Referensi dan Tarif Hotel di Ngadiluwih, Kediri




Sentra tanaman hias di Desa Rembang, Ngadiluwih, Kediri (sumber: jawapos.com)
Sentra tanaman hias di Desa Rembang, Ngadiluwih, Kediri (sumber: jawapos.com)

Apakah Anda pernah mendengar wilayah bernama Ngadiluwih? Ini adalah sebuah kecamatan yang berlokasi di Kabupaten , . Ngadiluwih bisa menjadi spot yang oke bagi Anda yang ingin mencari tempat liburan alternatif. Pasalnya, kawasan ini punya sejumlah yang menarik, seperti Wisata Air Sumber Sugih Waras, Sentra Tanaman Hias di Desa Rembang, hingga wisata kuliner. Sayangnya, Ngadiluwih belum memiliki fasilitas penginapan yang memadai, termasuk hotel.

Berbicara mengenai pariwisata di Jawa Timur, pamor Kota dan Kabupaten Kediri mungkin kalah bergaung dibandingkan Kota dan . Padahal, daerah yang dulunya merupakan salah satu kerajaan besar di Nusantara ini punya banyak potensi wisata yang tidak kalah oke dibandingkan tetangganya, Kabupaten Blitar sekalipun.

Beberapa yang sudah cukup populer di kalangan wisatawan adalah Gunung Kelud, Petilasan Sri Aji Joyoboyo, Candi Surowono, Candi Tegowangi, Ubalan, hingga Simpang Lima Gumul. Selain itu, ada pula Kawasan Wisata Besuki yang menawarkan keindahan Air Terjun Dolo dan Air Terjun Irenggolo, selain terdapat juga kebun stroberi dan jalur pendakian.[1]

Bukit Gandrung Tanggulasi (youtube: Bikers Pare Community)
Gandrung Tanggulasi (youtube: Bikers Pare Community)

Tak cukup di situ, wisatawan pun bisa berkunjung ke daerah Kandangan. Kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Malang dan Kabupaten Jombang tersebut memiliki Bukit Gandrung Tanggulasi, yang menawarkan keindahan Gunung Kelud, wilayah Jombang, dan kawasan Kasembon, Malang sekaligus.[2] Tidak hanya menawarkan pemandangan yang keren, Bukit Gandrung Tanggulasi juga sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang yang oke.

Jika itu belum cukup, pelancong bisa mampir ke Kecamatan Ngadiluwih, yang berbatasan dengan Kota Kediri. Kecamatan ini punya Wisata Air Sumber Sugih Waras, yang menawarkan pemandian air yang segar serta berbagai fasilitas outbound, seperti flying fox. Dinamakan Sumber Waras lantaran ada kepercayaan bahwa mereka yang sakit akan sembuh jika berendam di tersebut pada malam hari.

Lihat Juga:   The Backpacker Semarang, Penginapan Murah untuk Turis Low Budget

Sayangnya, untuk wisatawan yang datang dari jauh, terutama luar kota, cukup sulit menemukan penginapan di daerah Ngadiluwih, Kediri. Bahkan, hampir tidak ada akomodasi tipe hotel di kawasan tersebut. Namun, jika Anda ngebet bermalam di daerah ini, berikut rekomendasi sejumlah tempat bermalam yang berada cukup dekat dengan Ngadiluwih.

Berkah Property

Ilustrasi: buka pintu kamar tidur
Ilustrasi: buka pintu kamar tidur

Tempat bermalam ini terletak di Jalan Kediri-Tulungagung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Berkah Property memang bukan sebuah hotel, melainkan lebih cocok disebut rumah liburan karena pengelola menerapkan sistem satu rumah penuh. Dengan sistem tersebut, akomodasi sangat pas bagi pelancong yang datang bersama keluarga atau rombongan.

Sayangnya, informasi mengenai Berkah Property bisa dikatakan sangat minim. Penginapan ini hanya dikatakan menawarkan satu kamar tidur dengan fasilitas yang cukup baik, termasuk kolam renang, AC, dan kamar mandi plus toilet duduk, dengan tarif sekitar Rp600 ribuan per malam. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih detail, bisa mencari di beberapa situs booking online.

Bukit Daun Hotel and Resort

Bukit Daun Hotel & Resort Kediri (sumber: agoda.com)
Bukit Daun Hotel & Resort Kediri (sumber: agoda.com)

Akomodasi ini beralamat di Jalan Agrowilis No. 777, Puhsarang, Semen, Kota Kediri, Jawa Timur. Untuk menuju Kecamatan Ngadiluwih, wisatawan cukup berkendara sekitar 10 menit dari properti ini. Sementara, jika hendak jalan-jalan ke Lesehan Mang Demang, Terminal Bus Kediri, atau Gereja Tua Puhsarang, bisa berkendara sekitar lima menit dari penginapan ini.

Ada beberapa tipe kamar yang disiapkan Bukit Daun Hotel and Resort. Java Room misalnya, disewakan dengan tarif mulai Rp400 ribuan per malam (termasuk breakfast), sewa Mezzanine Room Rp650 ribuan per malam, biaya sewa Romantic Room sekitar Rp720 ribuan per malam, tarif Deluxe Garden Rp800 ribuan per malam, dan harga sewa Family Suite Rp1,2 jutaan per malam. Untuk , bisa melalui sejumlah online agent.

Insumo Palace Hotel & Resort

Insumo Palace Hotel & Resort (sumber: pegipegi)
Insumo Palace Hotel & Resort (sumber: pegipegi)

Anda bisa menemukan properti ini di Jalan Urip Sumoharjo No. 90, Kota Kediri, Jawa Timur. Insumo Palace Hotel & Resort hanya berjarak sekitar 8,77 km menuju Kecamatan Ngadiluwih. Apabila wisatawan ingin berbelanja di Dhoho Plaza, cukup berjalan kaki lima menit dari penginapan ini, sedangkan jarak menuju Stasiun Kediri sekitar 1,73 km.

Lihat Juga:   Villa Bambu, Akomodasi Desain Unik Dekat Eco Green Park Batu

Setidaknya, Insumo Palace Hotel & Resort menawarkan dua tipe kamar, yakni Superior Room dan Deluxe Room. Untuk kamar tipe pertama, disewakan dengan tarif mulai Rp258 ribuan per malam, sedangkan biaya sewa Deluxe Room sekitar Rp550 ribuan per malam, sudah termasuk sarapan gratis. Jika berminat, pemesanan dapat menghubungi nomor telepon (0354) 681888.

Viva Hotel Kediri

Viva Hotel Kediri (sumber: pegipegi)
Viva Hotel Kediri (sumber: pegipegi)

Lokasi penginapan ini berada di Jalan Letjen S. Parman No. 86, Kota Kediri, Jawa Timur,, atau berselang 9,44 km menuju Kecamatan Ngadiluwih. Apabila wisatawan ingin berburu kuliner bebek, bisa meluncur ke Bebek Ijo Bu Yayuk dengan jarak cuma 931 meter dari akomodasi. Sementara, apabila hendak menuju Stasiun Kediri, cukup berkendara sekitar lima menit dari properti.

Pengelola sudah menyiapkan kamar tipe Superior Twin dengan tarif mulai Rp285 ribuan per malam dan Deluxe Room dengan harga sewa berkisar Rp335 ribuan per malam. Biaya tersebut sudah termasuk fasilitas Wi-Fi gratis, tetapi belum mencakup sarapan. Apabila Anda tertarik mampir di tempat ini, dapat memesan via situs booking online atau nomor telepon (0354) 7415888.

[1] Halimi, Akhmad N. dan Asidigisianti Surya Patria. 2015. Perancangan Sign System Kawasan Wisata Besuki Kediri. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Surabaya, Vol. 3(2): 95-100.

[2] Sumarmi, Syamsul Bachri, Elya K. 2018. Pendampingan Pemetaan Potensi Pertanian Lokal dan Pengelolaannya dalam Mendukung Agro Ekowisata Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, Vol. 1(2): 125-134.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan