Sensasi Menginap di KLIA, Fasilitas Komplet & Low Budget

Concorde Inn Kuala Lumpur International - www.agoda.com

, selain sebagai penerbangan pesawat, ternyata juga kerap dapat dijadikan menginap. Kuala Lumpur International Airport atau KLIA misalnya, sering dijadikan tempat bermalam oleh wisatawan yang kebetulan harus menunggu jam penerbangan yang cukup lama, namun tidak memiliki bujet berlebih untuk tidur di .

Sekilas Tentang KLIA

Dikutip dari situs resminya, KLIA bisa dikatakan sebagai salah satu hub penerbangan utama di Asia dan merupakan tujuan tersendiri. Pelabuhan udara ini terletak di bagian atas koridor selatan Semenanjung , berbatasan dengan negara bagian Selangor dan Negeri Sembilan, tepatnya di distrik Sepang, sekitar 50 km dari ibukota , Kuala Lumpur.

Sri Packers Hotel KLIA - www.agoda.com

Sri Packers Hotel KLIA – www.agoda.com

KLIA sendiri adalah bandara unik yang menawarkan sesuatu untuk semua orang, baik untuk tujuan bisnis, hiburan, atau relaksasi. Bandara ini merupakan bagian dari Multimedia Super Corridor (MSC), dengan teknologi baru secara aktif dikejar. Dikelilingi oleh empat kota utama, Kuala Lumpur, Shah Alam, Seremban, dan Malaka, KLIA masih berusaha untuk menciptakan bandara yang nyaman dengan lingkungan yang tenang.

Bandara ini dirancang menggunakan ‘Airport in the Forest, Forest in the Airport’, yang dikelilingi oleh ruang hijau. Dengan kerjasama dari Forest Research Institute of Malaysia, seluruh bagian hutan hujan di-transplantasi-kan di Gedung Satelit. Desain bandara ini dibuat oleh seorang arsitek asal Jepang bernama Kisho Kurokawa.

Bandara ini didesain untuk menampung hingga 130 juta penumpang per tahun. Selain karena ukurannya, bandara ini didesain agar kepadatan penumpang menyebar ke seluruh penjuru bangunan, dengan tampilan menarik dan tanda-tanda yang disediakan dalam bahasa Melayu, bahasa Inggris, bahasa Tionghoa, bahasa Jepang, dan bahasa Arab. Bahkan, fasilitas untuk penyandang cacat pun telah sesuai dengan standar dunia.

Sejak diresmikan pada tahun 1998 silam, KLIA telah memenangkan banyak penghargaan dari organisasi internasional seperti Skytrax dan International Air Transport Association (IATA). Tercatat, bandara ini pernah terpilih sebagai Bandara Terbaik Dunia (kategori 15 juta sampai 25 juta penumpang per tahun) dalam penghargaan AETRA 2005, penghargaan ACI-ASQ 2006, dan penghargaan ACI-ASQ 2007. Selain itu, pada tahun 2012, KLIA dianugerahi status Platinum dalam sertifikasi global EarthCheck Benchmarked Airport.

Lihat Juga:   Harga Tiket di tempat wisata ‘Umbul Sidomukti’, Semarang – Update Desember 2015

Menginap di KLIA

Meski berstatus sebagai bandara mewah, namun KLIA ternyata juga cukup ramah bagi semua wisatawan, termasuk turis dengan bujet rendah dan backpacker. Bandara ini kerap dijadikan lokasi menginap oleh mereka yang sedang menunggu flight lanjutan. Karena itu, pemandangan backpacker yang tidur di beberapa sudut KLIA maupun KLIA 2 bukanlah hal yang aneh.

Jika dibandingkan KLIA, KLIA 2 memang lebih ramai dijadikan tempat bermalam. Di area lantai M2 misalnya, yang memiliki ruangan cukup luas, ada banyak kursi dan karpet yang bisa dijadikan tempat untuk ‘memanen’ mimpi. Untuk ke lantai M2 ini, setelah keluar dari terminal kedatangan, Anda bisa naik satu kali. Semakin larut menjelang pagi, spot itu semakin penuh diisi orang tidur.

Concorde Inn Kuala Lumpur International - www.agoda.com

Concorde Inn Kuala Lumpur International – www.agoda.com

Menghabiskan malam di KLIA 2 juga tidak akan membuat Anda bosan, apalagi mereka yang doyan berbelanja. Pasalnya, di pelabuhan udara tersebut, banyak toko yang masih beroperasi hingga pukul 11 malam atau 12 malam. Kalau Anda mau mencari barang diskon, Anda bisa menuju Mitsui Factory Outlet dengan menumpang shuttle bus yang telah disediakan di KLIA 2. Di toko tersebut, ada banyak brand terkenal seperti Adidas, Nike, Converse, Bonia, Timberland, dan lain-lain, yang konon harganya bisa jauh lebih dibandingkan outlet yang ada di mall.

Bermalam di KLIA juga tidak melulu harus dilakukan di kursi di ruang tunggu. Salah satu pelancong asal Indonesia bahkan pernah bermalam di outlet Burger King yang tersedia di bandara tersebut. Kala itu, dengan ‘bermodal’ satu paket burger plus french fires dan minuman, ia bisa menumpang tidur di sofa yang empuk, plus mendapatkan akses Wi-Fi unlimited secara gratis.

Lihat Juga:   Info Akomodasi Wisma Recommended di Bandung

Fasilitas di KLIA

Sebagai pelabuhan udara berkelas internasional, fasilitas yang ditawarkan di KLIA memang bisa dibilang cukup mewah. Di bandara ini, penumpang atau calon penumpang bisa mendapatkan akses Wi-Fi gratis. Ada dua jangkauan Wi-Fi yang bisa diakses, yaitu di kawasan pintu kedatangan dan keberangkatan. Calon pengguna hanya perlu melakukan register lewat ponsel dengan mengisi nama dan email. Akses Wi-Fi berlaku selama 24 jam sejak register dilakukan.

Jika Anda bingung mencari sesuatu, Anda pun bisa memanfaatkan touch screen yang menampilkan denah bandara secara digital. Melalui ini, penumpang bisa menemukan lokasi musala, toilet, hingga tempat makan. Untuk memudahkan pencarian, KLIA juga telah dilengkapi dengan papan petunjuk arah yang komplet.

Lalu, bagaimana dengan urusan perut? Tidak perlu khawatir, karena banyak tersedia outlet dan restoran di bandara ini. Di sudut lantai M2, merupakan tempat berkumpulnya para pedagang aneka makanan dan minuman, mirip food court. Di lantai 3, terdapat outlet seperti Warung Bumbu Desa, KFC, Marry Brown, dan lain-lain. Sementara, untuk camilan ‘bertahan hidup’, Anda bisa membelinya di minimarket seperti KK Mart yang berada di lantai M2 atau Jaya Grocer yang berlokasi di area gateway mall di dekat pintu exit bandara.

Tips Menginap di KLIA

Layaknya menginap di tempat umum, keamanan Anda dan barang-barang bawaan Anda adalah hal yang utama. Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan bantal leher untuk kenyamanan tidur dan selimut atau jaket karena AC di bandara cukup dingin. Tips lainnya, sediakan juga tisu untuk keperluan di kamar mandi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>