Update Tarif Penginapan di Pulau Lemukutan, Kalimantan Barat




Pulau Lemukutan, Kalimantan Barat (sumber: celebes.co)
Pulau Lemukutan, Kalimantan Barat (sumber: celebes.co)

Anda sudah pernah mendengar tentang Pulau Lemukutan? Sebagian mungkin sudah ada yang pernah dengar, dan sebagian lagi tentu saja belum. Nah, bagi Anda yang belum tahu tentang pulau eksotis satu ini, Pulau Lemukutan berlokasi di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Di sana ada pula deretan penginapan yang dapat dipesan sesuai kebutuhan dengan berkisar ratusan ribu rupiah per malam.

Nama Pulau Lemukutan berasal dari cerita rakyat setempat yang mengatakan bahwa pulau ini mirip dengan seekor lembu. Kondisi hutan tropis yang masih sangat dijaga masyarakat setempat ini menjadikannya lokasi yang begitu cantik dan alami. Saat datang ke pulau ini, Anda akan disambut dengan air yang jernih nan indah. Ditambah pesona pantai yang masih alami dan kehangatan dari masyarakat desa setempat.

Rute ke Pulau Lemukutan

Untuk menuju Pulau Lemukutan, Anda hanya bisa menumpang kendaraan air seperti speed boat yang biasanya sudah bersiaga di kawasan Teluk Suak, sekitar 115 km dari Kota Pontianak atau 32 km dari Kota Singkawang. Angkutan satu-satunya bagi wisatawan yang hendak ke Pulau Lemukutan tersebut hanya tersedia mulai pukul 09.00 hingga 10.00 WIB. Oleh karena itu, Anda jangan sampai terlambat naik kapal jika hendak ke Pulau Lemukutan.

Dari Teluk Suak ke Pulau Lemukutan, biasanya memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Di sepanjang perjalanan, Anda dijamin akan dibuat takjub menyaksikan keindahan bahari di pulau-pulau lain yang ada di sekitar sana. Airnya yang jernih dan pemandangan bawah yang menakjubkan akan membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Setelah sampai di perairan Pulau Lemukutan, Anda masih harus naik perahu untuk sampai ke daratan. Karena ada banyak karang yang dilindungi, untuk mencapai daratan, Anda tak diizinkan untuk naik motor air yang berukuran besar. Uniknya, karena kawasan Lemukutan masih menjunjung tinggi tradisi, maka ada beberapa petuah yang perlu dilakoni wisatawan. Misalnya saja sebelum sampai di daratan, Anda dianjurkan mencuci muka dengan air sebanyak 3 kali, kemudian Anda juga dilarang melempar batu ke arah laut, dan sebagainya.

Lihat Juga:   Referensi dan Harga Penginapan di Probolinggo Kota
Aktivitas wisatawan di Pulau Lemukutan (sumber: detik)
Aktivitas wisatawan di Pulau Lemukutan (sumber: detik)

Aktivitas di Pulau Lemukutan

  • Berenang, diving, dan snorkeling. Wisatawan dapat berenang bebas di sekitar dermaga kayu dan perairan dangkal di sekitar pulau. Spot Bungaron merupakan titik terbaik untuk menikmati keindahan bawah Pulau Lemukutan. Spot tersebut memiliki panorama bawah laut yang paling epik dengan sajian keindahan terumbu karangnya. Spot andalan lainnya yaitu Pantai Teluk Melano dan Pantai Teluk Cina.
  • Bermain kano. Selain menikmati keindahan bawah lautnya, wisatawan juga dapat bermain kano. Selain melatih kekuatan fisik, wisatawan dapat menikmati pemandangan di sekitar.
  • Bersepeda keliling pulau. Mengayuh sepeda menelusuri wilayah pesisir, wisatawan dapat melihat langsung kondisi pulau yang alami. Bahkan, wisatawan dapat menyaksikan langsung aktivitas keseharian warga lokal.
  • Wisata budaya. Wisatawan dapat menikmati kearifan lokal warga setempat seperti mencari serta memancing ikan. Menjemur ikan asin hingga jalan-jalan keliling desa menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini.
  • Berburu sunset dan sunrise. Menatap lautan lepas dengan langit senja menjadi momen yang ditunggu wisatawan. Ditemani semilir angin dan ombak, wisatawan dapat menikmati romantisme senja sambil minum kelapa muda.
  • Berburu spot foto. Area dermaga merupakan spot favorit bagi wisatawan untuk berfoto. Matahari tenggelam menjadi latar primadona bagi para wisatawan untuk mengabadikan momen liburan. Bukit hijau di daratan dan lautan lepas juga menjadi latar khas yang diincar wisatawan.

Di Pulau Lemukutan memang tak ada hotel atau resort khusus layaknya di pulau-pulau lain yang sudah sangat populer. Namun jangan khawatir, ada banyak rumah penduduk yang telah dialihfungsikan sebagai penginapan. Jadi, Anda akan bermalam dan berinteraksi langsung dengan penduduk lokal selama berlibur di Lemukutan. Tak usah takut, penduduk asli Lemukutan sangat ramah dan baik terhadap kaum pendatang.

Lihat Juga:   Rekomendasi Homestay Murah & Memadai di Surabaya Selatan

Penginapan di Lemukutan biasanya berbentuk pondok alias pondokan khas pedesaan yang tak akan Anda temui di daerah perkotaan. Meski terbilang sederhana, justru di situlah letak keunikannya. penginapan di Lemukutan bervariasi, mulai  Rp123 ribuan per malam. Berikut daftar rekomendasi penginapan di Lemukutan yang dapat dijadikan alternatif beserta tarifnya.

Tarif Penginapan di Lemukutan

Penginapan Pulau Lemukutan - wisataalamkalbar.blogspot.com
Penginapan Pulau Lemukutan – wisataalamkalbar.blogspot.com
Nama Penginapan Alamat & Nomor Tarif per Malam
OYO 90491 Durian Homestay Jalur 1, Singkawang No. 4. Rp123.200
Koolkost near Kridasana Stadium Singkawang Pasiran, Kec. Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Telp: (021) 80629666 Rp131.200
Grand Makassar Inn RedPartner Jl. Kridasana, Pasiran, Singkawang, Singkawang Rp205.300
RedDoorz near RSUD Dr. Abdul Aziz Jl. Ahmad Yani Gg. Persatuan, Pasiran, Kec. Singkawang Bar., Kota Singkawang. Telp: (021) 80629666 Rp226.538
HAS Home Stay Pulau Lemukutan, Sungai Raya Kepulauan, Kalimantan Barat. Telp: 0852-5003-6704 Rp269.181
Tanjung Jati Pulau Lemukutan, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Telp: 0812-2088-9595 Rp300.000 – Rp400.000
Tanjung Bajau Hotel Jl. Raya Pasir Panjang, Sedau, Kec. Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Telp: 0811-572-980 Rp411.062
Mahkota Hotel Singkawang Jl. P. Diponegoro No. 1, Pasiran, Kec. Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Telp: 0811-5677-757 Rp562.200
Palapa Beach Hotel Pasir Panjang Jl. Raya Pontianak Singkawang KM. 17, Sedau, Kec. Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Telp: 0822-5597-6537 Rp599.490

Perlu diingat, tarif penginapan di atas tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak pengelola. Anda dapat langsung datang ke lokasi atau melakukan melalui situs booking online terpercaya.

[Update: Ditta]




Tentang Dian Kartika 1083 Lokasi
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan