Pantai Balekambang Malang, Pesonanya Tak Lekang Dimakan Waktu




Pura di Pantai Balekambang
Pura di Pantai Balekambang

Balekambang, yang berada di Kabupaten ini sudah kondang di telinga para pelancong seluruh Indonesia. Bagaimana tidak, keindahan pasirnya yang putih dan airnya yang biru, ditambah lagi pura yang berdiri kokoh di sebuah karang mampu menarik siapa saja untuk berkali-kali berkunjung ke ini.

Pantai Balekambang terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, , atau berada sekitar 60 km di sebelah selatan Kota Malang. Akses menuju pantai ini cukup memadai dengan jalanan aspal yang mulus.

Lautan yang terlihat berwarna biru nan cantik, deburan ombak, serta panorama khas pantai langsung menyambut Anda ketika sudah dekat dengan Pantai Balekambang. Bisa dibilang kalau suasana di sekitar pantai ini cukup tenang dengan kondisi kebersihan pantai yang terjaga dengan baik. Saat mata memandang lautan luas, di sana terlihat beberapa pulau yang menjadi ciri khas Pantai Balekambang, seperti Pulau Wisanggeni, Pulau Anoman, dan Pulau Ismoyo. Masing-masing pulau tersebut dihubungkan dengan jembatan.

Pura Amarta Jati
Pura Amarta Jati

Di Pulau Ismoyo, Anda akan menyaksikan kemegahan Pura Amarta Jati yang menjadi landmark pantai ini. Sekilas, pura ini mirip pura Tanah Lot di Bali. Pura ini masih sering dipakai untuk upacara peribadatan umat Hindu (Jalanidhipuja), yang juga disebut dengan labuhan. Ketika upacara berlangsung, biasanya jumlah pengunjung akan semakin banyak, karena upacara tersebut adalah salah satu atraksi utama di pantai ini.

Bentang Balekambang

Pantai Balekambang memiliki garis pantai yang panjang, membentang sepanjang 2 km. Garis pantai yang panjang tersebut dipadu dengan gugusan terumbu karang yang luas dengan lebar 200 m dari bibir pantai. Apabila pantai sedang surut, Anda dapat melihat beberapa jenis ikan kecil yang terjebak dalam cekungan karang.

Lihat Juga:   Turtle Beach Hotel, Penginapan Nyaman di Pantai Ujung Genteng - Sukabumi

Ombak-ombak besar yang berderu di sepanjang pantai merupakan ciri khas pantai ini. Hal tersebut wajar karena pantai ini langsung menghadap langsung ke Samudera Indonesia. Karena itu, apabila berkunjung ke pantai ini, Anda tidak disarankan untuk berenang. Tetapi, jika tetap ingin berenang, wisatawan bisa menuju ke cekungan dekat Pulau Wisanggeni yang berbentuk sepeti laguna. Airnya yang tenang dan bersih membuat tempat tersebut cukup menyenangkan digunakan untuk berenang.

Sementara, di ujung barat dan timur pantai ini, terdapat banyak pohon bakau yang tumbuh di aliran sungai. Uniknya, sungai yang berada di sebelah timur airnya tak bisa mengalir langsung ke laut karena terhalang pasir pantai, dan fenomena ini biasa disebut sebagai gosong pasir.

Fasilitas di Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan pantai pertama yang dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Malang sebagai objek wisata, sehingga fasilitas yang disediakan di pantai ini cukup lengkap. Di pantai tersebut, sudah tersedia banyak warung-warung penjual makanan dan souvenir. Di sana, Anda bisa mendapatkan banyak pilihan oleh-oleh khas Balekambang seperti baju, tas, maupun kudapan. Salah satu yang cukup lengkap dalam menyediakan oleh-oleh khas Balekambang dan sekitarnya adalah Toko Tri Garuda. Toko ini menjual berbagai macam oleh-oleh hasil kreasi UMKM di Kabupaten Malang.

Apabila Anda ingin menginap, di pantai ini juga sudah tersedia beberapa penginapan yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bersinggah. Selain itu, fasilitas lain seperti arena bermain anak, flying fox, dan toilet juga sudah tersedia di pantai ini.

Untuk menikmati segala fasilitas tersebut, wisatawan akan dikenakan masuk sebesar Rp10.000 per orang. Apabila Anda membawa sepeda motor, Anda akan dikenakan tambahan sebesar Rp5.000, sedangkan untuk mobil tambahannya sebesar Rp10.000.

Lihat Juga:   Info Penginapan di Sekitar Kawasan Condet, Jakarta Timur

Akses Menuju Pantai

Bagi wisatawan yang hendak pergi ke Pantai Balekambang, tak perlu merasa khawatir soal transportasi. Ada banyak sekali pilihan moda transportasi yang bisa dipilih untuk menuju ke pantai ini. Akses jalan yang sudah bagus dan beraspal membuat wisatawan bisa dengan nyaman pergi menggunakan kendaraan pribadi, bus, , dan bahkan menyewa kendaraan umum dari kota Malang.

Pantai Balekambang
Pantai Balekambang

Bila wisatawan ingin benar-benar merasakan esensi petualangan, naik kendaraan umum menuju Pantai Balekambang patut dicoba. Rutenya adalah dari Terminal Arjosari, Malang, naiklah angkutan kota jurusan Terminal Gadang dan dilanjutkan dengan naik angkutan kota jurusan Bantur. Sesampai di Bantur, wisatawan bisa menggunakan jasa ojek untuk meneruskan menuju Pantai Balekambang.

Sementara, jika hendak pergi berwisata ke Pantai Balekambang bersama rombongan keluarga besar atau teman, ada baiknya wisatawan membawa kendaraan pribadi demi kenyamanan selama perjalanan. Jika melewati rute Bululawang, dari Malang, ambil arah menuju Gadang dan Kendalpayak dan diteruskan menuju ke Desa Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, dan Srigonco, sebelum mencapai Pantai Balekambang.

Saat di perjalanan menuju area objek wisata ini, wisatawan akan dimanjakan dengan hamparan hutan tropis dan hutan jati yang semakin rapat saat mulai memasuki wilayah Bantur. Ruas jalan menuju pantai ini memang sudah beraspal mulus, namun ada beberapa titik yang jalannya agak sempit dengan tikungan tajam. Hal ini membuat wisatawan harus lebih waspada bila naik kendaraan pribadi. Selain itu, di sepanjang jalan menuju Pantai Balekambang, ada banyak petunjuk jalan yang bertebaran, jadi wisatawan tak perlu merasa takut akan tersesat.




Tentang M. Nur Fahmi876 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*