Pantai Pringjono, Spot Wisata Tersembunyi & Tenang di Gunung Kidul

Pantai Pringjono - @infojogja

Ada banyak pantai yang bisa dikunjungi ketika Anda berwisata ke kawasan Gunung Kidul, . Pantai Baron, Pantai Pok Tunggal, Pantai Drini, Pantai Jogan, dan Pantai Nglombar adalah beberapa nama yang populer. Namun, jika Anda menginginkan pantai dengan suasana yang tenang dan anti-mainstream, mungkin Pantai Pringjono bisa menjadi tempat yang keren.

Pantai Pringjono

Pantai Pringjono berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini sendiri merupakan pantai kecil yang terletak tidak jauh dari beberapa pantai lain yang sudah terlebih dulu populer, seperti Pantai Nampu di Wonogiri dan Pantai Nguyahan di Gunung Kidul. Namun, karena letaknya yang tersembunyi, masih jarang yang berkunjung ke tempat ini.

Pantai Pringjono - @WonogiriExplore

Pantai Pringjono – @WonogiriExplore

Sebenarnya, rute menuju pantai ini cukup mudah. Dari pusat Yogyakarta, Anda bisa ke Jalan Wonosari, lalu Bukit Bintang, ambil lurus di perempatan Patuk, rest area dan Hutan Bunder, lalu ambil kanan di pertigaan Bandara Gading (jalan ke Pantai Ngobaran). Kemudian, ambil kanan di pertigaan Pasar Playen, ikuti jalan tersebut sampai melewati hutan suaka margasatwa Paliyan dan ikuti petunjuk arah ke Pantai Ngobaran.

Setibanya di Pantai Ngobaran atau Pantai Nguyahan, siapkan perbekalan secukupnya. Pasalnya, dari titik ini, Anda harus melakukan trekking atau berjalan kaki menuju Pantai Pringjono. Dari bukit barat Pantai Nguyahan, terdapat jalan setapak menuju arah selatan, ikuti saja jalan tersebut yang nantinya akan membawa Anda menaiki bukit barat Pantai Nguyahan. Setelah di atas bukit, Anda akan menjumpai jalan setapak yang ditumpuk bebatuan, ikuti jalan tersebut sampai bertemu jalan rambatan kecil menuju ke bawah arah laut. Setelah sekitar 20 menit berjalan kaki, Anda akan sampai di Pantai Pringjono.

Pesona Pantai Pringjono

Usaha Anda berjalan kaki menuju pantai ini akan terbayar lunas dengan pesona alam yang disuguhkan. Pantai Pringjono merupakan pantai yang tergolong sepi, hanya suara deburan ombak laut selatan dan suara dedaunan yang diembus angin yang bisa Anda dengarkan. Ketika Anda menyusuri pantai ini, karakter pantai mirip dengan pantai lain di Gunung Kidul, memiliki pasir putih dan menampilkan biota laut seperti ikan kecil yang hidup di sela-sela terumbu karang ketika air laut sedang surut.

Lihat Juga:   Villa Kencana Apel D5, Akomodasi Mewah Tarif Rp2 Jutaan Dekat Jatim Park

Keunikan pantai ini adalah memiliki banyak batu karang berukuran besar yang ‘berserakan’ di sisi timur, yang sepertinya merupakan hasil patahan dari bukit tinggi yang berada di belakangnya. Selain itu, terdapat juga pohon kreben, salah satu pohon yang memiliki bunga dan buah yang unik serta menjadi pohon khas daerah Yogyakarta yang bisa Anda jumpai di halaman Keraton Jogja. Sementara, di sisi barat, terdapat batu-batu besar berbentuk agak bulat yang berserakan begitu saja.

Dengan atmosfer yang tenang, Pantai Pringjono memang cocok bagi mereka yang membutuhkan suasana sepi untuk bersantai, menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan. Di samping itu, pantai ini juga cocok untuk mereka yang ingin mengabadikan momen sambil berfoto, karena banyak spot foto keren yang bisa dijadikan lokasi ‘pamer diri’ di media sosial nantinya.

Fasilitas di Pantai Pringjono

Karena merupakan pantai yang berlokasi tersembunyi dan jarang didatangi, Pantai Pringjono memang belum memiliki fasilitas yang memadai, termasuk warung-warung makanan. Karena itu, untuk Anda yang berencana di pantai ini, disarankan agar menyiapkan perbekalan yang cukup, terlebih ketika Anda hendak menjadikan Pantai Pringjono sebagai lokasi berkemah atau camping.

Pantai Pringjono - @infojogja

Pantai Pringjono – @infojogja

Penginapan Dekat Pantai Pringjono

Lalu, bagaimana dengan tempat menginap? Di Pantai Pringjono, hingga tulisan ini diterbitkan, Anda tidak akan menemukan akomodasi atau tempat bermalam. Meski demikian, karena berjarak cukup dekat dengan Pantai Ngobaran, Anda bisa berburu penginapan yang berlokasi tidak jauh dari pantai tersebut.

Lihat Juga:   Daftar Hotel Murah & Layak Inap Di Kawasan Geylang, Singapura

Disaring dari berbagai sumber, ada beberapa penginapan yang berada tidak terlalu jauh dari Pantai Ngobaran. Winahyu Resort misalnya, yang berlokasi kawasan Pantai Kukup, Wonosari, Gunung Kidul, atau berselang 5 km dari Pantai Ngobaran. Penginapan ini sendiri menyediakan beragam tipe yang layak, mulai Value Room, Eco Room, Smart Room, hingga Cottage.

Untuk tipe Value Room, disewakan dengan mulai Rp185 ribuan per malam maksimal 2 orang tamu, kamar Eco Room dan Smart Room masing-masing juga berkisar Rp185 ribuan per malam untuk 2 orang tamu, biaya sewa 1 Bedroom Cottage mulai Rp460 ribuan per malam, dan biaya sewa 2 Bedroom Cottage Rp518 ribuan per malam. Jika berminat, reservasi bisa dilakukan melalui beberapa situs online tau menghubungi nomor ponsel 0852 9206 6605.

Alternatif penginapan lainnya adalah Kampoeng Baron yang berada di Jalan Baron KM 21, Tanjungsari, Gunung Kidul, atau berjarak sekitar 5,58 km dari Pantai Ngobaran. Tarif Cottage atau Standard Double di tempat ini mulai Rp600 ribuan per malam, tarif Suite Room berkisar Rp750 ribuan per malam, biaya sewa Villa Omas mulai Rp1,4 jutaan per malam, sedangkan biaya sewa Villa Ombo mulai Rp1,8 jutaan per malam.

Dengan membayar tarif tersebut, para tamu sudah mendapatkan fasilitas seperti kamar, meja depan 24 jam, area parkir yang luas, coffee shop, restoran, smoking area, TV, kamar mandi pribadi plus shower, meja kerja, AC, hingga smoking area. Jika berminat, pemesanan kamar bisa dilakukan langsung di lokasi, menghubungi nomor ponsel 0813 9271 8897, atau via beberapa situs booking online.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>