Objek Wisata Menarik dan Info Penginapan di Pulau Peucang Ujung Kulon

Penginapan, guest house, homestay, tarif, per, malam, penginapan murah, di, pulau peucang, pulau, peucang, Ujung Kulon, wisata, backpacker, kapal, sewaan, tarif, sewa, akomodasi, memesan, pesan, guest house, penginapan, kawasan, bus, transportasi, kapasitas, trip, wisata, berwisata, Taman Nasional Ujung Kulon, Desa Sumur, Pandeglang, Banten, objek, gerbang, Sungai Cigenter,

Siapa yang tak kenal dengan Ujung Kulon. Area seluas sekitar 122.956 hektare ini menjadi pertama yang diresmikan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1992, setelah ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1991. Tempat ini merupakan habitat asli sekaligus sanctuary bagi satwa badak Jawa yang jumlahnya tinggal puluhan ekor saja.

Tak hanya menjadi rumah bagi badak Jawa yang langka, TN Ujung Kulon juga menjadi kawasan yang bisa Anda jamahi keindahannya. Ada banyak pilihan objek yang tersebar di sekeliling -pulau kecil di TN Ujung Kulon. Salah satu yang paling ramai dikunjungi adalah Peucang.

Pulau Peucang adalah gerbang utama Taman Nasional Ujung Kulon setelah menyeberang dari Desa Sumur, Banten. Makanya, pulau ini biasanya menjadi tempat pertama yang disinggahi wisatawan sebelum melompat ke pulau-pulau lainnya. Pulau ini menyediakan fasilitas lengkap buat Anda yang ingin berlibur di sini, seperti penginapan, informasi, serta dermaga.

Sampai di pulau ini, Anda bisa menikmati keindahan pantainya yang berpasir putih. Ombaknya cukup tenang, Anda bisa berenang, snorkeling, atau sekadar berjalan-jalan menyusuri pantai. Jangan heran jika Anda disambut oleh babi hutan dan monyet yang berkeliaran di sekitar panta. Ada aturan jika di Pulau Peucang ini Anda tidak boleh mendirikan tenda. Jika mau menginap, Anda bisa menyewa atau guest house yang tersedia di kawasan pulau.

Info Penginapan di Kawasan Pulau Peucang

Homestay Sunda Jaya - frenkeyblog.com

Homestay Sunda Jaya – frenkeyblog.com

Pengelola Balai TNUK juga menyediakan fasilitas akomodasi untuk pengunjung dan wisatawan, meskipun awalnya fasilitas ini dikhususkan hanya untuk kalangan terbatas, seperti petugas atau pejabat yang berkunjung untuk kepentingan dinas. Meski disediakan penginapan di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, namun jumlahnya terbatas. Faktanya lebih banyak jumlah pengunjung Ujung Kulon dibanding fasilitas akomodasi yang tersedia, khususnya di Pulau Peucang dan Handeleum.

Pulau Peucang memiliki 3 tipe kamar, yakni Flora A sejumlah 6 kamar dan Flora B sejumlah 10 kamar dengan fasilitas AC dan kamar mandi, kemudian ada juga kamar tipe Fauna berjumlah 5 kamar yang tidak dilengkapi dengan AC. Biaya menginap di Pulau Peucang berkisar antara Rp450 ribu hingga Rp750 ribu per malam, tergantung dari tipe kamar yang Anda pilih.

Lihat Juga:   Daftar Penginapan yang Cocok untuk Berlibur di Nganjuk

Resort Flora A, Flora B dan Fauna, adalah tiga bangunan utama di Pulau Peucang yang disediakan dan dikelola oleh pihak Balai Taman Nasional Ujung Kulon. Untuk kalangan backpacker, mereka lebih memilih tipe Asrama di Pulau Peucang.

Jika Anda kehabisan kamar di kawasan Pulau Peucang, masih ada penginapan lain di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon yang bisa Anda pilih.

Sarang Badak

Wisma Sarang Badak - travel.detik.com

Wisma Sarang Badak – travel.detik.com

Penginapan setara homestay ini berlokasi di Jalan Taman Nasional Ujung Kulon No.100, Desa Kertajaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Selain tempat bermalam, penginapan ini juga memberikan informasi dan jasa pariwisata untuk melakukan kegiatan selama di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Nuansa alami lengkap dengan pepohonan yang rindang serta arsitektur tradisional menjadi ciri khas Wisma Sarang Badak. Hawa pedesaan yang tersaji di sini juga bisa membuat tamu malas untuk keluar dari selimut dan bangkit dari tempat tidur.

Sebagai tempat singgah, penginapan ini telah didukung dengan fasilitas yang cukup mumpuni. Di area umum, tamu akan menemukan meja dan kursi di teras untuk bersantai, ruang tamu dengan perabotan dari kayu, hingga kamar mandi. Sementara untuk kamarnya, telah didukung dengan dua single bed yang nyaman, meja, serta teras plus kursi dan meja. Dengan tarif mulai Rp200 ribuan per malam, Anda bisa memesan kamar di Wisma Sarang Badak melalui nomor 081399165205.

Homestay Sunda Jaya

Homestay Sunda Jaya (sumber: mapcarta.com)

Homestay Sunda Jaya (sumber: mapcarta.com)

Akomodasi yang satu ini terletak di Desa Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Penginapan ini tampil dengan desain yang sederhana dengan mengedepankan nilai tradisional. Homestay Sunda Jaya memiliki bangunan khas rumah adat Jawa Barat, dengan dominasi kayu di sekujur bangunan.

Sunda Jaya telah didukung dengan empat kamar yang dilengkapi dengan dua single bed dan kamar mandi yang berada di luar kamar. Tarif menginap per malam dipatok mulai Rp50 ribuan per kamar, sudah termasuk gratis kopi atau teh setiap waktu. Jika Anda ingin mendapatkan sarapan, perlu menambah biaya tambahan sebesar Rp15 ribuan. Untuk informasi pemesanan, bisa menghubungi nomor 081806181209.

Lihat Juga:   Penginapan Murah Dekat Island Hospital Penang, Malaysia

Homestay Rimba Jaya

Homestay Sunda Jaya (sumber: mapcarta.com)

Homestay Sunda Jaya (sumber: mapcarta.com)

Lokasi Homestay Rimba Jaya berada bersebelahan dengan kantor perwakilan Perhutani, Desa Taman Jaya, sehingga sangat dekat dengan dermaga dan mudah ditemukan oleh wisatawan yang ingin berlibur ke Taman Nasional Ujung Kulon.

Sebagai tempat bermalam, Homestay Rimba Jaya telah dibekali dengan fasilitas yang memadai. Di tempat ini, para tamu akan menemukan dua tempat tidur model single bed, kipas angin, dua unit kamar mandi di dalam kamar, serta enam kamar mandi di luar kamar. Jika berminat, informasi tarif dan bisa Anda peroleh dengan menghubungi nomor ponsel 05782348844.

Objek wisata di Pulau Peucang

Trip ke Pulau Peucang bukan sekadar menikmati keindahan pantainya. Pulau yang diklaim tercantik di Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Banten ini menuntut para wisatawan untuk menyatu dengan alam. Benar-benar menyatu.

Penginapan, guest house, homestay, tarif, per, malam, penginapan murah, di, pulau peucang, pulau, peucang, Ujung Kulon, wisata, backpacker, kapal, sewaan, tarif, sewa, akomodasi, memesan, pesan, guest house, penginapan, kawasan, bus, transportasi, kapasitas, trip, wisata, berwisata, Taman Nasional Ujung Kulon, Desa Sumur, Pandeglang, Banten, objek, gerbang, Sungai Cigenter,

Pulau Peucang di kawasan Ujung Kulon (sumber: ngetripmulu.com)

Sebagai salah satu pulau yang mendapat label situs alam warisan dunia oleh UNESCO, Pulau Peucang memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang tidak boleh diganggu oleh tangan-tangan jahil. Jadi jangan heran kalau Anda bakal menemukan rusa, kera, merak, babi hutan bahkan biawak yang hidup bebas di Pulau Peucang.

Tak jarang, hewan-hewan ini mengunjungi penginapan traveler untuk sekadar mencari makanan. Penginapan di Pulau Peucang memang dibiarkan dekat dengan alam. Tapi jangan khawatir, hewan-hewan liar ini tidak akan mengganggu para pelancong, kecuali hanya untuk meminta makanan. Soal tarif, penginapan Pulau Peucang pun bervariasi, mulai dari Rp450.000 sampai Rp750.000 yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.

Selain keindahan pantai dan keunikan aneka satwa liarnya, Pulau Peucang masih memiliki tempat eksotis buat dikunjungi. Terdapat sebuah spot untuk menyaksikan indahnya matahari tenggelam sejauh 3 km dari penginapan bernama Karang Copong, letaknya sebelah utara pulau. Ada juga padang rumput Cidaon, di mana Anda bisa melihat kawanan banteng mencari makan. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pagi atau sore hari. Kalau Anda ingin melihat terumbu karang, bisa menyeberang menggunakan kapal sejauh 1 km menuju Citerjun.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>