dan berjarak sekitar 2 km ke arah selatan dari pusat kota. Letak Kampung Toga memang masih searah dengan kompleks pemakaman leluhur Sumedang, yakni Puyuh, yang salah satunya terdapat makam pahlawan nasional, Cut Nyak Dien.

Jika Anda ingin berkunjung ke ini, Anda bisa keluar tol Cileunyi, lalu ambil arah Jatinangor, kemudian ke Tanjungsari, lalu ke Cadas Pangeran, hingga bertemu bunderan Polres Sumedang. Sesampainya di titik ini, Anda bisa belok kanan menuju arah Kompleks Makam Gunung Puyuh, dan Anda akan melihat tulisan ‘Kampung Toga’ berukuran cukup besar yang terukir di depan batu-batu.

di Kampung Toga Sumedang

Sesuai namanya, pesona utama yang ditawarkan Kampung Toga adalah tanaman yang dapat dijadikan obat-obatan atau biasa disebut apotek hidup (tanaman obat keluarga), sehingga pengunjung dapat belajar tentang tumbuhan apa saja yang bisa dijadikan sebagai bahan obat. Berada di atas perbukitan, membuat tempat ini juga memiliki jangkauan pemandangan yang luas dan dapat melihat hamparan persawahan, sungai, dan perkebunan dengan panorama pedesaan yang masih sejuk dan asri.

Paralayang Kampung Toga, Sumedang (sumber: xplora.id)
Paralayang Kampung Toga, Sumedang (sumber: xplora.id)

Kampung Toga memang terdiri atas beberapa bukit yang tidak begitu tinggi. Struktur antara bukit dan kaki sangat memanjakan bagi mereka yang senang melakukan paralayang. Jika senja dan malam hari, panorama di tempat ini sangat menawan. Sepanjang mata memandang, terhampar persawahan, perbukitan, Gunung Tampomas, hingga kawasan perkotaan. Tinggal memilih dari sudut mana keindahannya ingin dipandang.

Apakah Kampung Toga Sumedang hanya memiliki tanaman obat? Tentu saja tidak. Di tempat ini juga telah disediakan berbagai fasilitas dan wahana permainan yang cocok bagi pengunjung dan rombongan keluarga. Fasilitas yang disediakan di Kampung Toga Sumedang antara lain sebagai berikut.

. Ada beberapa di tempat ini, yang dibangun dalam lahan bertrap-trap di tiap bukit. di tempat ini juga dibedakan untuk wisatawan anak-anak dan wisatawan dewasa, dengan harga tiket masuk cukup terjangkau. Kolam rekreasi memiliki papan seluncur sepanjang 160 meter dengan situasi luncuran dari Bukit Toga.

Tempat makan. Di sini, sudah tersedia beberapa dan restoran yang menyajikan aneka makanan dan minuman, umumnya khas Sunda, dan disajikan di saung lesehan dengan nuansa alam terbuka. Menu-menu yang ditawarkan antara lain nasi liwet komplet gurami bakar, nasi timbel komplet karedok dan balado terung, ayam goreng, tahu, tempe, sambal gepuk, lalap, sayur lodeh, ikan asin, bajigur, bandrek, cente manis, talam, bugis, lontong isi, lumpia, opak, keripik, acar nila, pepes tahu, dan lain-lain.

Ilustrasi: menu makan nasi liwet komplet (sumber: keepo.me)
Ilustrasi: menu makan nasi liwet komplet (sumber: keepo.me)

Tempat pemancingan. Bagi yang doyan memancing, bisa naik ke puncak bukit Kampung Toga dan memancing bersama keluarga di atas perahu. Danau buatan yang ada di tempat ini dikelilingi dengan kebun buah-buahan dan tentunya tanaman obat keluarga (toga).

Villa-villa yang bisa disewa dengan tarif sekitar Rp400 ribuan hingga jutaan pe malam (tergantung kapasitas dan fasilitas yang ditawarkan). Beberapa villa yang bisa disewa di tempat ini adalah Flamboyan, Bougenville, Rose, Sedap Malam, Kenanga, Ayudia I, Ayudia II, Ayudia III, Mangangeke, Merpati, Nuri, Jalak, Elang, Soenyi, Kenari, hingga Villa Kijang.

Selain fasilitas-fasilitas di atas, Kampung Toga Sumedang juga memiliki fasilitas outbound, antara lain olahraga dirgantara paralayang dan gantole. Sekadar informasi, selain terkenal dengan keindahan alamnya, tempat ini juga sering dijadikan lokasi atau venue untuk event olahraga paralayang, seperti dalam ajang PON XIX kemarin. Berada di ketinggian 650 meter di atas permukaan air laut, Bukit Kampung Toga juga biasa digunakan para pilot gantole untuk berlatih dan menambah jam terbang.

Untuk menikmati paralayang atau gantole, wisatawan perlu menyewa jasa dan instruktur terlatih yang telah tersedia. Namun, tidak setiap saat penyedia jasa paralayang dan gantole tersedia. Semuanya tergantung cuaca, angin, dan kondisi alam pendaratan. Pasalnya, angin yang tidak tepat justru akan membuat pendaratan di persawahan warga.

Harga Kampung Toga Sumedang

Panorama di atas bukit Kampung Toga, Sumedang (sumber: travelspromo.com)
Panorama di atas bukit Kampung Toga, Sumedang (sumber: travelspromo.com)
FasilitasHarga/Tarif (Rp)
Kolam Renang20.000 per orang
Wahana Paralayang 150.000 – 250.000
Restoran1.000.000
Booking Lesehan25.000 per jam
Booking Saung Kolam Renang250.000 per saung
Tarif Villa/Cottage (include breakfast, free ticket waterboom untuk 2 orang)400.000 – 4.300.000 per malam
Extra Bed100.000 (include breakfast)

Sayangnya, menurut situs resminya maupun sumber-sumber lain, tidak dikatakan berapa harga tiket masuk ke tempat ini. Meski demikian, pihak pengelola sudah menetapkan harga tiket masuk untuk fasilitas kolam renang, booking villa, hingga booking saung dan restoran. Jam operasional tempat ini yakni setiap hari 08.00 – 22.00 WIB.

Daftar harga atau tarif di atas kami rangkum dari situs resmi Kampung Toga Sumedang. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi nomor telepon (0261) 2200396, 0821 1975 1567, atau 0812 9323 1060. Selain itu, Anda juga menghubungi alamat email kampungtogasmd@gmail.com.

[Update: Ditta]

Lihat Juga:   Lumiere Guest House Malang, Tawarkan Tarif Murah dan Lokasi yang Strategis




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan