Punya View Kece, Ini Biaya Camping di Situ Cileunca




Camping Situ Cileunca - id.pinterest.com
Camping Situ Cileunca - id.pinterest.com

Camping memang tidak hanya bisa dilakukan di gunung. Jika Anda ingin merasakan sensasi berbeda, bisa sesekali berkemah di atau danau. Nah, apabila Anda kebetulan sedang liburan ke Bandung dan mencari spot kemping yang oke, salah satu rekomendasi yang menarik adalah Situ Cileunca. Dengan panorama yang masih asri, suasana yang sejuk, serta hamparan air danau yang jernih, Anda dijamin betah berlama-lama di ini dan lupa untuk pulang.

Seperti Bali dan Yogyakarta, Bandung seolah tidak pernah kehabisan daya tarik yang membuat wisatawan rela datang dari luar kota, bahkan luar negeri. Kota Kembang ini dikenal memiliki banyak ragam wisata, seperti wisata alam, wisata budaya, wisata belanja, hingga wisata kuliner. Bahkan, sebuah jajak pendapat independen yang sempat dilakukan CNN Indonesia secara online kepada turis Nusantara dan asing menempatkan Bandung sebagai salah satu destinasi liburan di Asia Tenggara, setelah Bangkok, Seoul, dan Mumbai.[1]

Khusus untuk kawasan Kabupaten Bandung, pemerintah setempat menawarkan setidaknya 19 objek wisata unggulan, yang sebagian besar berupa wisata alam.[2] Nama-nama yang sudah populer di kalangan wisatawan antara lain Kawah Putih yang terletak di Kecamatan Rancabali, Situ Patenggang, Ranca Upas, Cimanggu, serta Situ Cileunca yang memiliki luas sekitar 181 hektar.

Panorama Situ Cileunca

Nah, untuk nama yang terakhir, ini adalah kawasan wisata tepi danau, yang memiliki pemandangan alam yang indah, yang didukung dengan atraksi wisata berupa arung jeram, perahu dayung dan perahu mesin, serta sejumlah spot menarik seperti jembatan cinta, perkebunan buah, perkebunan teh, hingga camping ground.[3] Tempat ini sendiri dapat Anda temukan di Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, atau sekitar dua jam berkendara dari pusat Kota Kembang.

Lihat Juga:   Tiket Masuk, Panorama, dan Kegiatan di Wonder Hill Jojogan, Pangandaran
Camping Situ Cileunca - www.kaskus.co.id
Camping Situ Cileunca – www.kaskus.co.id

Dulunya, Situ Cileunca merupakan danau buatan yang dibangun Belanda pada 1926 untuk keperluan pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. Energi listrik yang dihasilkan PLTA tersebut digunakan untuk keperluan energi listrik pabrik teh dan sebagian keperluan energi listrik warga Kota Bandung pada zaman kolonial. Seiring berjalannya waktu, danau buatan ini bertransformasi menjadi objek wisata karena menyajikan panorama alam yang luar biasa indahnya.

Ada banyak wahana yang dapat Anda coba untuk merasakan sensasi berbeda dalam menikmati danau. Bagi Anda yang suka tantangan, Anda bisa bermain wahana arung jeram atau rafting. Selain itu, wisata alam Situ Cileunca juga menawarkan aktivitas seperti flying fox, Pangalengan tour, fun off-road, mountain biking, archery, hingga permainan paintball serta paket outbound fun gathering.

dan Camping Situ Cileunca

Sementara, untuk mereka yang cuma ingin menikmati suguhan alam Situ Cileunca dengan lebih lama, sudah disediakan area camping ground. Berkemah di pinggir danau tentu akan menjadi pengalaman yang tidak akan Anda lupakan. Pagi hari ketika bangun tidur, udara sejuk khas Pangalengan akan menyambut Anda. Sementara, malam jarinya, Anda bisa menyaksikan bintang berkelap-kelip di langit.

Untuk bisa berkemah di tempat ini, wisatawan akan dikenakan sekitar Rp215 ribuan per orang, minimal tiga orang. Membayar harga tersebut, pengunjung sudah mendapatkan fasilitas berupa dome tent, single mattress, pillow, blanket, dua kali makan (sarapan dan makan malam), satu kali coffee break, free flow tea, coffee, dan mineral water, api unggun, serta transportasi perahu ke tengah danau.

Lihat Juga:   Tempat Wisata Pantai Paling Diminati di Lumajang
Camping Situ Cileunca - sky-adventure.com
Camping Situ Cileunca – sky-adventure.com

Sementara, apabila ingin fasilitas yang lebih mewah, pihak pengelola telah menyediakan cottage, yang juga berada di tepi danau. Pelancong dapat menikmati sensasi menginap di Rumah Tradisional Lombok atau Klumpu Hut. Cottage berkapasitas lima orang ini terdiri dari dua lantai, yakni lantai bawah untuk ruang santai dan lantai atas untuk tidur. Dengan membayar Rp275 ribuan per orang, wisatawan akan mendapatkan fasilitas seperti single mattress, pillow, blanket, dua kali makan (breakfast dan dinner), sekali coffee break, free flow tea, coffee, dan air mineral, api unggun, dan boat transport.

Perlu dicatat bahwa harga atau tarif camping Situ Cileunca di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola. Jika kebetulan sedang weekend atau hari libur sekolah, biasanya biaya camping akan menjadi lebih mahal. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut atau hendak melakukan reservasi, bisa menghubungi nomor ponsel 0812 2323 7562 atau 0813 9441 2816.

[1] Triani, Ananda Risya, Andreas Rio Adriyanto, Deny Faedhurrahman. 2018. Media Promosi Bisnis Potensi Wisata Daerah Bandung dengan Aplikasi Virtual Reality. Jurnal Bahasa Rupa, Vol. 1(2): 136-146.

[2] Ibid.

[3] Halim, Salsabila Azka Nadya dan Jenny Ernawati. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Tarik Kawasan Situ Cileunca sebagai Kawasan Wisata. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya, Vol. 5(4).




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan