Informasi Terbaru dan Lengkap Bandara di Provinsi Jawa Timur




Bandara Notohadinegoro - www.ngopibareng.id
Bandara Notohadinegoro - www.ngopibareng.id

Selain menggunakan kereta api, , , maupun kapal laut, Anda bisa menuju Provinsi Jawa Timur dengan menumpang pesawat terbang. Pasalnya, di provinsi paling ujung timur Pulau Jawa tersebut, sudah tersedia beberapa yang melayani penerbangan komersial. Berikut -bandara yang ada di Provinsi Jawa Timur.

Bandara Internasional

Sesuai namanya, bandara ini merupakan pelabuhan udara yang tidak hanya melayani rute penerbangan domestik, tetapi juga rute penerbangan internasional. Bandara Juanda sendiri terletak di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Ini merupakan pintu gerbang bagi yang ingin berkunjung ke Provinsi Jawa Timur melalui Kota Surabaya.

Saat ini, ada dua yang beroperasi di Bandara Juanda, yaitu Terminal 1 dan Terminal 2. Terminal 1 dibuka tahun 2006 dan terletak di sebelah udara landasan pacu. Terminal ini terbagi menjadi Terminal 1A dan 1B, serta melayani rute domestik dan internasional. Karena kapasitas yang sudah overload, maka pemerintah memutuskan membangun Terminal 2.

Terminal 2 dibangun pada tahun 2011 dan menempati terminal lama Bandara Juanda. Terminal ini sekarang digunakan oleh maskapai Citilink khusus penerbangan internasional, Garuda Indonesia, Indonesia AirAsia, Indonesia AirAsia X, Lion Air khusus destinasi internasional, Merpati Nusantara, Sriwijaya Air, dan Tigerair Mandala, serta beberapa maskapai internasional.

Untuk mengurangi kepadatan , PT Angkasa Pura I saat ini sedang dalam proses pembangunan Terminal 3. Terminal ini nantinya bakal terletak di sebelah timur Terminal 1, dan mengusung konsep airport city. Nantinya, terminal ini akan didukung fasilitas modern, seperti pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, hingga kereta monorel dan akses bawah tanah.

Bandara Internasional Juanda - www.kodesingkatan.com
Bandara Internasional Juanda – www.kodesingkatan.com

Bandara Abdul Rachman Saleh

Bandara berikutnya yang terletak di Provinsi Jawa Timur adalah Bandara Abdul Rachman Saleh. Pelabuhan udara ini terletak di Pakis, Kabupaten , atau sekitar 17 km arah timur dari pusat Kota . Nama bandara tersebut diambil dari salah satu pahlawan nasional, yaitu Abdulrahman Saleh, yang sebelumnya memiliki nama Lapangan Terbang Bugis.

Untuk saat ini, Bandara Abdul Rachman Saleh memiliki dua landasan pacu, dengan yang pertama untuk pesawat-pesawat berbadan kecil seperti Hercules C-130 dengan panjang 1.500 meter, dan yang kedua untuk pesawat berbadan besar seperti Boeing 737 dengan panjang 2.300 meter. Pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah meningkatkan runway di bandara ini menjadi 2.500 meter.

Untuk penerbangan sipil, Bandara Abdul Rachman Saleh melayani rute Jakarta-Malang yang dioperasikan maskapai Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Batik Air, dan Citilink Indonesia. Sementara, untuk rute Malang-Denpasar, dilayani oleh maskapai Wings Air (anak usaha Lion Air), dan rute Malang-Balikpapan dilayani KalStar Aviation.

Untuk menuju bandara ini, wisatawan bisa menggunakan jasa Taksi Garuda yang merupakan salah satu komponen dari Koperasi TNI AU, dengan menggunakan sistem pembayaran ongkos per daerah. Sementara, karena berada di kompleks TNI AU, Bandara Abdul Rachman Saleh tidak dilewati angkutan umum, dan pengunjung perlu keluar area bandara dengan jarak satu sampai dua km terlebih dahulu untuk mendapatkan angkot.

Bandara Abdul Rachman Saleh - en.wikipedia.org
Bandara Abdul Rachman Saleh – en.wikipedia.org

Bandara Blimbingsari

Bandara ini, sesuai namanya, terletak di Desa Blimbingsari, Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Berdasarkan info dari Detik, Kemenko Maritim menjadikan bandara ini sebagai salah satu contoh bangunan hemat energi. Bandara ini pertama kali dibuka untuk umum pada tanggal 29 Desember 2010 dan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Berada di ketinggian 25,66 meter dari permukaan laut, Bandara Blimbingsari memiliki landasan pacu sepanjang 2.250 meter dan rencana diperpanjang menjadi 2.500 meter.

Saat ini, maskapai yang beroperasi di Bandara Blimbingsari adalah AirAsia yang melayani rute Banyuwangi-Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta. Selain itu, ada China Airlines dengan rute Banyuwangi-Singapura, Citilink rute Banyuwangi-Jakarta, Garuda Indonesia dengan tujuan Malang, Surabaya, dan Jakarta, Lion Air tujuan Denpasar dan Jakarta, NAM Air tujuan Jakarta, dan Wings Air tujuan Malang dan Surabaya.

Bandara Blimbingsari - www.tribunnews.com
Bandara Blimbingsari – www.tribunnews.com

Bandara Trunojoyo

Bandara ini berlokasi di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur. Bandara Trunojoyo resmi beroperasi pada tahun 2010, yang kala itu digunakan oleh maskapai Merpati Nusantara Airlines untuk sekolah penerbangan. Kemudian, di tahun 2015, dimulai penerbangan perintis perdana oleh Susi Air dengan rute Sumenep-Surabaya dan Sumenep-Jember.

Paling baru, bandara yang memiliki dimensi landasan pacu 1.600 meter x 30 meter tersebut melayani rute Sumenep-Surabaya PP yang dioperasikan maskapai Wings Air setiap harinya. Penerbangan tersebut beroperasi setiap hari dengan menggunakan pesawat ATR 72-600, sekaligus menyusul Airfast Indonesia yang sebelumnya melayani rute Surabaya-Sumenep PP dan Sumenep-Bawean PP.

Bandara Trunojoyo - www.goodnewsfromindonesia.id
Bandara Trunojoyo – www.goodnewsfromindonesia.id

Bandara Notohadinegoro

Bandara ini terletak di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, atau hanya berjarak sekitar 7 km dari pusat Kota Jember. Bandara Notohadinegoro dikelola oleh Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Jember, dan memiliki runway sepanjang 1.560 meter dan telah beroperasi sejak tahun 2014 lalu.

Saat ini, Bandara Notohadinegoro memiliki satu bangunan utama yang terdiri dari kantor otoritas bandara, satu terminal keberangkatan, satu terminal kedatangan, yang dilengkapi dengan counter penjualan pesawat Garuda Indonesia, Citilink, dan Susi Air. Salah satu rute yang dilayani di bandara ini adalah Jember-Surabaya PP yang dioperasikan Garuda Indonesia.

Bandara Notohadinegoro - www.ngopibareng.id
Bandara Notohadinegoro – www.ngopibareng.id

Bandara Harun Thohir

Bandara ini berada di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, dan dikelola oleh Kementerian Perhubungan (sekarang dikelola PT Angkasa Pura I). Bandara Harun Thohir sendiri diresmikan pertama kali pada Januari tahun 2016 kemarin, dengan menyediakan penerbangan perintis rute Surabaya-Bawean PP oleh maskapai Airfast Indonesia yang saat itu dipatok dengan tarif mulai Rp302 ribuan per seat. Sayangnya, runway di bandara ini sulit diperpanjang, sehingga tidak memungkinkan digunakan sebagai bandara berstatus internasional.

Bandara Harun Thohir - www.inews.id
Bandara Harun Thohir – www.inews.id

Bandara Iswahyudi

Bandara ini merupakan pangkalan udara militer yang berada di Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Dalam perkembangannya, Bandara Iswahyudi lebih dikenal sebagai pelabuhan udara yang berlokasi di Madiun, pasalnya semua aset di bandara ini dikelola sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Madiun.

Secara umum, Bandara Iswahyudi merupakan lapangan terbang paling penting bagi TNI AU, selain Bandara Halim Perdanakusuma yang berada di Jakarta Timur. Saat ini, Bandara Iswahyudi diperkuat dengan personel organik sebanyak 3.000 personel dan belum dibuka untuk melayani penerbangan umum atau komersial.

Bandara Iswahyudi - jtvmadiun.com
Bandara Iswahyudi – jtvmadiun.com

[Almasshabur]

Lihat Juga:   Info Hotel dan Penginapan Murah Rp100 Ribuan di Medan




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan