Harga Tiket Masuk Curug Cilember Bogor

Harga, tiket, masuk, Curug, Cilember, Cisarua, Bogor, wisata, air, terjun, alam, taman, konservasi, kupu, camping, ground, pondok, sewa, biaya, tarif, perkemahan, tenda, kapasitas, pengujung, 7, jalan, lokasi, rute, 1, outbond

Curug Cilember merupakan kawasan wisata air terjun yang ada di Bogor. Cilember sendiri sebenarnya adalah nama sebuah desa yang terletak di Cisarua, , , Jawa Barat. Wisata air terjun ini menjadi kawasan wisata yang cukup menantang bagi para pengunjung karena di dalamnya terdapat tujuh buah air terjun yang bisa dinikmati dalam satu kawasan sekaligus.

Menyebut nama Cisarua, tentunya bukanlah sebuah nama asing bagi warga Jakarta yang hendak bepergian ke Puncak. Belum lagi ikon wisata, yaitu Taman Safari Indonesia juga berada di wilayah yang sama. Itulah salah satu alasan mengapa Curug Cilember menjadi salah satu tujuan wisata alam atau air yang cukup favorit. Bukan hanya bagi warga Bogor tetapi juga bagi warga Jakarta, dan juga turis asing.

Setiap pengunjung boleh mencoba tantangan di kawasan wisata Curug Cilember karena setiap air terjun mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda di setiap levelnya. Curug Cilember 7 disebut-sebut sebagai zona yang paling mudah untuk dicapai. Semakin kecil nomor air terjun, maka semakin menantang pula medan yang akan dilalui untuk menikmati keindahannya.

Curug Cilember yang lokasinya terletak paling bawah dan dekat dengan pintu masuk adalah Curug Cilember 7. Kawasan yang paling mudah diakses ini tentunya menjadi yang paling ramai untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Jika belum puas, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju Curug Cilember 5, dengan melewati jalan setapak yang berbatu dan cukup licin.

Semakin tinggi level air terjun, tentunya semakin sulit pula medan yang harus ditempuh oleh pengunjung. Mulai dari Curug Cilember 4, jalan yang akan dilewati semakin terjal dan berbatu. Sebaiknya, para pengunjung menggunakan jasa seorang pemandu untuk bisa mencapai Curug Cilember teratas. Perjalanan menuju Curug Cilember paling atas biasanya akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Namun, perjalanan yang cukup panjang tersebut akan sebanding dengan keindahan yang bisa dinikmati di air terjun Curug Cilember teratas. Karena tempatnya masih sangat alami dan terawat.

Untuk Anda penduduk Jakarta, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam untuk bisa mencapai kawasan ini. Anda harus menuju ke arah Puncak melewati tol Ciawi. Sesampainya di Cisarua, berbelok ke arah kiri menuju Curug Cilember yang juga searah dengan Taman . Setelah menemukan Taman Matahari, Anda bisa melihat banyak rumah penduduk dan juga ataupun penginapan lainnya di sepanjang jalan.

Harga, tiket, masuk, Curug, Cilember, Cisarua, Bogor, wisata, air, terjun, alam, taman, konservasi, kupu, camping, ground, pondok, sewa, biaya, tarif, perkemahan, tenda, kapasitas, pengujung, 7, jalan, lokasi, rute, 1, outbond

Loket pembelian masuk Curug Cilember (youtube: Nara_114)

Setelah berjalan beberapa kilometer, Anda akan sampai di gerbang kawasan wisata Curug Cilember. Meskipun agak sempit dan juga berliku, namun jalan menuju kawasan ini sudah cukup baik dan beraspal. Namun Anda harus tetap berhati-hati ketika berpapasan dengan kendaraan lain di tengah perjalanan.

Lihat Juga:   Tiket Masuk, Panorama, dan Kegiatan di Wonder Hill Jojogan, Pangandaran

Untuk mencapai kawasan air terjun, setiap pengunjung harus siap untuk melakukan trekking sebelum menikmati indahnya Curug Cilember Bogor. Namun Anda tak perlu khawatir akan tersesat, karena berbagai papan penunjuk jalan dan kawasan air terjun Curug Cilember sudah tersedia dengan lengkap. Meski trekking menuju air terjun cukup melelahkan, hal ini akan sepadan dengan keindahan yang bisa Anda nikmati.

Harga Tiket Masuk Curug Cilember

Untuk menikmati keindahan alam di kawasan air terjun Curug Cilember, Anda hanya akan dikenakan tarif tiket masuk seharga Rp6.000 per orang. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya tambahan, yakni sebesar Rp8.000 untuk mobil, dan sebesar Rp4.000 untuk sepeda motor. Akan tetapi tarif tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

di Sekitar Curug Cilember

Selain sejuk dan indahnya air terjun, Anda juga bisa mengunjungi kawasan Taman Konservasi Kupu-Kupu yang masih dalam satu kawasan dengan Curug Cilember. Untuk memasuki kawasan berbentuk kubah jaring raksasa ini, Anda cukup mengeluarkan biaya pembelian tiket sebesar Rp5 ribu. Di dalam taman, Anda akan disambut oleh petugas yang akan menjelaskan berbagai hal seputar kupu-kupu, seperti proses metamorfosis kupu-kupu dari telur, ulat, kepompong, hingga menjadi kupu-kupu dewasa. Anda pun bisa mengetahui berbagai jenis kupu-kupu dari jenis ulatnya.

Lihat Juga:   Harga Tiket Masuk Taman Budaya ‘GWK’ di Bali

Kawasan wisata Curug Cilember yang berada di ketinggian 800 mdpl ini dilingkupi dengan kawasan hutan hijau yang memberikan udara yang sangat sejuk. Saat kelelahan, Anda bisa beristirahat sejenak di warung-warung kecil yang ada di sekitar air terjun. Di sana terdapat berbagai makanan seperti jagung bakar, sate kelinci, dan juga mi instan. Beberapa warung juga menjual berbagai suvenir menarik yang bisa dibeli sebagai buah tangan.

Harga, tiket, masuk, Curug, Cilember, Cisarua, Bogor, wisata, air, terjun, alam, taman, konservasi, kupu, camping, ground, pondok, sewa, biaya, tarif, perkemahan, tenda, kapasitas, pengujung, 7, jalan, lokasi, rute, 1, outbond

Curug pertama (7) di kawasan wisata alam Curug Cilember (sumber: Pinterest)

Salah satu fasilitas yang menjadi favorit untuk berfoto adalah jembatan cinta. Jembatan cinta merupakan jembatan gantung yang bergoyang-goyang saat dilintasi. Untuk pengunjung yang menyukai kegiatan outbond, bisa menikmati keseruan flying fox yang tersedia di kawasan ini.

Jika Anda ingin bermalam di kawasan Curug Cilember yang indah dan sejuk, Anda bisa menyewa pondok wisata dengan yang beragam. Fasilitas pondok yang paling mahal biasanya dilengkapi dengan 3 kamar tidur, dapur, water heater, dan tungku pemanas. Untuk menyewa pondok ini, Anda bisa menyediakan dana sebesar Rp700 ribuan hingga Rp900 ribuan.

Apabila beruntung, Anda bisa menemukan pondok-pondok lainnya dengan fasilitas yang sama namun harga lebih murah. Bagi para petualang, Anda bisa menikmati Curug Cilember dengan berkemah di lokasi camping ground. Tak usah repot membawa perlengkapan berkemah, karena kawasan ini juga menyediakan perlengkapan tersebut untuk disewakan. Kawasan camping ground juga telah dilengkapi dengan MCK dan keamanan yang terjamin.

Untuk menyewa tenda, harga yang ditawarkan cukup beragam tergantung ukuran tenda. Untuk kapasitas 2 orang bisa disewa dengan harga Rp125.000 per malam. Sementara untuk kapasitas 6 orang sebesar Rp250.000 per malam, dan tenda besar kapasitas 10 orang seharga Rp350.000 per malam.

Sejak dahulu Curug Cilember memang dikenal sebagai sebuah tempat yang menjadi tujuan kegiatan yang berkaitan dengan cinta pada alam. Kondisi lingkungannya sangat mendukung hal itu. Pramuka dan pecinta alam sering menggunakan lokasi ini sebagai tempat hiking, trekking, kemping/camping dan sejenisnya. Hingga saat ini lokasi wisata ini pun tetap dipergunakan untuk tujuan tersebut.

Wisma Firman Wisma Firman Rp 192.771 grade 0
IZI Hotel IZI Hotel Rp 330.000 grade 2

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>