Info Terbaru Harga Tiket Masuk dan Penginapan di Pantai Pasir Putih, Situbondo




Pantai Pasir Putih Situbondo (sumber: fotowisata.com)
Pantai Pasir Putih Situbondo (sumber: fotowisata.com)

Jika menyebut destinasi di , mungkin yang langsung terbesit di dalam benak adalah Gunung Bromo. Jika tidak, mungkin adalah pantai-pantai yang ada di Malang, Jember, atau Banyuwangi. Selain spot-spot tersebut, masih banyak destinasi wisata yang bisa dijelajahi di provinsi paling timur Pulau Jawa tersebut, salah satunya Pantai Pasir Putih yang berada di .

Pantai Pasir Putih

Secara administratif, Pantai Pasir Putih terletak di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kabupaten Situbondo sendiri berada di pesisir utara Pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda dan dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung Baluran, dan lokasi usaha perikanan. Dengan lokasi yang strategis ini, perekonomian Situbondo memang tampak aktif dengan memiliki Pelabuhan Panarukan yang tersohor sebagai ujung timur dari Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan yang dibangun oleh Daendels pada masa penjajahan Belanda.

Sebagai salah satu tujuan wisata, Kabupaten Situbondo mengusung motto “East Side of Paradise”. Di kawasan ini, terdapat banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, di antaranya Taman Nasional Baluran (termasuk Gunung Baluran, Savana Bekol, Pantai Bama, Pantai Bilik, dan Forever Green Forest), Puncak Rengganis, Pantai Tampora, Air Terjun Talempong, hingga Arung Jeram Samir Indah. Namun, wisata yang bisa dibilang paling populer di kawasan Situbondo adalah Pantai Pasir Putih.

Untuk menuju Pantai Pasir Putih, jika Anda berangkat dari Surabaya, Anda membutuhkan waktu sekitar 4 jam dengan menumpang transportasi bus. Namun, jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Situbondo, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit berkendara untuk bisa sampai di Pantai Pasir Putih ini. Jika berangkat dari timur, Anda bisa berangkat dari Banyuwangi dan langsung menuju Situbondo. Sementara, jika berangkat dari arah barat, Anda bisa melewati Probolinggo dan langsung menuju Situbondo. Tersedia angkutan umum seperti minibus atau bus dari Situbondo yang dapat mengantarkan Anda ke lokasi pantai.

Keindahan Pantai Pasir Putih

Panorama sunset di Pantai Pasir Putih Situbondo (flickr: Puguh Yudha R.)
Panorama sunset di Pantai Pasir Putih Situbondo (flickr: Puguh Yudha R.)

Berbeda dengan pantai di laut selatan yang cenderung memiliki ombak besar, maka ombak di Pantai Pasir Putih ini lebih tenang, dan bahkan nyaris tidak berombak. Kondisi tersebut membuat wisatawan dapat menemukan berbagai petualangan bawah laut mengasyikkan di pantai tersebut. Pantai Pasir Putih sendiri memiliki topografi yang unik, dengan bentuknya yang melengkung ke arah laut. Dengan bentuknya yang melengkung serta hutan kehijauan di tepian, pantai ini menyuguhkan sebuah lanskap indah. Barisan pepohonan cemara udang, kelapa, serta deretan pepohonan jati memberikan udara sejuk dan menghadirkan ketenangan di kawasan pantai tersebut.

Pada bagian hutan di pantai ini, wisatawan juga dapat melihat sejumlah satwa berkeliaran di pepohonan. Salah satunya adalah kera hitam, satwa yang kerap kali berebutan makanan di jalan masuk Pantai Pasir Putih. Suara kicauan burung juga terdengar sepanjang hari. Keberadaan hutan ini adalah salah satu pesona unik yang dimiliki Pantai Pasir Putih tersebut.

Lihat Juga:   Penginapan Krisna, Akomodasi Sederhana dan Murah di Bungurasih

Keindahan lainnya yang ditawarkan Pantai Pasir Putih, sesuai namanya, tentu saja pasirnya yang berwarna putih dan bersih. Dengan relief pantai yang landai, ombak laut terasa sungguh kecil. Belum lagi ditambah dengan beningnya air laut yang memperlihatkan Anda formasi terumbu karang serta biota laut yang ada di dalamnya.

Aktivitas yang paling banyak dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke pantai ini adalah berenang dan bermain-main air laut. Jika Anda tidak begitu mahir berenang, tersedia ban pelampung yang memang disewakan untuk pengunjung. Anda akan mudah mendapatkan ban pelampung ini di sekitar kawasan pantai.

Di samping itu, kegiatan yang juga sering dilakukan di Pantai Pasir Putih adalah berlayar dengan perahu, menyusuri kawasan sekitar pantai sambil mengeksplorasi panorama pantai yang mengagumkan. Karena air laut yang jernih dan bening, wisatawan dapat menikmati suguhan alam bawah laut yang indah, mulai karang hingga biota laut lainnya. Perahu-perahu sewaan ini juga dilengkapi dengan kotak kaca sehingga wisatawan dapat langsung melihat ke bawah laut. Perahu layar sendiri merupakan salah satu ciri khas Pantai Pasir Putih.

Jika Anda mahir berenang, Anda mungkin bisa melakukan snorkeling di pantai ini. Alam bawah laut Pantai Pasir Putih adalah tempat tumbuhnya terumbu karang yang mencapai radius hingga empat kilometer. Arus laut yang tenang serta airnya yang jernih adalah keunggulan lainnya yang disukai banyak penikmat diving di Pantai Pasir Putih.

Diving di Pantai Pasir Putih Situbondo (sumber: wisataid.com)
Diving di Pantai Pasir Putih Situbondo (sumber: wisataid.com)

Secara total, ada lima gugusan terumbu karang di Pantai Pasir Putih. Tiga gugusan di antaranya, yaitu Teluk Pelita, Watu Lawang, dan Karang Mayit, terletak dekat dengan tepian pantai dan berada saling berdekatan satu sama lain. Kedalamannya bervariasi, mulai dari 3 meter hingga 15 meter. Pemandangan utama di gugusan ini adalah koral berwarna-warni, spons, dan binatang laut tembus pandang.

Sementara, dua gugusan terumbu karang lainnya, yaitu Takat Palapa dan Kembangsambi, berada agak jauh dari pantai. Untuk bisa mencapai gugusan-gugusan ini, wisatawan harus menaiki perahu motor selama sekitar dua jam. Biota laut yang mudah dilihat di gugusan-gugusan tersebut adalah siput laut. Terkadang, ada juga sekelompok ikan bergaris putih, merah, dan biru terlihat melintasi terumbu karang. Jika beruntung, wisatawan juga dapat menemukan penyu sisik di dasar lautan.

Jika Anda hanya ingin bersantai, Anda bisa melakukan kegiatan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau duduk-duduk sambil menikmati suasana pantai ditemani dengan segarnya es kelapa muda. Dukungan infrastruktur di Pantai Pasir Putih juga tergolong lengkap. Sejumlah sudah disediakan di kawasan ini, mulai musala dan mandi, sejumlah bangku beton yang dapat digunakan untuk bersantai, hingga beberapa kios souvenir bagi mereka yang ingin membeli cindera mata.

Lihat Juga:   Rekomendasi dan Harga Hotel di Berastagi

Tiket Masuk Pantai Pasir Putih

Dengan panorama yang indah, suasana yang menyegarkan, serta beberapa kegiatan yang mengasyikkan, ternyata untuk bisa masuk ke kawasan Pantai Pasir Putih, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp10.000 per orang untuk membayar tiket. Sebuah harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan pesona yang ditawarkan pantai ini. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian kawasan pantai ini selalu ramai diserbu wisatawan, terutama di akhir pekan dan musim .

Untuk menunjang sektor pariwisata Pantai Pasir Putih, di kawasan pantai tersebut juga telah didirikan beberapa akomodasi penginapan bagi wisatawan luar daerah yang ingin bermalam. Berikut beberapa penginapan yang berlokasi dekat dengan Pantai Pasir Putih.

Penginapan Dekat Pantai Pasir Putih

Papin Inn

Hotel Papin Inn - situbondomart.com
Hotel Papin Inn – situbondomart.com

Akomodasi ini beralamat di Jalan Raya Pasir Putih No. 214, Pasir Putih, Situbondo. Menurut review beberapa tamu yang pernah menginap di hotel ini, Hotel Papin Inn merupakan penginapan yang sangat dekat dengan Pantai Pasir Putih dan menyediakan kamar dengan tarif mulai Rp200 ribuan per malamnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai fasilitas dan tarif kamar di hotel ini, Anda bisa menghubungi nomor (0338) 390022.

Hotel Sidomuncul 1

Penginapan ini berada di Jalan Raya Pasir Putih, Situbondo. Dari Pantai Pasir Putih, Hotel Sidomuncul 1 hanya berjarak sekitar 8,37 km. Sementara, jika wisatawan ingin berkunjung ke Pantai Tampora, mereka harus melakukan perjalanan sejauh 12,35 km dari akomodasi ini. Menurut review dari beberapa tamu, Hotel Sidomuncul 1 menjadi pilihan yang bijak jika ingin berwisata ke Pantai Pasir Putih.

Hotel Sidomuncul 1 - situbondomart.com
Hotel Sidomuncul 1 – situbondomart.com

Fasilitas yang disediakan di penginapan ini mencakup layanan kamar 24 jam, area parkir, akses Wi-Fi di area umum, kafe, restoran, AC, hingga jasa tur dan meja depan 24 jam. Sementara, fasilitas pendukung yang disediakan di dalam kamar mencakup ranjang, TV, dan juga kamar mandi pribadi plus shower. Jika Anda menginap di hotel ini, Anda bisa merogoh kocek mulai Rp200 ribuan per malam. Untuk informasi atau reservasi, bisa langsung menghubungi nomor telepon (0338) 390320.

Pondok Wisata Foresta

Pondok Wisata Foresta - wanawisataperhutani.blogspot.co.id
Pondok Wisata Foresta – wanawisataperhutani.blogspot.co.id

Akomodasi ini berlokasi di Jalan Raya Pasir Putih No. 101, Bungatan, Pasir Putih, Situbondo. Pondok Wisata Foresta merupakan penginapan yang dikelola oleh Perum Perhutani dan menyajikan panorama indah Pasir Putih serta memiliki total 15 kamar dengan kapasitas maksimal 30 orang. Selain fasilitas di dalam kamar seperti ranjang, TV, dan kamar mandi pribadi, para tamu juga bisa menikmati kafe yang telah dilengkapi dengan ruang karaoke. Untuk mengetahui besaran tarif pondok wisata ini atau melakukan booking kamar, Anda bisa langsung menghubungi nomor telepon (0338) 390060.

[Update: goAlmasshabur]




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan