Hotel Panorama Tulungagung, Akomodasi Bersih & Murah di Tengah Kota




Hotel Panorama Tulungagung - @Ferry Malirano
Hotel Panorama Tulungagung - @Ferry Malirano

Jika Anda bosan berwisata ke , Batu, Banyuwangi, Jember, atau Pacitan, Anda mungkin bisa menjadikan sebagai salah satu referensi tempat liburan Anda. Pasalnya, selain memiliki banyak objek yang sangat kece, salah satu kabupaten di Jawa Timur ini juga telah didukung dengan fasilitas penginapan yang memadai, termasuk Hotel Panorama.

Sebelum membahas mengenai Hotel Panorama, tidak ada salahnya jika kita mengulik sedikit mengenai potensi wisata Tulungangung. Seperti diutarakan di atas, Tulungangung adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yang terkenal sebagai penghasil marmer terbesar di dunia. Berbatasan dengan Kabupaten Kediri dan Kabupaten Trenggalek, Tulungagung berjarak sekitar 158 km dari Kota Surabaya.

Secara topografi, Tulungagung terletak pada ketinggian 85 m di atas permukaan laut (dpl). Bagian barat laut Kabupaten Tulungagung merupakan daerah pegunungan yang merupakan bagian dari pegunungan Wilis-Liman. Bagian tengah adalah dataran rendah, sedangkan bagian selatan adalah pegunungan yang merupakan rangkaian dari Pegunungan Kidul.

Di sebelah barat laut Tulungagung, tepatnya di Kecamatan Sendang, terdapat Gunung Wilis sebagai titik tertinggi di Kabupaten Tulungagung yang memiliki ketinggian 2.552 m. Di tengah kota, terdapat Kali Ngrowo yang merupakan anak Kali Brantas dan seolah membagi Kota Tulungagung menjadi dua bagian, yakni utara dan selatan. Sementara, di sisi lain, Tulungagung berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Hotel Panorama Tulungagung - @Ferry Malirano
Hotel Panorama Tulungagung – @Ferry Malirano

Karena berbatasan dengan laut, wisata pantai menjadi daya tarik utama kabupaten ini. Di antara pantai-pantai yang sudah tersohor dan wajib dikunjungi ketika berlibur ke Tulungagung adalah Pantai Popoh di Kecamatan Besuki, Pantai Coro, Pantai Molang di Kecamatan Pucanglaban, Pantai Sine di Desa Kalibatur, Pantai Pathok Gebang, Pantai Ngalur, Pantai Lumbung, dan Pantai Klatak di Desa Keboireng.

Tidak cuma pantai, Tulungagung juga memiliki segudang wisata alam lainnya yang tidak kalah eksotis. Jika Gunung Semeru punya Ranu Kumbolo, maka Tulungagung terdapat Ranu Gumbolo. Selain itu, terdapat juga Kali Mas yang berlokasi tidak jauh dari Batu Gedong, Telaga Ngambal, Bukit Jomblo yang bukan hanya untuk kalangan jomblo, Air Terjun Jurang Senggani, Bukit Penampihan, Kedung Simin, Bukit Tumpak Celeng, Gardu Pandang Sedayugunung, Air Terjun Sarang Awan, Coban Ngoro, dan lain-lain.

Untuk mereka yang doyan berwisata sejarah, Tulungagung menghadirkan Candi Dadi yang berada di Dusun Mojo, Desa Wajak Kidul, Kecamatan Boyolangu. Di samping itu, ada juga Candi Sanggrahan, yang berlokasi di Dusun Sanggrahan, Desa Sanggrahan, yang memiliki satu buah bangunan induk dan dua buah bangunan kecil berbentuk bujur sangkar.

Fasilitas Hotel Panorama Tulungagung

Karena memiliki banyak objek wisata yang keren, tidak mengherankan jika kemudian Tulungagung saat ini menjadi salah satu alternatif daerah liburan di Jawa Timur. Nah, untuk mengakomodasi para wisatawan yang datang dari luar kota, kabupaten ini sendiri sudah didukung dengan fasilitas yang memadai, salah satunya Hotel Panorama.

Hotel Panorama beralamat di Jalan Teuku Umar No. 98, Kutoanyar, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Akomodasi ini merupakan salah satu penginapan populer di kalangan wisatawan yang rekreasi ke Tulungagung karena dinilai memiliki pelayanan yang ramah, kamar yang bersih, fasilitas memadai, dan tarif sewa yang cukup .

Jika dilihat dari Google Review, skor hotel ini bisa dikatakan cukup lumayan, yakni 3,8/5. Sebagian besar tamu menyukai sewa kamar yang cukup ramah di kantong serta kamar-kamar yang rapi dan bersih. Di samping itu, lokasi hotel yang berada di tengah kota memudahkan para pengunjung untuk mengakses berbagai spot populer di Tulungagung.

Sayangnya, sebagian tamu yang lainnya terlihat kurang puas akan fasilitas yang disediakan, terutama fasilitas kamar mandi. Selain itu, letak ruang keluarga yang berada di lantai tiga menyulitkan beberapa tamu karena belum ada fasilitas elevator atau lift. Para tamu yang pernah menginap pun menyarankan kepada mereka yang ingin check-in, agar terlebih dahulu memastikan kamar telah siap dipakai dan semua fasilitas tidak bermasalah, seperti WC mampet atau shower air panas tidak berfungsi.

Secara tampilan, bangunan Hotel Panorama memiliki arsitektur seperti hotel konvensional kebanyakan. Ketika sampai di tempat ini, Anda akan disambut bangunan setinggi tiga lantai, dengan dominasi warna putih diselingi kuning tua di dinding bangunan luar. Area parkir kendaraan terlihat sangat luas karena mampu menampung hingga puluhan unit kendaraan roda empat.

Hotel Panorama Tulungagung - @Hendra Marhendinata
Hotel Panorama Tulungagung – @Hendra Marhendinata

Sebagai sebuah akomodasi, pengelola Hotel Panorama telah melengkapi tempat ini dengan fasilitas yang cukup komplet. Saat bermalam, tamu akan menjumpai area atau di lantai dasar untuk bersantap sambil menikmati pemandangan sekitar. Tersedia juga gazebo di lingkungan area parkir dan, seperti disampaikan di atas, ruang keluarga di lantai tiga.

Lalu, bagaimana dengan fasilitas di dalam kamarnya? Fasilitas yang disediakan pengelola cukup representatif. Ketika menyewa kamar di tempat ini, turis akan mendapatkan ranjang double atau single yang nyaman lengkap dengan selimut dan bantal, kamar mandi pribadi plus shower dan water heater serta toilet duduk dan wastafel, AC, meja rias, kursi, televisi, lemari, tempat menjemur pakaian, hingga kursi untuk bersantai di depan kamar.

Tarif Hotel Panorama Tulungagung

Dengan fasilitas yang terbilang sangat memadai, sewa yang dipatok Hotel Panorama kepada tamu yang bermalam bisa dikatakan relatif terjangkau. Tarif kamar paling sebesar Rp170 ribuan per malam, sudah termasuk sarapan gratis untuk tiga orang. Sementara, kamar di atasnya disewakan dengan harga Rp200 ribu hingga Rp350 ribuan per malam.

Nah, jika Anda sedang berencana melakukan kunjungan ke Tulungagung dan berminat menginap di hotel ini, pemesanan kamar bisa Anda lakukan langsung di lokasi. Namun, apabila Anda tidak mau kehabisan kamar, jauh-jauh hari juga dapat Anda lakukan dengan menghubungi nomor telepon (0355) 335335.

Lihat Juga:   Alfa Resort, Kompleks Villa di dekat Taman Safari Cisarua




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan