Info Penginapan & Hal Menarik yang Bisa Ditemukan di Pantai Eretan Subang

Flamingo Hotel - www.tripadvisor.com

Masyarakat yang bermukim atau kerap melakukan perjalanan di wilayah pantura (pantai utara) Jawa tentunya sudah tidak asing lagi dengan Pantai Eretan. Pantai satu ini berada di perbatasan antara Kabupaten dan Indramayu. Namun sebagian besar warga pantura kerap menyebutnya dengan Pantai Eretan Indramayu. Pasalnya objek ini berlokasi di Desa Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Walaupun air lautnya tidak sebening pantai-pantai di Kalimantan atau Sulawesi, Pantai Eretan tetap saja menjadi salah satu destinasi wisata andalan bagi warga Jawa Barat, terutama daerah Subang, Indramayu, dan Cirebon. Pantai satu ini akan ramai dikunjungi para wisatawan, apalagi ketika hari libur.

Hotel Bunga Indah - commons.wikimedia.org

Hotel Bunga Indah – commons.wikimedia.org

Pantai Eretan terkenal dengan keunikan berupa dinding-dinding bebatuan yang sengaja dibangun untuk mencegah abrasi. Saat berada di Pantai Eretan Subang, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seru seperti bermain air dan pasir pantai, memandangi hamparan laut sore hari ketika menjelang matahari terbenam, memancing, sekadar nongkrong di tepi pantai sembari menikmati angin sepoi-sepoi, atau bisa juga membakar ikan hasil tangkapan Anda di sana.

Para wisatawan yang datang ke Pantai Eretan bukan hanya didominasi oleh warga Indramayu atau Subang saja, tetapi banyak juga orang-orang yang sengaja datang dari Kota , Jakarta, Bogor, atau daerah lain yang ada di sekitarnya. Pantai Eretan sendiri sebenarnya terbagi menjadi 2, yakni Pantai Eretan Kulon dan Pantai Eretan Wetan.

Letak kedua pantai tersebut saling berdekatan, jadi jika Anda berkunjung ke salah satu pantai, maka jangan lupa menyempatkan untuk mengunjungi pantai lainnya. Baik Pantai Eretan Kulon dan Wetan memiliki keunikan dan keindahan masing-masing. Berbeda dari Pantai Eretan Kulon yang telah dibangun tembok-tembok bebatuan, Pantai Eretan Wetan nuansanya masih cukup alami dan asri. Ketika menuju Pantai Eretan Wetan Anda akan disuguhi pemandangan perahu-perahu nelayan yang sedang menepi, tanaman mangrove, dan pemandangan lain khas pesisir.

Lihat Juga:   Homestay Populer dan Layak Inap di Surabaya Barat

Jika berada di sana, jangan lupa siapkan kamera ponsel atau kamera digital Anda untuk mengabadikan pemandangan di sana atau sekadar berfoto selfie. Tak perlu khawatir, sebab untuk masuk ke wilayah Pantai Eretan kabarnya Anda tak akan dikenai tiket masuk, alias gratis. Sehingga tempat satu ini cocok dijadikan destinasi wisata untuk liburan bersama sahabat, pasangan, maupun keluarga besar Anda. Tak cukup sampai di situ, Anda bisa menikmati sajian masakan laut alias seafood di sejumlah warung yang ada di sekitar Pantai Eretan.

Di Pantai Eretan tersedia sejumlah yang memadai seperti area parkir kendaraan yang cukup luas, musala, mandi, penginapan, dan sebagainya. Agar lebih aman dan nyaman, Anda juga bisa membawa bekal dari rumah agar tidak kelaparan jika di Pantai Eretan kebetulan warung-warung sedang tutup.

Hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan di Pantai Eretan adalah Nadran. Nadran merupakan upacara adat yang dilakukan oleh para nelayan di wilayah pesisir pantai utara Jawa, seperti Subang, Indramayu, dan Cirebon. Upacara adat ini dilakukan untuk mensyukuri hasil tangkapan ikan, serta mengharapkan adanya peningkatan hasil tangkapan pada tahun mendatang, dan berdoa supaya tak ada hambatan ketika melaut.

Dalam ritual Nadran akan diselenggarakan pula kesenian tradisional dan pasar malam selama seminggu. Di Kabupaten Indramayu upacara adat Nadran biasanya dilangsungkan antara bulan Oktober hingga Desember yang mengambil lokasi di Pantai Eretan Kulon, Pantai Eretan Wetan, Dadap, Limbangan, dan Karangsong. Sedangkan di Kabupaten Subang, Nadran diselenggarakan di Pantai Blanakan. Apabila Anda ingin menyaksikan langsung upacara Nadran, Anda mungkin bisa berkunjung pada bulan-bulan tersebut.

Penginapan Dekat Pantai Eretan

Di dekat Pantai Eretan Subang ada beberapa pilihan penginapan yang bisa dijadikan tempat untuk beristirahat. Misalnya saja di Hotel Bunga Indah yang berlokasi di Jl. Raya Losarang, Muntur, Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45253. Hotel bintang 2 ini menyediakan beberapa fasilitas yang memadai seperti kamar-kamar yang bersih dan nyaman, karaoke, lobi, area parkir kendaraan yang luas, ruang pertemuan, TV, dan masih banyak lagi.

Flamingo Hotel - www.tripadvisor.com

Flamingo Hotel – www.tripadvisor.com

Kemudian ada Flamingo Hotel yang berada di Jl. By Pass Losarang, Santing, Losarang, Santing, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45253. Di Flamingo Hotel tersedia beberapa kamar, yakni Superior Room dengan rate Rp 350 ribu per malam dan Deluxe Room yang dipatok dengan tarif Rp 400 ribuan per malam. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas sarapan dan wifi gratis. Selama menginap di Flamingo Hotel, Anda juga bisa menikmati fasilitas lain layaknya spa, layanan pijat, karaoke, TV kabel, laundry, lapangan basket dan futsal, , taman, dan sebagainya.

Lihat Juga:   Daftar Losmen Murah di Jambi, Tarif Mulai Rp 75 Ribu

Anda juga bisa menginap di Hotel Ellysta yang berlokasi di Muntur, Losarang, Indramayu. Di penginapan ini dilengkapi dengan fasilitas penyejuk ruangan alias air conditioner (AC), area parkir kendaraan, televisi, meja, air minum gratis, dan lain-lain.

Jika ingin menginap di penginapan yang harganya , Anda dapat mempertimbangkan untuk bermalam di Hotel Angkasa yang terletak di daerah Patrol, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, 45257, tepatnya di depan RSUD Indramayu. Hotel yang lokasinya cukup strategis ini menawarkan kamar-kamar yang cukup nyaman dengan harga murah antara Rp 100 ribuan hingga Rp 160 ribuan saja per malam. Hotel Angkasa menyediakan fasilitas teras, area duduk, tempat parkir, dan masih banyak lagi.

Selain penginapan-penginapan yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa menginap di Dharma Wisata Penginapan, Pondok Melati, atau penginapan lain yang berada di Kabupaten Subang maupun Indramayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>