Rekomendasi Penginapan Dekat Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri

Hotel Sidodadi - aengaeng.com

Waduk Gajah Mungkur merupakan objek wisata unggulan Kabupaten yang bisa dikatakan sebagai salah satu bendungan terbesar di Asia Tenggara. Menjadi tempat rekreasi yang banyak dikunjungi wisatawan, baik turis lokal maupun pelancong luar daerah, di sekitar waduk tersebut telah tersedia beberapa penginapan yang bisa dijadikan tempat bermalam mereka yang datang dari luar kota atau luar daerah.

Bendungan ini sendiri berada sekitar 6 km di selatan pusat kota. Perairan danau buatan tersebut dibuat dengan membendung Sungai Bengawan Solo, sungai terpanjang di Pulau Jawa. Dinamakan Gajah Mungkur karena lokasinya memang tidak jauh dari Pegunungan Gajah Mungkur yang berada di sebelah barat waduk. Memiliki bangunan bendungan di Desa Pokohkidul, Kecamatan Wonogiri, luas daerah tangkapan waduk ini mencapai 1.350 km dengan luas genangan maksimum 8.800 hektar yang mencakup 7 kecamatan, yaitu Kecamatan Wonogiri, Ngadirojo, Nguntoronadi, Baturetno, Giriwoyo, Eromoko, dan Kecamatan Wuryantoro.

Meski memiliki fungsi utama sebagai perairan sawah, suplai air bersih, dan pembangkit tenaga listrik, Waduk Gajah Mungkur juga banyak dikunjungi oleh wisatawan. Merupakan tempat rekreasi yang indah, bendungan ini sudah didukung dengan seperti kapal boat untuk berkeliling, tempat memancing, olahraga layang gantung, serta taman rekreasi ‘Sendang’.

Seperti diutarakan di atas, di sekitar waduk tersebut, sudah tersedia beberapa akomodasi , yang umumnya merupakan kelas melati. Jika Anda sekarang sudah merencanakan perjalanan wisata ke tempat ini, berikut kami sajikan informasi beberapa penginapan yang berada tidak terlalu jauh dari Waduk Gajah Mungkur.

Hotel Sidodadi

Ini merupakan penginapan kelas melati yang berada cukup dekat dengan Waduk Gajah Mungkur. Hotel Sidodadi beralamat di Desa Kedung Areng, Sendang, Kecamatan Wonogiri. Akomodasi ini terletak di jalan menuju Waduk Gajah Mungkur dan juga jalan menuju ke Soko Gunung maupun Bukit Gantole. Karena lokasinya bertingkat, para tamu bisa melihat view Waduk Gajah Mungkur yang berada di bawahnya.

Lihat Juga:   Wisma Kemala, Penginapan dengan Fasilitas Komplit di Padang Barat

Memiliki bangunan dua lantai, Hotel Sidodadi sebenarnya termasuk penginapan yang cukup bersih untuk ukuran hotel kelas melati. Dengan mulai Rp90 ribuan sampai dengan Rp175 ribuan per malam, tamu sudah mendapatkan fasilitas seperti ranjang, mandi pribadi, plus kipas angin. Nah, jika Anda hendak ke Waduk Gajah Mungkur dan berminat singgah di tempat ini, bisa dilakukan melalui nomor (0273) 325415.

Hotel Sidodadi - aengaeng.com

Hotel Sidodadi – aengaeng.com

Hotel Puri Kamulyan

Ini juga merupakan salah satu alternatif bagi mereka yang mencari penginapan dekat dengan Waduk Gajah Mungkur. Hotel Puri Kamulyan beralamat di Jalan Raya Wonogiri-Praci KM 7, Bendorejo, Sendang, Wonogiri. Akomodasi ini berada kurang lebih 7 km ke arah selatan dari pusat kota dan terletak persis di depan Rumah Makan ‘Pak Glinding’.

Bangunan Hotel Puri Kamulyan terdiri dari dua lantai yang didominasi dengan warna cokelat di sekujur dindingnya. Sebagai tempat bermalam, akomodasi ini menyediakan banyak unit kamar dan telah didukung dengan fasilitas seperti AC, TV, ruang pertemuan, serta double bed. Dengan tarif kamar mulai Rp240 ribuan untuk Standard Twin, reservasi bisa dilakukan melalui nomor ponsel 0821 53908 5358 atau melalui salah satu situs booking online.

Hotel Puri Kamulyan

Hotel Puri Kamulyan

Hotel Watu Gede

Penginapan ini berlokasi di Jalan Raya Wonogiri No. 39, Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Jika Anda datang dari arah Waduk Gajah Mungkur, Anda bisa berjalan sekitar 100 meter ke arah selatan sampai menemukan warung ikan bakar ‘Moro Seneng’. Nah, posisi penginapan ini berada di sebelah kanan tempat makan tersebut.

Dinamakan ‘Watu Gede’ mungkin karena ada sebuah berukuran cukup besar di halaman penginapan tersebut. Memiliki akses mirip dengan pintu masuk ke objek wisata, Hotel Watu Gede menawarkan desain yang sederhana, dengan dominasi warna ungu di mayoritas ruangan. Untuk informasi tarif, fasilitas, dan reservasi kamar, Anda bisa menghubungi nomor telepon (0273) 323150.

Hotel Watu Gede - www.enjang.com

Hotel Watu Gede – www.enjang.com

Hotel Giri Asri

Akomodasi ini terletak di Jalan Wonogiri-Pracimantoro KM 7, Wonogiri. Hotel Giri Asri merupakan salah satu penginapan yang tepat jika Anda sedang berburu tempat bermalam yang berlokasi tidak terlalu jauh dari Waduk Gajah Mungkur dan objek wisata alam Asri Karamba. Pasalnya, kedua tempat wisata tersebut dapat ditempuh hanya dalam waktu lima sampai sepuluh menit berkendara.

Lihat Juga:   Info Lengkap Penginapan Dekat Kampus IPB Bogor

Merupakan penginapan kelas melati, Hotel Giri Asri menyediakan rumah satu dua lantai yang didominasi warna kuning. Tempat ini telah didukung dengan fasilitas ranjang, kipas angin atau AC, serta kamar mandi pribadi. Untuk pemesanan atau reservasi, Anda bisa datang langsung ke lokasi atau menghubungi nomor ponsel 0821 3773 1425.

Homestay Kampung Wayang

Akomodasi ini sebenarnya tidak berada di Wonogiri, melainkan di Solo, tepatnya di Jalan Bima 1 No. 16, RT 4 RW 1, Kepuhsari, Manyaran, Solo. Namun, Homestay Kampung Wayang merupakan salah satu penginapan yang berada cukup dekat dengan Waduk Gajah Mungkur, dengan jarak sekitar 5,1 km. Sementara, apabila wisatawan hendak ke Bandara Adisoemarmo, perlu menempuh perjalanan sejauh 38 km.

Memiliki bangunan dua lantai yang didominasi warna pink di bagian eksterior, Homestay Kampung Wayang bisa dikatakan sebagai akomodasi yang terjangkau. Pasalnya, dengan hanya membayar tarif sebesar Rp150 ribuan per malam untuk tipe Double Room, tamu sudah mendapatkan fasilitas ranjang yang nyaman, teras, lemari, kamar mandi plus shower, akses Wi-Fi, hingga kipas angin. Jika berminat, bisa langsung datang ke lokasi atau reservasi melalui situs booking online.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>