Homestay Kudus, Penginapan Fasilitas Lengkap Tarif Terjangkau di Jawa Tengah




Kamar Homestay Kudus (google: Dhamar Homestay)
Kamar Homestay Kudus (google: Dhamar Homestay)

merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Di daerah tersebut, ada sebuah penginapan bernama Kudus yang bisa dikatakan cukup terkenal di kalangan lokal. Selain karena yang tergolong terjangkau, juga karena fasilitas yang ditawarkan terbilang cukup lengkap.

Lokasi dan Fasilitas Homestay Kudus

Selain , bisnis yang berkembang di Kudus adalah homestay. Berbeda dengan kebanyakan yang memiliki banyak aturan dan terkesan lebih eksklusif, homestay menawarkan konsep yang lebih nyaman layaknya rumah sendiri, akrab, dan santai.[1] Nah, salah satu homestay yang layak sewa di Kudus adalah Homestay Kudus.

Homestay Kudus terletak di Krajan Kidul, Jepangpakis, Kudus, Jawa Tengah. Jika Anda datang dari arah Pati, Anda bisa melewati Jl. Raya Pantura selama 42 menit menggunakan kendaraan bermotor. Lokasi akomodasi ini terbilang cukup strategis, karena tidak jauh dari aneka fasilitas publik. Anda bisa menemukan warung makan, restoran keluarga, toko oleh-oleh, pusat perbelanjaan, mushola, dan masih banyak lagi.

Akomodasi tersebut menawarkan konsep hunian sederhana yang terbilang nyaman. Di depan gerbang penginapan, terdapat area parkir yang cukup luas dan aman. Selain itu, ada juga taman di dekat lahan parkir. Taman tersebut memang tidak cukup luas, tetapi sudah dilengkapi dengan kursi dan meja sebagai tempat bersantai.

Lokasi Homestay Kudus (google: Dhamar Homestay)
Lokasi Homestay Kudus (google: Dhamar Homestay)

Bagi Anda yang ingin nongkrong sekaligus leyeh-leyeh, Anda juga bisa melipir ke bagian ruang tengah. Ruang keluarga ini telah difasilitasi dengan TV, sofa yang empuk, meja kopi, lemari penyimpanan, dan masih banyak lagi. Ruang ini terbilang cukup luas dan sejuk meskipun tanpa AC. Ini karena ruang tengah memiliki dua pintu yang terhubung dengan taman dalam dan luar.

Lihat Juga:   Villa Sunrise Dau, Akomodasi Asri di Malang dengan Pemandangan Menawan

Tak jauh dari ruang keluarga, Anda bisa menemukan ruang tamu. Ruangan ini berada di balik teras rumah dengan jendela yang agak besar. Pengelola melengkapinya dengan meja kursi tamu yang cukup nyaman. Selain itu, Anda bisa melihat pemandangan berupa jalan desa dan taman dari ruang tersebut.

Bagi Anda yang lapar dan ingin memasak sendiri, di belakang ruang tengah telah terdapat dapur yang cukup luas. Dapur ini dibekali dengan peralatan masak lengkap, termasuk kompor gas, penggorengan, dan peralatan makan seperti piring dan sendok. Selain itu, juga ada mesin pembuat minuman dan lemari pendingin yang bisa Anda manfaatkan sewaktu-waktu.

Ruang dapur ini sudah menjadi satu dengan ruang makan. Di sebelah tempat memasak, ada set meja kursi dan lemari makan. Untuk kenyamanan tamunya, homestay tersebut juga menyiapkan beberapa macam bumbu dapur di lemari makan, antara lain garam, gula, dan merica bubuk. Sebagai pelindung makanan, di tengah meja makan ada tudung saji yang bisa Anda pakai.

Setiap di Homestay Kudus difasilitasi dengan perabotan lengkap, termasuk set meja rias, lemari pakaian, lemari penyimpanan, meja tidur, kasur yang nyaman, dan lainnya. Kamar tersebut juga memiliki jendela yang cukup besar dan menghadap ke arah taman. Meskipun kamar ini tidak dilengkapi dengan AC atau kipas angin, udara di dalamnya cukup sejuk, karena konsep bangunan yang tinggi dengan ventilasi udara yang cukup.

Lihat Juga:   Perpaduan Karang dan Sunset yang Elok di Pantai Batu Bengkung
Kamar Homestay Kudus (google: Dhamar Homestay)
Kamar Homestay Kudus (google: Dhamar Homestay)

Bagi Anda yang merasa hawa kamar di homestay kurang sejuk, pengelola sudah menyediakan kipas angin portable di ruang keluarga yang bisa Anda bawa ke kamar. Kipas angin tersebut cukup besar dengan posisi berdiri dan bisa dinyalakan menggunakan daya listrik. Anda bisa meletakkannya di sudut kamar yang dekat dengan stop kontak.

Sementara, kamar mandi di penginapan tersebut ada di dalam dan di luar kamar. Meskipun letaknya berbeda, tetapi fasilitasnya sama. Setiap kamar mandi dibekali dengan shower, bag air, toilet duduk, gantungan pakaian, dan kaca. Kamar mandi ini terbilang bersih dan wangi karena pengelola selalu merawatnya dengan baik.

Tarif Homestay Kudus

Menurut review pengunjung yang pernah singgah di Homestay Kudus, untuk menikmati semua fasilitas di tempat ini, Anda perlu membayar sewa kamar mulai Rp100.000 hingga Rp450.000 per malam per kamar. sewa kamar tersebut tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan pengelola. bisa Anda lakukan secara langsung di lokasi, karena penginapan belum terdaftar di situs online.

[1] Adita, Brigita Sekar. 2016. Transformasi Spasial Rumah Tinggal Lokal Menjadi Homestay di Surakarta (Tesis). Program Penciptaan dan Pengkajian Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan