Lokasi Tidur dan Menginap di Bandara Changi, Singapura (Gratis & Berbayar)

Snooze Lounge Singapore - trevallog.com

Changi International Airport, atau Internasional Changi, merupakan salah satu pelabuhan udara yang cukup populer tidak hanya di kawasan Asia, melainkan juga di dunia. Tak cuma dibekali dengan yang mumpuni, yang berlokasi di ini juga sempat dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia untuk menginap dan tidur.

Dilansir dari Wikipedia, Bandara Internasional Changi, seperti namanya, berlokasi di daerah Changi, bagian ujung timur Pulau Singapura. Diklaim sebagai salah satu fasilitas penerbangan terbaik di Asia dan dunia, bandara ini dikelola oleh Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) dan menjadi atau pangkalan maskapai Singapore Airlines, SilkAir, Valuaair, dan Tiger Airways.

Dibuka pertama kali pada tanggal 29 Desember 1981 silam, pembangunan bandara ini bermula dari kepadatan Pangkalan Udara Paya Lebar yang merupakan bandara ketiga di Singapura setelah Bandara Kallang dan Bandara Seletar. Lokasi di ujung pulau dipilih karena perluasan nantinya bisa dilakukan dengan reklamasi dan pesawat terbang pun akan melewati atas laut sehingga mengurangi kebisingan.

Memasuki milenium ketiga, bandara ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada tahun 2005, Bandara Changi dapat menampung hingga 32,43 juta penumpang, yang naik 7 persen dari tahun sebelumnya, sekaligus menjadi bandara tersibuk ke-26 di dunia dan ke-6 di Asia. Dana sebesar 1,75 miliar dolar AS dikeluarkan untuk pembangunan Terminal 3, sedangkan dana sebesar 240 juta dolar AS digunakan untuk merenovasi Terminal 1 dan Terminal 2.

Snooze Lounge Singapore - trevallog.com

Snooze Lounge Singapore – trevallog.com

Meski sudah berumur cukup tua, namun bangunan Bandara Changi tetap dirawat dengan baik. Hal itu lantas membuat pelabuhan udara ini meraih berbagai penghargaan. Pada tahun 2006 lalu misalnya, bandara ini dinobatkan sebagai Airport of The Year 2006 oleh Skytrax, sekaligus mengalahkan Bandara Internasional Hong Kong yang sebelumnya memenangi gelar ini dalam lima tahun beruntun.

Lihat Juga:   Villa Semeru, Akomodasi Lapang & Kapasitas Besar di Pusat Kota Batu

Dikutip dari situs resminya, sebagai bandara berkelas dunia, fasilitas yang terdapat di tempat ini pun terbilang mentereng. Untuk calon penumpang yang membawa anak-anak, bisa mengajak buah hati mereka ke playground yang terletak di area Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, dan Terminal 4. Berada di dalam ruangan dan jauh dari sengatan panas matahari, taman bermain ini dilengkapi dengan AC dan berbagai permainan yang seru.

Jika Anda memiliki waktu lebih di Bandara Changi, tidak perlu khawatir kekurangan hiburan. Pasalnya, bandara ini telah menyiapkan bioskop yang berlokasi di Terminal 2 dan Terminal 3. Menyuguhkan film-film berkualitas dari berbagai genre, fasilitas bioskop ini merupakan tempat terbaik menghabiskan waktu Anda transit, beroperasi selama 24 jam, dan tidak dikenakan alias gratis.

Sementara, bagi mereka yang membutuhkan terkini dan tidak ingin kesulitan berkomunikasi dengan atau kerabat, Bandara Changi juga telah menyediakan jaringan Wi-Fi yang bisa diakses secara gratis. Penumpang cukup memilih #WiFi@Changi, lalu buka browser, dan pilih ‘3 Hours Free Wi-Fi access’ atau ’24 Hours Free Wi-Fi access’. Selanjutnya, masukkan password yang diperoleh dengan cara memasukkan nomor ponsel dalam halaman Wi-Fi login.

Fasilitas lainnya yang bisa dinikmati secara gratis adalah booth , ATM, area merokok, dek hiburan, floral inspiration, galeri penerbangan Changi, ground transport desks, GST refund, heritage façade, ruang ibadah, ruang perawatan bayi, seni interaktif, hingga klinik dan apotek. Sementara, fasilitas yang membutuhkan biaya antara lain lounge, transit, hingga supermarket.

Area Menginap di Bandara Changi

Seperti diuraikan di atas, Bandara Changi sempat dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia untuk menginap dan tidur. Lokasi bermalam yang nyaman dan tenang bisa Anda temukan di area Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, hingga Terminal 4. Anda pun bisa memilih tempat untuk beristirahat, apakah secara gratis ataukah berbayar.

Sanctuary Lounge Singapore - www.mynewsdesk.com

Sanctuary Lounge Singapore – www.mynewsdesk.com

Dikutip dari situs resminya, untuk area istirahat yang bebas digunakan tanpa harus membayar sepeser pun, bisa Anda temukan di Terminal 1, yaitu di Snooze Lounge, Transit East Level 3, dan Transit Area, sedangkan tempat tidur gratis di kawasan Terminal 2 berada di Sanctuary Lounge, Transit North Pier, Opp E5, Oasis Lounge, Transit North Pier, dan Opp E11. Sementara, di Terminal 3, ada Snooze Lounge, Transit North Mezzanine dekat Singapore Food Street, sedangkan di Terminal 4 ada di Departure Transit Level 2M.

Lihat Juga:   Wisma Kepodang Kaliurang, Tempat Favorit Untuk Kumpul dan Training

Jika Anda memiliki bujet berlebih, ada sejumlah lounge berbayar yang bisa Anda jadikan tempat menginap. Lounge-lounge ini menawarkan fasilitas dan layanan berkelas internasional. Selain itu, para tamu dapat menikmati pilihan-pilihan lezat yang terdiri dari beberapa menu andalan, seperti Laksa Singapura dan Chicken Rice, atau bersantai di pribadi dan nikmati mandi yang menyegarkan dengan fasilitas lengkap. Temukan lounge ini Terminal 1 (Plaza Premium Lounge dan Level 3 Departure Transit Lounge di atas Gate C-1), Terminal 2 (Level 3, Departure Transit Lounge/di atas Taman Anggrek), dan Terminal 3 (Level 3, Departure Transit Lounge di sebelah bioskop).

Sementara, bagi mereka yang kelelahan setelah menjalani penerbangan yang panjang, Bandara Changi menawarkan hotel transit sebagai solusi. Penumpang dapat memesan kamar yang nyaman tanpa harus mengantre di imigrasi hotel transit yang terletak di seberang ketiga terminal di bandara ini. Temukan hotel transit di Terminal 1 (Aerotel Airport Transit Hotel, Departure Transit Lounge Level 3 di atas Gate D41), Terminal 2 (Lounge Departure Transit Level 3/di atas Taman Anggrek), dan Terminal 3 (Lounge Departure Transit Level 3 setelah bioskop).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>