Rekomendasi Wisata di Sintang yang Populer di Kalangan Milenial




Serantung Waterpark - @giofanny parwandi
Serantung Waterpark - @giofanny parwandi

Berlibur ke Kalimantan Barat, tidak ada salahnya jika Anda singgah ke Sintang. Letaknya tidak jauh dari Kabupaten Sekadau. Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dan menempuh waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Di daerah tersebut, terdapat banyak tempat wisata, mulai dari wisata alam hingga wisata wahana. Tempat ini cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

Sintang letaknya tidak jauh dari Sungai Kapuas. Bagi Anda yang belum pernah melihat sungai terpanjang di Indonesia itu, Anda bisa melihatnya secara langsung melewati Sintang. Sungai Kapuas sendiri biasanya digunakan sebagai salah satu jalur bagi penduduk sekitar. Selain Sungai Kapuas, berikut adalah beberapa tempat wisata yang ada di Sintang.

Bukit Kelam

Bagi Anda yang hobi berwisata alam, bisa mencoba pergi ke Bukit Kelam. Ini merupakan salah satu bukit berbatu dengan pemandangan alam yang indah. Terdapat banyak pohon dan tumbuhan berbunga di sekitarnya. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Bukit Kelam, bisa membawa peralatan mendaki. Pasalnya, meskipun tidak setinggi gunung, namun trekking di Bukit Kelam juga cukup melelahkan.

Anda bisa membawa beragam peralatan dan untuk perbekalan selama mendaki bukit. Bukit Kelam memang terkenal dengan pemandangan indahnya yang hijau, dan menurut beberapa pengunjung, belum lengkap rasanya jika Anda berada di Kalimantan Barat tetapi belum menginjakkan kaki di Bukit Kelam.

Untuk mencapai Bukit Kelam dari Kecamatan Sintang, Anda perlu menggunakan kendaraan bermotor dan menempuh waktu perjalanan selama 41 menit dengan jarak sekitar 25,7 km. Rute perjalanannya pun tidak sulit, Anda hanya perlu melewati Jl. Kelam dan menyusuri Jl. Lkr. Kelam. Jika Anda bingung dengan rute perjalanan, Anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar atau menggunakan perangkat GPS.

Bukit Kelam - travel.detik.com
Bukit Kelam – .detik.com

Gua Maria Bukit Kelam

Tidak jauh dari Bukit Kelam, Anda bisa singgah ke Gua Maria. Ini merupakan salah satu objek wisata alam sekaligus religi di Sintang. Gua Maria sendiri dikelilingi oleh pemandangan alam yang asri serta gemericik air terjun yang biasanya terdengar dari dalam hutan. Di gua tersebut, Anda juga bisa mengunjungi taman bunga yang indah dengan bangku-bangku taman.

Di taman tersebut, Anda bisa berfoto dan berpiknik. Kebanyakan orang yang pergi ke Gua Maria tidak hanya melakukan wisata saja, ada juga yang melakukan doa bersama. Tak jarang pula, Anda akan menemukan para pemuka agama yang berkunjung ke tempat tersebut.

Untuk mencapai Gua Maria dari Bukit Kelam, Anda hanya perlu lurus saja mengikuti Jl. Lkr. Kelam selama 1 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Jaraknya yang dekat membuat sebagian besar yang berada di Bukit Kelam tertarik singgah ke Gua Maria.

Gua Maria Bukit Kelam - www.tripadvisor.com
Gua Maria Bukit Kelam – www.tripadvisor.com

Hutan Wisata Baning

Masih seputar wisata alam, Anda bisa mengunjungi Hutan Wisata Baning. Letaknya tidak jauh dari Kota Sintang, tepatnya di wilayah Baning. Spot liburan ini merupakan satu-satunya hutan tropis alami di Indonesia dan menjadi bagian dari hutan kota di Sintang. Selain itu, Hutan Wisata Baning juga termasuk ke dalam hutan rawa gambut, sehingga Anda bisa menemukan beberapa tumbuhan endemik.

Hutan yang ramah dikunjungi tersebut sudah memiliki beberapa fasilitas yang disediakan untuk pengunjungnya. Ada jalan setapak yang terbuat dari kayu sebagai jalan utama agar kaki Anda tidak kotor terkena tanah gambut ketika berkunjung. Di beberapa spot, juga telah disediakan tempat duduk yang bisa Anda gunakan untuk bersantai atau beristirahat sejenak.

Dari pusat Kota Sintang menuju Hutan Wisata Baning, Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 6 menit menggunakan kendaraan bermotor. Rute perjalanannya pun tidak sulit, Anda hanya perlu lurus mengambil arah ke tenggara menuju Jl. Lintas Kalimantan Poros Tengah. Lewati jalan tersebut dan ikuti Jl. Lintas Sintang-Putusibau, Anda akan segera menemukan tujuan di sebelah kanan jalan.

Hutan Wisata Baning - travelingyuk.com
Hutan Wisata Baning – travelingyuk.com

Taman Nasional Bukit Baka

Menawarkan pemandangan sungai dan hutan yang asri, Taman Nasional Bukit Baka menjadi salah satu destinasi wisata alam populer di Sintang. Banyak pengunjungnya berasal dari wisatawan lokal dan mancanegara. Selain menikmati pemandangan alam, Anda juga bisa mencoba melewati jembatan gantung di atas sungai yang jernih.

Menghadirkan sebuah tantangan sendiri bagi pengunjung, jembatan tersebut yang membuat Taman Nasional Bukit Sintang populer. Taman Nasional Bukit Baka sendiri sebenarnya bagian dari wilayah konservasi. Meskipun begitu, para pengunjung tetap diperbolehkan memasuki area tersebut dengan bebas.

Ada persyaratan yang harus Anda penuhi jika datang ke tempat tersebut. Anda tidak boleh secara sembarangan membuang sampah dan merusak tumbuhan di sekitar. Untuk ke Taman Nasional Bukit Baka, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh sekitar 4 menit dari pusat Kota Sintang.

Taman Nasional Bukit Baka - www.mongabay.co.id
Taman Nasional Bukit Baka – www.mongabay.co.id

Serantung Waterpark

Jika Anda bosan dengan pemandangan alam dan ingin bermain wahana, Anda bisa mencoba singgah ke Serantung Waterpark. Tempat ini menyediakan beragam wahana air, mulai dari seluncuran hingga . Di area Serantung Waterpark, juga terdapat berbagai macam spot foto dengan mural 3D yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat selfie.

Anda juga bisa menikmati keindahan taman bunga yang ada di Serantung Waterpark. Kelengkapan fasilitas serta wahana yang seru membuat tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Selain itu, harga tiketnya juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10 ribuan per orang. Untuk mencapai tempat tersebut, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh sekitar 9 menit dari pusat Kota Sintang.

Serantung Waterpark - @giofanny parwandi
Serantung Waterpark – @giofanny parwandi

Itulah beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi ketika berlibur di Sintang. Sebelum berkunjung ke tempat-tempat wisata di atas, pastikan Anda membawa perlengkapan yang memadai. Selain itu, pastikan juga kendaraan yang Anda tumpangi dalam kondisi baik.

Lihat Juga:   Wajib Coba! Ini Tempat Bermain Anak yang Seru di Bandung




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan