Bukit Wairinding, Kepingan Surga di Sumba yang Bikin Merinding




Bukit Wairinding - www.indonesiakaya.com
Bukit Wairinding - www.indonesiakaya.com

Kalau Anda dilahirkan dan tumbuh besar di Indonesia, Anda patut bersyukur. Pasalnya, Nusantara tidak pernah habis sumber daya dan keindahan , mulai Sabang di barat hingga Merauke di ujung timur. Nah, salah satu daerah yang punya pesona menakjubkan adalah Sumba bagian timur, karena punya topografi yang didominasi pegunungan dan perbukitan kapur, Bukit Wairinding misalnya.

Sumba, atau Sumba, adalah kawasan yang secara administratif berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Punya luas sekitar 10,71 km persegi, puncak tertinggi di ini adalah Wanggameti. Di sebelah barat, Sumba berbatasan dengan Sumbawa, kemudian Flores di timur laut, Timor di sisi timur, dan Australia di selatan dan tenggara. 

Dengan pesona alam yang tiada tara, Sumba menawarkan destinasi liburan yang kece dan pas dijadikan lokasi refreshing. Salah satu yang tengah menjadi hits adalah Air Terjun Wai Marang, yang konon ditemukan secara tidak sengaja oleh bocah yang kala itu berusia 13 tahun. Perjalanan yang melelahkan akan terbayar tuntas ketika sampai di lokasi air terjun, berkat air yang jernih, kolam tempat basah-basahan, serta dinding di sekeliling yang tampak unik.

Kemudian, ada juga Danau Weekuri, yang cukup sering diperbincangkan di media sosial. Keunikan danau ini adalah punya kadar garam yang tergolong tinggi, sehingga bisa membuat mengapung saat mandi di dalam danau tersebut. Pasir putih membentang indah di tepian danau, mengelilingi air yang selalu biru meski cuaca sedang mendung.

Rekomendasi spot liburan lainnya di Sumba adalah Puru Kembara, sebuah sekitar 25 km dari Waingapu, yang punya nuansa yang elok, dengan deretan pohon cemara berbaris rapi seolah sengaja ditata. Cemara-cemara tersebut, yang berusia satu hingga 20 tahun, membentang sepanjang bibir , sekitar 10 km, dengan lebar ke darat hanya sekitar 50 meter.

Lokasi Bukit Wairinding 

Tempat rekreasi lainnya yang wajib didatangi ketika kebetulan sedang ke Sumba adalah Bukit Wairinding, yang diklaim sebagai bukit terindah di Pulau Sumba. Terletak di Sumba bagian timur, sekitar 25 km dari Kota Waingapu, ibukota Sumba, bukit ini sempat dijadikan syuting video klip lagu ‘Man Upon The Hill’ dari Stars And Rabbit, salah satu band folk dalam negeri.

Bukit Wairinding - www.hipwee.com
Bukit Wairinding – www.hipwee.com

Menuju Bukit Wairinding bisa dilakukan dengan mengendarai sepeda motor atau menyewa mobil sebab transportasi umum di Sumba Timur masih tergolong sulit. Dari Kota Waingapu menuju Bukit Wairinding, dengan menggunakan rute arah Sumba Barat melewati jalan menanjak. Setelah Anda menjumpai dua danau di sisi kiri jalan, kemudian jalan akan menikung tajam serta terdapat rumah atau warung berwarna biru di sebelah kanan jalan. Itulah patokan Bukit Warinding.

Kondisi jalan menuju lokasi Wairinding sangatlah bagus, sudah beraspal halus, meskipun jalannya berkelok-kelok. Anda akan melewati Jalan Trans Sumba Waingapu-Waikabubak yang dikenal dengan “Letter S” karena punya topografi yang berkelok-kelok. Untuk bisa mencapai bukit ini, Anda perlu waktu sekitar 30 menit sampai 45 menit berkendara.

Pesona Bukit Wairinding 

Bukit Wairinding sering disebut bermuka dua, karena penampilannya akan sangat berbeda jika dikunjungi saat musim penghujan dan musim kemarau. Jika pengunjung datang di musim kemarau, yakni antara Juli hingga Oktober. maka suasana alam di sana akan terasa seperti berada di Afrika, lengkap dengan padang savana yang eksotik. Sementara, bila turis datang di musim penghujan, suasana layaknya di perbukitan New Zealand akan Anda rasakan setibanya di bukit ini. Bentuk lanskap bukit yang begitu cantik, membuat siapa pun yang datang akan terpesona pada pandangan pertama.

Selain lanskap yang eksotis, keindahan bukit ini pun terasa lengkap dengan adanya sekumpulan anak-anak lokal di Wairinding yang hampir setiap harinya terlihat bermain di sekitar area perbukitan. Mereka pun akan senantiasa menemani setiap pengunjung yang datang ke bukit ini dengan antusias. Senyuman di wajah mereka yang sangat khas dan tulus akan meninggalkan kesan mendalam di benak para pengunjung, dan pasti akan sulit terlupakan.

Bukit Wairinding juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati senja yang mengantarkan matahari pulang ke peraduan. Sang surya tampak dengan indahnya, didampingi perbukitan dan warna oranye di langit-langit yang mencuri atensi. Ketika mata Anda tertuju pada ke indahnya pemandangan itu, Anda seketika dibuat merinding karena pesonanya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut, karena ini merupakan tempat dengan spot foto terbaik.

Harga Tiket Bukit Wairinding

Lalu, berapa yang perlu dibayarkan untuk bisa masuk dan menikmati panorama Bukit Wairinding? Dengan segala pesona yang ditawarkan, meski yang masih minim, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk alias gratis saat ingin berwisata ke tempat ini. Namun, diharapkan untuk mengisi buku tamu serta membayar uang seikhlasnya untuk kesejahteraan masyarakat setempat.

Villa Amidala Penginapan Dekat Bukit Wairinding - www.booking.com
Amidala Penginapan Dekat Bukit Wairinding – www..com

Dekat Bukit Wairinding

Jika Anda kebetulan datang dari luar kota atau luar pulau dan membutuhkan tempat bermalam, di sekitar Bukit Wairinding memang belum dibangun penginapan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masih bisa menemukan akomodasi di Kota Waingapu, lokasi terdekat dengan bukit berselang sekitar 30 menit berkendara.

Beberapa yang punya jarak paling dekat adalah Villa Amidala, yang berada di Jalan Perumnas, Kanatang, Sumba Timur. Berlokasi sekitar 15 km dari Bukit Wairinding, tempat ini menawarkan villa 3 tidur dengan tarif mulai Rp4 jutaan per malam, sudah termasuk private pool, sarapan cuma-cuma, minibar, mandi pribadi, hingga shower.

Alternatif lainnya adalah Ara Ifada Villa, yang berjarak sekitar 15,5 km dari Bukit Wairinding. Tempat ini setidaknya menawarkan dua tipe kamar, yakni Cemara dan Mahoni, dengan tarif rata-rata Rp425 ribuan per malam. Untuk Anda yang ingin menginap di hotel, ada Jemmy Hotel yang berjarak sekitar 17 km dari Bukit Wairinding, dengan tarif mulai Rp200 ribuan per malam.

Lihat Juga:   Update Harga Paket Wisata dan Penginapan di Grafika Cikole, Lembang




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan