Info Penginapan yang Ada di Pulau Lemukutan, Kalimantan Barat




Penginapan Pulau Lemukutan - wisataalamkalbar.blogspot.com

Anda sudah pernah mendengar tentang Pulau Lemukutan? Sebagian mungkin sudah ada yang pernah dengar, dan sebagian lagi tentu saja belum. Nah, bagi Anda yang belum tahu tentang pulau eksotis satu ini, rupanya Pulau Lemukutan berlokasi di Kabupaten Bengkayang, .

Penginapan Pulau Lemukutan - wisataalamkalbar.blogspot.com
Penginapan Pulau Lemukutan – wisataalamkalbar.blogspot.com

 

Untuk menuju ke Pulau Lemukutan, kita hanya bisa menumpang kendaraan air seperti speed boat yang biasanya sudah bersiaga di kawasan Teluk Suak, sekitar 115 km dari Kota Pontianak, atau 32 km dari Kota Singkawang. Angkutan satu-satunya bagi para wisatawan yang hendak ke Pulau Lemukutan tersebut hanya tersedia mulai pukul 09.00 hingga 10.00 WIB saja. Oleh karena itu, Anda jangan sampai terlambat naik kapal jika hendak ke Pulau Lemukutan.

Dari Teluk Suak ke Pulau Lemukutan biasanya memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Di sepanjang perjalanan sebelum sampai ke Pulau Lemukutan pun Anda dijamin akan dibuat takjub menyaksikan keindahan bahari di pulau-pulau lain yang ada di sekitar sana. Airnya yang jernih dan pemandangan bawah laut yang menakjubkan akan membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Setelah sampai di perairan Pulau Lemukutan, Anda masih harus naik perahu untuk sampai ke daratan. Karena ada banyak karang yang dilindungi, untuk mencapai daratan Anda tak diizinkan untuk naik motor air yang berukuran besar. Uniknya, karena kawasan Lemukutan masih menjunjung tinggi tradisi, maka ada beberapa petua yang perlu dilakoni oleh para wisatawan. Misalnya saja sebelum sampai di daratan Anda dianjurkan mencuci muka dengan air laut sebanyak 3 kali, kemudian Anda juga dilarang melempar ke arah laut, dan sebagainya.

Di Pulau Lemukutan memang tak ada hotel atau resort khusus layaknya di pulau-pulau lain yang sudah sangat populer. Namun jangan khawatir, di Lemukutan ada banyak rumah penduduk yang telah dialihfungsikan sebagai penginapan. Sehingga Anda akan bermalam dan berinteraksi langsung dengan penduduk lokal selama berlibur di Lemukutan. Tak usah takut, penduduk asli Lemukutan sangat ramah dan baik terhadap kaum pendatang.

Penginapan di Lemukutan biasanya berbentuk alias pondokan khas pedesaan yang tak akan Anda temui di daerah perkotaan. Meski terbilang sederhana, justru di situlah letak keunikannya. penginapan di Lemukutan bervariasi, berkisar antara Rp 100 ribuan hingga Rp 300 ribuan per malam.

Sebagai contoh, ada Penginapan Tanjung Jati milik Pak Andi yang berupa sebuah pondok dengan 2 buah kamar dan sebuah pelataran yang cukup menampung lebih dari 10 orang di dalamnya. Di sana sudah disediakan dapur dan juga kamar mandi untuk para tamu. Untuk di Penginapan Tanjung Jati ini Anda diwajibkan sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

Tarif menginap per orang Rp 400 ribu dengan jumlah rombongan minimal 5 orang. Namun bila Anda membawa rombongan di atas 10 orang biayanya hanya Rp 300 ribu saja per orang. Lumayan kan? Untuk booking, Anda bisa menghubungi nomor 085282991811.

Lihat Juga:   Penginapan Mayoni, Akomodasi Murah Meriah di Kawasan Kaliurang, Yogyakarta




Tentang Dian Kartika1092 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan