Tarif Hotel Podomoro Pekalongan, Penginapan Ramah Keluarga Dekat Museum Batik




Salah satu kamar di Hotel Rejo Podomoro, Pekalongan (sumber: yomaps.net)
Salah satu kamar di Hotel Rejo Podomoro, Pekalongan (sumber: yomaps.net)

Pekalongan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal sebagai destinasi wisata, apalagi daerah ini terkenal sebagai sentra batik dan memiliki potensi wisata Kampung Batik Pesindon, Kampung Batik Kauman, dan Museum Batik.[1] Nah, bagi Anda yang dari luar daerah dan penasaran dengan kualitas batik Pekalongan, tak ada salahnya untuk mampir ke salah satu tempat wisata tersebut dan menginap di akomodasi dengan fasilitas lengkap dan relatif seperti Hotel Podomoro (Hotel Rejo Podomoro).

Wisata Batik Dekat Hotel Podomoro

Hotel Podomoro atau yang lebih dikenal dengan nama Hotel Rejo Podomoro berlokasi di Jl. Mayjen S. Parman, Sawah, Siwalan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dan dekat dengan beberapa rumah batik terkenal. Dari penginapan menuju Kampung Batik Pesindon, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 12 menit berkendara.

Tak hanya Itu, Hotel Podomoro letaknya tidak jauh dari Kampung Batik Kauman. Dari penginapan menuju wisata kampung batik, Anda perlu menempuh perjalanan selama 13 menit menggunakan kendaraan bermotor. Nah, Kampung Batik Kauman dan Pesindon sendiri terbilang dekat, yakni hanya berselang lima menit berkendara.

Namun, jika Anda ingin mengetahui seluk beluk batik lebih detail sekaligus mengajak anak-anak untuk mengetahui sejarah batik, Anda bisa singgah ke Museum Batik. Dari Hotel Podomoro menuju museum, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 13 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Aktivitas di Kampung Batik Pekalongan (sumber: republika)
Aktivitas di Kampung Batik Pekalongan (sumber: republika)

Fasilitas Hotel Podomoro

Setelah Anda puas berwisata di sekitar Hotel Podomoro, saatnya Anda kembali ke tempat inap untuk bersantai dan menikmati semua fasilitasnya. Mengusung konsep hunian yang sederhana dan asri, hampir sebagian bangunan akomodasi dikelilingi taman dan pepohonan yang rindang.

Lihat Juga:   ‘Quality Hotel’, Hotel di Dalam Bandara Soekarno Hatta

Teras Hotel Podomoro terhubung dengan latar yang digunakan sebagai area parkir outdoor. Meskipun outdoor, tempat parkir ini selalu diawasi security, sehingga Anda tidak perlu khawatir. hotel yang berada di pinggir jalan juga mempermudah Anda memarkir kendaraan.

Memasuki Hotel Podomoro, Anda akan menemukan lobi yang cukup luas dengan dekorasi semi tradisional. Hampir seluruh perabotan di tempat inap ini terbuat dari kayu yang diukir. Tak hanya itu, meja di bagian resepsionis dilapisi dengan kain batik khas Pekalongan dengan pola dan gambar yang unik.

Bagian lobi Hotel Podomoro terbagi menjadi dua bagian, yakni ruang khusus untuk bersantai dan ruang tunggu. Bagi Anda yang datang sebelum waktunya check-in, Anda bisa menunggu di ruang tunggu. Khusus ruang bersantai, sudah dibekali dengan rak bacaan sebagai fasilitas hiburan.

Selain di lobi Hotel Podomoro, Anda bisa bersantai di area belakang akomodasi. Ini adalah taman yang cukup luas dengan pemandangan yang asri. Terdapat bangku-bangku kayu sebagai tempat duduk. Anda juga bisa minum teh atau hangat di area ini.

Hotel Rejo Podomoro, Pekalongan (sumber: polomap.com)
Hotel Rejo Podomoro, Pekalongan (sumber: polomap.com)

Jika Anda merasa lapar atau ingin camilan, sudah ada restoran di Hotel Podomoro. Tempat makan ini tidak terlalu besar, tetapi terbilang cukup nyaman untuk acara makan keluarga. Di setiap sudut area makan terdapat wastafel untuk cuci tangan. Menu yang ditawarkan kedai makan ini terbilang cukup lengkap, Anda bisa memesan aneka nasi dan lauk sesuai selera. Tak hanya itu, minum yang ditawarkan cukup beragam, mulai teh, kopi, hingga aneka soft drink.

Lihat Juga:   Menginap ‘Gratis’ Sambil Jadi Relawan di Omah Backpacker, Malang

Anda bisa memesan makanan untuk disantap langsung di atau disantap di kamar. Untuk makanan yang dibawa ke kamar, biasanya akan langsung dibawakan atau Anda bisa menunggu sebentar dan membawanya sendiri. Selain makanan berat, spot makan di Hotel Podomoro menawarkan aneka camilan dan gorengan.

Fasilitas lain yang ada di Hotel Podomoro adalah meeting room dan ruang serbaguna. Ini adalah ruangan yang disewakan untuk berbagai acara, termasuk rapat, acara gathering, diklat, dan workshop. Ruangan-ruangan ini sudah dibekali dengan set kursi dan meja kayu, serta sound system.

Sementara itu, kamar-kamar di Hotel Podomoro sudah dibekali dengan tempat tidur, lemari pakaian, set kursi dan meja santai, set meja rias, TV, AC/kipas angin, dan rak khusus untuk menjemur handuk. Ada juga kamar mandi dalam dengan shower dan kloset duduk. Beberapa kamar juga dilengkapi wastafel dan pemanas air.

Hotel Podomoro

Menurut review pelancong, harga sewa kamar di Hotel Podomoro untuk kamar ekonomi atau non-AC dipatok mulai Rp110 ribu per malam. Sementara itu, untuk kamar dengan AC dipatok mulai Rp150 ribu per malam.

Tentunya, biaya sewa kamar Hotel Podomoro tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan kebijakan pengelola. Anda bisa melakukan reservasi secara langsung di atau menghubungi pihak penginapan melalui di nomor 0815 2915 2328.

[1] Damayanti, Maya & Latifah. 2015. Strategi Kota Pekalongan dalam Pengembangan Wisata Kreatif Berbasis Batik. Jurnal Pengembangan Kota Universitas Diponegoro, Vol. 3(2): 1-8.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan