Pantai Purin, Wisata Populer di Tegal Harga Tiket Murah




Pantai Purin Tegal - jateng.tribunnews.com
Pantai Purin Tegal - jateng.tribunnews.com

Berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, wisata di Tegal memang didominasi oleh . Ada banyak eksotis yang dapat Anda temukan ketika berkunjung ke kawasan ini. Nah, salah satu yang sempat menjadi primadona, namun sekarang nyaris terlupakan adalah Purwahamba Indah, atau sering juga disebut dengan Purin.

Sebagian orang mungkin lebih mengenal Tegal berkat warung-warungnya atau bahasa yang dikenal dengan bahasa ngapak (bahasa Banyumas), meski sebenarnya kebanyakan masyarakat setempat enggan disebut sebagai orang ngapak. Masih tidak terlalu banyak yang tahu bahwa Tegal juga memiliki beragam seni dan budaya serta wisata yang elok.

Primadona wisata Tegal memang tidak jauh-jauh dari pantai, mengingat daerah ini yang berada di kawasan pantura. Ada banyak pantai yang dapat Anda temukan saat berlibur ke kawasan ini, dan beberapa yang hits adalah Pantai Alam Indah Tegal (PAI), Pantai Larangan, Pantai Muara Reja, dan tentu saja Pantai Purwahamba Indah atau Pantai Purin.

Lokasi Pantai Purin Tegal

Objek wisata ini dapat Anda temukan tidak jauh dari jalur pantura (Cirebon-Tegal-Pekalongan), tepatnya di Jalan Raya Tegal-Pemalang KM 14. Jika bertolak dari Terminal Tegal, perlu menempuh perjalanan sejauh 15 km, sedangkan jarak dari Terminal Pemalang sekitar 10 km. Sementara, apabila Anda berangkat dari Slawi, bisa berkendara sekitar 30 menit untuk tiba di pantai ini.

Pantai ini sendiri masih satu garis dengan Pantai Alam Indah. Bedanya, jika Pantai Purin berada di Kabupaten Tegal, maka Pantai Alam Indah terletak di Kota Tegal. Keduanya merupakan tempat wisata bahari paling terkenal di seantero Tegal. Bahkan, popularitas Pantai Purin dan Pantai Alam Indah sudah tersohor hingga ke kabupaten-kabupaten sekitarnya.

Pantai Purin Tegal - www.liputan6.com
Pantai Purin Tegal – www.liputan6.com

Panorama dan Pantai Purin

Secara garis besar, tipe Pantai Purin sama dengan pantai-pantai umumnya yang berada di sepanjang jalur pantura. Pasir pantai berwarna cokelat agak kehitaman, tanpa adanya karang-karang gagah layaknya deretan pantai selatan Jawa. Selain itu, ombak di pantai ini pun relatif tenang, berbeda dengan pantai selatan yang terkenal dengan ombaknya yang ganas.

Meskipun tidak memiliki pasir yang putih, namun keindahan Pantai Purin tak lantas surut. Saat pantulan sinar matahari menyentuh laut ini, menjadikan pantai bak lautan berlian. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak wisatawan yang tergoda untuk menjamah lautan, baik basah-basahan sampai berburu kerang dan hewan laut lainnya.

Air laut yang berwarna biru pun membuat hati ingin menceburkan diri ke dalamnya, berenang ria ke sana dan kemari. Sementara, embusan angin laut, daun pohon kelapa yang menari-nari, terik matahari, dan deru ombak, dapat membuat pikiran kembali segar dari segala kepenatan masalah, terlebih jika Anda bersantai sembari menyeruput air kelapa segar yang diambil langsung dari pohonnya.

Dengan segala daya tarik yang ditawarkan, Pantai Purin memang sangat ideal sebagai tempat rekreasi dan bersantai, terlebih bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan jauh melewati jalur pantura dan membutuhkan sedikit waktu untuk rileks. Bahkan, tidak sedikit yang menyebut bahwa pantai ini menjadi primadona Jawa Tengah, terutama di daerah utara.

Masa keemasan Pantai Purin sendiri sekitar tahun 1990-an silam, ketika banyak orang yang melewati jalur pantura atau mengisi hari libur, mampir ke spot ini. Sayangnya, memasuki milenium ketiga, pamor Pantai Purin sedikit menurun. Jumlah wisatawan yang berkunjung mengalami penurunan. Nah, untuk meningkatkan kembali kunjungan turis, pihak pengelola pun mempercantik pantai ini dengan beragam fasilitas.

Saat ini, ketika Anda berkunjung ke Pantai Purin, Anda bisa menemukan berbagai wahana yang dapat dijadikan arena bermain bersama keluarga maupun teman. Sudah tersedia kolam renang berstandar internasional, arena waterboom, wahana sepeda air, kereta mini, kebun binatang mini, taman ria, pesawat terbang (film dokumenter), dermaga, gazebo, shelter, ruang pertemuan, kafe, hingga toilet yang lumayan bersih.

Tidak cuma itu, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal pun menyiapkan gelaran sedekah bumi untuk menarik lebih banyak pelancong ke Pantai Purin. Merupakan agenda rutin tahunan di berbagai objek wisata di Kabupaten Tegal, acara sedekah bumi ini diklaim mampu menarik minat ribuan orang untuk berwisata ke Pantai Purin.

Pantai Purin Tegal - irfairizqi.blogspot.com
Pantai Purin Tegal – irfairizqi.blogspot.com

Pantai Purin Tegal

Lalu, berapa yang diperlukan untuk bisa berwisata ke Pantai Purin? Dengan segala panorama dan fasilitas yang disajikan, tiket masuk ke Pantai Purin ternyata bisa dibilang sangat murah. Wisatawan hanya perlu membayar tiket seharga Rp3.500 per orang. Namun, jika hendak mencoba wahana yang tersedia, akan dikenakan tambahan.

Harga Tiket Wahana Pantai Purin Tegal

Jenis WahanaHarga Tiket
Naik Kereta ApiRp10.000 per orang
Naik Mobil ListrikRp10.000 per orang
Film 3D PesawatRp20.000 per orang
Tiket Taman WisataRp20.000 per orang

harga tiket dan wahana di Pantai Purin tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bocoran beberapa pengunjung. Perlu diingat bahwa harga tiket Pantai Purin di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Biasanya, ketika akhir pekan atau musim liburan seperti Lebaran, harga tiket masuk Pantai Purin mengalami kenaikan. 

Hotel Dekat Pantai Purin Tegal

Jika Anda kebetulan datang dari jauh dan hendak bermalam, tidak perlu khawatir. Pasalnya, sudah banyak tipe hotel atau lainnya yang dapat Anda temukan di Tegal. Khusus untuk yang berlokasi dekat Pantai Purin dan pantai utara lainnya antara lain Pesonna Hotel Tegal, Riez Palace Hotel, PrimeBiz Hotel Tegal, serta Gren Hotel Tegal, dengan jarak rata-rata 2 km saja.

Lihat Juga:   Harga Tiket Pantai Parang Dowo, Objek Wisata Unik di Malang Selatan




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan