Perbedaan Kost Harian dengan Hotel, Mulai Fasilitas hingga Tarif Sewa




penginapan saat ini menjadi salah satu jasa yang sangat penting. Pasalnya, dengan makin tingginya tingkat kunjungan ke suatu daerah, entah itu untuk urusan pekerjaan, bisnis, pendidikan, maupun , maka kebutuhan akan tempat juga makin meningkat.penginapan-bagus

Sebenarnya, ada banyak tempat penginapan yang telah didirikan. Di antaranya guest house, , motel, hingga . Namun, ada juga jasa tempat penginapan minim bujet dengan “seadanya” yang biasa disebut kost harian.

Secara umum, kost harian hampir mirip dengan hotel. Selain sebagai tempat penginapan, kost harian dan hotel sama-sama menerapkan per malam. Namun dari sisi lain, banyak perbedaan signifikan antara kost harian dengan hotel. Apa saja perbedaannya? Berikut beberapa di antaranya.

Bangunan

Bangunan kost harian biasanya gabung (atau menjadi satu) dengan penyedia jasa (pemilik rumah). Dengan kata lain, pemilik rumah menyediakan kamar di rumahnya untuk disewakan. Meski begitu, ada beberapa kost harian yang menempati bangunan terpisah dengan pemilik kost (induk semang).

Sementara, hotel menempati bangunan yang memang ditujukan untuk tempat penginapan. Bangunan hotel biasanya terdiri dari beberapa lantai, ditata dengan teratur, dan menyediakan banyak kamar.

Fasilitas

Kost harian rata-rata menyediakan fasilitas standar, yang memang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pokok tamu. Fasilitas yang umum tersedia di kost harian antara lain tempat tidur, meja, lemari, air minum, dan kamar mandi. Selain itu, ada beberapa kost harian yang menyediakan fasilitas tambahan seperti layanan internet gratis, TV, ruang tamu, parkir, sarapan, dan dapur.

Sementara, fasilitas di hotel jauh lebih mewah dibandingkan kost harian. Di samping fasilitas pokok seperti tempat tidur, kamar mandi, dan lemari serta meja, hotel juga menyediakan fasilitas yang bertujuan untuk menghibur para tamu. Fasilitas mewah tersebut antara lain sarapan, TV kabel, AC, internet gratis, kolam renang, spa, pertunjukan, restoran, room service, hingga ruang pertemuan.

Staf

Lihat Juga:   Wahyoe Homestay Alun-Alun Batu, Akomodasi Nyaman dengan Pelayanan Ramah

Kost harian hampir tidak memiliki staf untuk melayani pemesanan kamar maupun layanan pengunjung. Biasanya, pemesanan kamar kost harian langsung menghubungi pemilik kamar kost harian yang bersangkutan.

Sementara, hotel memiliki staf yang bekerja secara profesional. Staf hotel berjumlah banyak dan dibagi menjadi beberapa departemen dengan tugas berbeda, seperti customer service, laundry, housekeeper, dan lain-lain.

Jumlah Tamu

Tamu di kost harian rata-rata maksimal satu orang per kamar. Namun, ada beberapa kost harian yang memperbolehkan satu kamar ditempati dua tamu (biasanya pasangan suami-istri) atau lebih (biasanya rombongan keluarga).

Sementara di hotel, tamu rata-rata dibatasi maksimal dua orang per kamar. Jika membawa sanak saudara lain, seperti anak, maka tamu diwajibkan menyewa extra bed, dengan tarif tersendiri di luar sewa kamar.

Tarif dan Pilihan Kamar

Lihat Juga:   Daftar dan Tarif Hotel di Mangga Dua, Jakarta

Tarif sewa kamar kost harian cenderung lebih murah dibanding hotel. Tarif sewa kamar kost harian paling rendah berada di kisaran Rp50 ribuan per malam. Selain itu, kost harian umumnya juga hanya menyediakan satu pilihan kamar.

Sementara, tarif sewa hotel jauh lebih mahal dibanding kost harian, mengingat fasilitas mewah yang diberikan. Namun, ada juga beberapa hotel yang menetapkan tarif lumayan terjangkau. Untuk kamarnya, hotel menyediakan beberapa pilihan. Pilihan kamar yang lazim di hotel adalah standard room, deluxe room, dan exclusive room.

Check-in dan Check-out

Kost harian tidak menerapkan batas waktu untuk seseorang melakukan check-in maupun check-out. Selama masih ada kamar kosong, kost harian bisa dipesan dan ditempati kapan saja, baik pagi, siang, sore, maupun malam. Durasi menginap biasanya dihitung sejak kamar tersebut ditempati, hingga 24 jam setelahnya.

Sementara, hotel menerapkan jam khusus untuk check-in dan check-out. Rata-rata, check-in di hotel pada pukul 14.00 WIB, sedangkan waktu check-out adalah pukul 12.00 WIB. Jika melebihi batas check-out, maka dihitung menyewa untuk satu hari berikutnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*