Info Fasilitas Penginapan yang Tersedia di Pulau Payung




Penginapan di Pulau Payung - @Agha Djati

memang terkenal akan gugusan pulau-pulau kecilnya yang punya keunikan masing-masing. Dari banyaknya pulau di kabupaten satu ini, mungkin masih jarang orang mendengar seputar Pulau Payung. Maklum saja, Pulau Payung bisa dibilang sebagai pulau yang jumlah penduduknya paling sedikit di antara pulau-pulau lain yang berpenghuni di kawasan .

Tapi bagi Anda yang mencari ketenangan dan ingin sejenak jauh dari hiruk-pikuk Ibu Kota, pelesir ke Pulau Payung mungkin bisa menjadi solusi tepat. Meski sinyal ponsel agak susah di sana, namun Pulau Payung sudah ditunjang listrik 24 jam. Terlebih pulau seluas 20 hektare ini dapat ditempuh hanya 30 menit saja dari Pulau Tidung, karena jaraknya berada tepat di antara Pulau Tidung dan Pulau Pari.

Sebenarnya ada 2 Pulau Payung, yang pertama Pulau Payung Besar dan Pulau Payung Kecil. Namun yang sudah berpenghuni hanya Pulau Payung Besar saja. Hingga tahun 2015 lalu, tercatat hanya 167 orang saja yang bermukim di pulau eksotis nan indah ini. Dari segi , karena masih baru dibuka untuk umum sejak 2016 lalu, bisa dibilang kurang begitu lengkap jika dibandingkan pulau-pulau lainnya. Tetapi tak usah khawatir, sebab Pulau Payung terus berkembang di sektor pariwisata.

Penginapan di Pulau Payung
Penginapan di Pulau Payung

Di Pulau Payung sebenarnya sudah ada fasilitas akomodasi atau . Ada beberapa villa atau yang bisa disewa oleh para wisatawan yang ingin bermalam atau berlama-lama ada di Pulau Payung. Namun jangan harap penginapan di Pulau Payung semewah resort-resort di pulau-pulau terkenal lainnya yang ada di Kepulauan Seribu seperti Pulau Sepa, Pulau Pari, Pulau Macan, Pulau Harapan, apalagi Pulau Tidung.

Pasalnya sebagian besar sarana akomodasi di Pulau Payung merupakan rumah-rumah warga setempat yang dikelola pribadi dan sengaja disediakan untuk wisatawan yang hendak menginap. Sayangnya memang masih jarang ada homestay atau penginapan yang secara personal mengiklankan jasa penginapan mereka melalui internet, baik melalui media sosial, blog, maupun agen travel online. Sehingga Anda mungkin juga agak sulit untuk melakukan penginapan sendiri di Pulau Payung tanpa bantuan travel guide atau agen perjalanan.

Lihat Juga:   Tarif dan Fasilitas Losmen (Hotel) Patra Kebumen

homestay di Pulau Payung rata-rata relatif terjangkau, berkisar Rp 400 ribuan per malam. Biasanya meski hanya sebuah homestay dari rumah penduduk yang sederhana, di dalamnya sudah dilengkapi fasilitas yang cukup nyaman dan memadai untuk dijadikan tempat beristirahat, misalnya saja ada beberapa tidur besar yang mampu menampung banyak tamu sekaligus, penyejuk ruangan atau air conditioner (AC), dan masih banyak lagi.

Sebenarnya jika ingin harga yang lebih terjangkau, Anda umumnya akan lebih disarankan menggunakan jasa agen perjalanan. Pasalnya kini sudah banyak agen perjalanan yang menawarkan paket tur ke Pulau Payung saja atau paket perjalanan ke Pulau Payung dan gugusan pulau-pulau cantik lainnya yang ada di Kepulauan Seribu. Anda bisa memilih sendiri paket perjalanan dari agen travel mana yang kira-kira paling sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Biasanya jika jumlah orang yang ikut dalam tur semakin banyak, maka harga paket yang Anda dapatkan untuk per orang akan lebih . Oleh sebab itu, sebaiknya ajaklah banyak teman Anda untuk berwisata ramai-ramai ke Pulau Payung agar biaya yang Anda tanggung lebih hemat. Apalagi kabarnya untuk naik kapal dan menyeberang langsung ke Pulau Payung itu diwajibkan minimal ada 15 orang yang diangkut atau ikut paket tour.

Nah, jika Anda tertarik untuk menggunakan paket tur yang ditawarkan oleh para agen perjalanan. Anda tidak perlu resah, sebab kabarnya ada sekitar 7 atau lebih penyedia tur yang siap untuk merencanakan perjalanan Anda sekaligus membawa Anda berkeliling Pulau Payung dan juga snorkeling.

Lihat Juga:   Info Penginapan Populer di Sumur Tiga, Sabang

Paket tur lengkap yang ditawarkan biasanya untuk durasi tinggal 2 hari 1 malam atau 3 hari 2 malam, dan umumnya paket perjalanan ke Pulau Payung melalui Kali Adem relatif lebih murah dibandingkan via Marina Ancol. Adapun harga paket lengkap tur ke Pulau Payung untuk 2 hari 1 malam dibanderol mulai Rp 300 ribuan hingga Rp 870 ribu per orang. Ingat, semakin banyak orang yang Anda ajak, maka harga paketnya pun akan semakin murah. Sementara itu, untuk paket 3 hari 2 malam, tarifnya dipatok mulai Rp 420 ribu sampai Rp 1,57 jutaan per orang.

Penginapan di Pulau Payung - www.booking.com
Penginapan di Pulau Payung – www..com

Harga yang ditawarkan oleh agen-agen perjalanan tersebut biasanya sudah ‘all in’, termasuk tiket kapal ferry + asuransi untuk penyeberangan ke Pulau Payung, penginapan berupa homestay ber-AC, makan setiap hari sehingga Anda tidak perlu kebingungan mencari makanan sendiri, air minum, guide, BBQ, sewa alat snorkeling, camera underwater, air minum, dan sebagainya. Jadi Anda tak perlu repot-repot lagi membawa perlengkapan snorkeling kamera underwater sendiri.

Selain snorkeling atau berenang, di Pulau Payung masih banyak kegiatan seru lain yang bisa Anda lakukan bersama rombongan, misalnya saja bersepeda santai, jalan-jalan ke Jembatan Cinta sembari memandangi lautan yang biru atau kapal-kapal nelayan, naik banana boat, donut boat, naik perahu canoe, melihat sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari terbenam), atau sekadar berfoto-foto selfie di berbagai spot menarik yang ada di Pulau Payung.

Satu hal yang tak boleh Anda lewatkan, kabarnya pemandangan sunset di Pulau Payung benar-benar memukau. Anda bisa menikmati panorama langit yang berubah menjadi jingga keemasan ketika menjelang matahari terbenam. Benar-benar pemandangan yang tak akan terlupakan dan wajib Anda abadikan dengan kamera ponsel atau kamera DSLR.




Tentang Dian Kartika1098 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan