Harga Tiket Air Terjun Tembok Barak, Spot Eksotis di Singaraja




Air Terjun Tembok Barak - lifestyle.okezone.com
Air Terjun Tembok Barak - lifestyle.okezone.com

Berkunjung ke Bali, belum lengkap rasanya jika Anda tidak menikmati keindahan alamnya. alam di Pulau Dewata tersebut tidak hanya melulu pantai, tetapi juga ada beragam kece yang dapat Anda datangi. Nah, salah satu yang populer yang punya panorama eksotis adalah Tembok Barak.

Air Terjun Tembok Barak merupakan salah satu air terjun yang sudah dikunjungi oleh banyak lokal dan mancanegara. Air terjun yang berada di Sukasada tersebut, merupakan salah satu potensi alam sekaligus potensi wisata daerah di Bali. Lokasinya yang strategis dan mudah dilewati membuat spot tersebut semakin banyak diminati.[1]

Air Terjun Tembok Barak

Berlokasi di Gg. Cengkeh, Sambangan, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali, Anda tidak perlu bersusah payah melakukan untuk sampai ke lokasi. Jalanan yang tidak begitu terjal dan rata, mempermudah Anda untuk mengakses air terjun ini. Letaknya bahkan terbilang strategis, karena letak air terjun tersebut tidak begitu jauh dari beberapa fasilitas publik, seperti warung makan, restoran, salon, beberapa gedung sekolah.

Terdapat dua pura yang bisa menjadi patokan jika Anda pergi ke Air Terjun Tembok Barak, yaitu Pura Taman Suci dan Pura Desa Adat Pumahan. Patokan lainnya untuk mempermudah Anda, yaitu Terminal Sukasada dan Patung Tri Yudha Sakti. Dari Terminal Sukasada menuju Air Terjun Tembok Barak, jaraknya sekitar 13 menit berjalan kaki atau sekitar 5 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Lihat Juga:   Update Harga Tiket Masuk Kampung Karuhun, Eco Green Park-nya Sumedang

Jika Anda ingin berjalan kaki, Anda bisa melewati rute Jl. Sangket. Dari utara, Anda harus melewati Jl. I Dewa Made Keler terlebih dahulu hingga Anda menemukan perempatan. Belok kanan dan ikuter terus jalan tersebut hingga Anda menemukan Pura Dalem Desa Sambangan. Lewati pura tersebut hingga Anda menjumpai pertigaan dengan patokan Mebel UD. Sinar Cemerlang.

Air Terjun Tembok Barak - www.kintamani.id
Air Terjun Tembok Barak – www.kintamani.id

Belok kanan dan ikuti terus jalan tersebut, Anda akan menemukan tanda papan selamat datang di Air Terjun Tembok Barak. Letak air terjun memang tidak jauh dari pemukiman penduduk. Meskipun begitu, keasrian dan suasana alam yang bersih masih terjaga dengan baik.

Bagi Anda yang masih bingung dengan rute perjalanan di atas, Anda bisa bertanya ke penduduk sekitar. Jika lokasinya sudah dekat, biasanya penduduk sekitar yang ramah akan mengantar Anda hingga sampai ke tempat tujuan. Akan lebih mudah dan praktis lagi jika Anda menggunakan aplikasi GPS dalam smartphone Anda.

Masuk Air Terjun Tembok Barak

Air Terjun Tembok Barak tidak seperti air terjun pada umumnya. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing tinggi berwarna kemerahan, dan warnanya akan lebih jelas ketika terkena sinar matahari pagi. Momen tersebut sering dimanfaatkan pelancong untuk berfoto dengan beragam pose yang menarik.

Karena memiliki tebing yang berwarna kemerahan, air terjun ini dinamakan Air Terjun Tembok Barak atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan Air Terjun Berdinding Merah. Di sekeliling tebing, terdapat aneka ragam tanaman pohon dan bunga yang membuat suasana di lokasi menjadi sejuk dan segar.

Lihat Juga:   20 Penginapan Paling Direkomendasikan di Bunaken, Sulawesi Utara

Warna air yang ada di pinggiran air terjun berwarna bening, dan jika difoto terkadang akan tampak nuansa hijau kebiruan yang indah. Karena itu, tak jarang orang berfoto dengan objek air yang berada di pinggiran air terjun. Sementara, air terjun tidak terlalu dalam, karena terdapat banyak batuan di dalamnya. Batuan kali tersebut akan tampak seperti bercahaya ketika ditimpa sinar matahari pagi. Ini membuat pantulan yang indah jika dilihat dari permukaan air.

Air Terjun Tembok Barak - www.qupas.id
Air Terjun Tembok Barak – www.qupas.id

Selain bisa berfoto dengan keluarga atau teman, Anda juga bisa mengajak mereka untuk berpiknik. Anda bisa menggelar tikar di pinggiran air terjun atau duduk santai di bebatuan sambil menikmati hidangan yang Anda bawa. Suasana yang asri akan membuat piknik Anda menjadi semakin berkesan.

Menurut beberapa pengunjung yang pernah singgah, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk membayar masuk ke Air Terjun Tembok Barak, alias gratis. Meskipun begitu, ada baiknya Anda memberi sedikit uang seikhlasnya untuk beramal kepada penjaga air terjun.

[1] Rahman, Fahyumi & I Putu Ananda Citra. 2018. Karakteristik Air Terjun sebagai Potensi Wisata Alam di Kecamatan Sukasada. e-Journal Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Ganesha Bali Indonesia, Vol. 6(3): 133-145.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan