Pilihan Penginapan di Waduk Cirata, Purwakarta




Corner House Cianjur - www.booking.com
Corner House Cianjur - www.booking.com

Berbicara bendungan, Waduk Jatiluhur mungkin menjadi spot paling terkenal di Purwakarta. Meski demikian, Anda tidak boleh mengesampingkan pesona Waduk Cirata. Diklaim sebagai bendungan PLTA terbesar di Asia Tenggara, waduk ini menawarkan pemandangan yang elok dan fasilitas yang terbilang memadai, termasuk penginapan.

Berlokasi di kawasan Buangan, Kecamatan Cipeundeuy, Purwakarta, sebenarnya Waduk Cirata berada di tiga daerah, yakni Purwakarta, Cianjur, dan Kabupaten . Karena itu, tidak mengherankan jika ada yang menyebut spot ini dengan nama Waduk Cirata Purwakarta, Waduk Cirata Cianjur, atau Waduk Cirata .

Waduk ini berada di perlintasan utama Bandung-Jakarta. Jika Anda menggunakan tol Cipularang dari arah Bandung, bisa keluar di pintu tol Cikalong Wetan dan lanjut menuju arah Cirata. Sementara, apabila berangkat dari arah Jakarta, bisa keluar di pintu tol Jatiluhur lalu menuju ke arah Plered. Jika bertolak dari Cianjur, bisa langsung menggunakan rute yang menyusuri Waduk Cirata via Cikalong Kulon.

Bendungan ini sendiri dibangun dalam dua tahap. Tahap pertama pada tahun 1983 hingga 1988, sedangkan tahap kedua pada tahun 1995 hingga 1997. Dengan luas total mencapai 43,7 meter persegi, Waduk Cirata terletak di daerah aliran sungai Citarum dan Waduk Saguling yang menyediakan genangan air karena punya posisi yang lebih tinggi.

Saat Anda memutuskan berlibur ke kawasan ini, Anda akan dimanjakan dengan hamparan air yang dihiasi pembudidayaan ikan jaring apung. Dari pinggiran danau, wisatawan dapat melihat pemandangan yang menakjubkan serta perahu-perahu nelayan. Keindahan ini semakin komplet karena dikelilingi bukit hijau, plus pemandangan matahari terbenam saat sore menjelang.

Tidak hanya menyaksikan keindahan waduk sambil nongkrong-nongkrong cantik, pelancong pun dapat menjelajahi wilayah perairan bendungan menggunakan perahu sewaan. Dengan ongkos sekitar Rp30 ribuan, Anda bisa berkeliling waduk sambil melihat tempat pembudidayaan ikan jaring apung secara dekat, sebuah aktivitas yang mungkin sulit dilakukan di kota.

Nah, untuk mereka yang hobi memancing, Waduk Cirata merupakan spot yang oke. Pasalnya, Anda dapat memuaskan hasrat memancing dengan suguhan beragam jenis ikan air tawar dalam berbagai ukuran. Tersedia spot memancing seperti di Calincing, Palumbon, Pasir Geulis atau Cipicung, Babakan Garut, Pasir Ucing, serta Palalangon.

Lelah beraktivitas, Anda bisa menikmati sajian kuliner khas Purwakarta, yakni sate maranggi. Di sini, sudah berjejer warung dan restoran dengan berbagai hidangan, mulai nasi liwet, sate maranggi, hingga ikan bakar. Waktu tunggu pemesanan sekitar 30 menit, dengan pembayaran menurut hitungan liter untuk beras dan kilogram untuk ikan.

Lalu, bagaimana dengan pengunjung yang datang dari luar kota dan membutuhkan tempat untuk bermalam? Tidak perlu khawatir, karena meskipun jumlahnya masih minim, sudah ada beberapa yang bisa dijadikan menginap. Berikut referensi penginapan yang berlokasi di sekitar kawasan Waduk Cirata.

Villa BPWC

Seperti namanya, akomodasi ini dikelola langsung oleh BPWC atau Badan Pengelola Waduk Cirata. Berada kawasan Waduk Cirata, Anda bisa menemukan penginapan ini di Ciroyom, Cipeundeuy, Purwakarta. Sayangnya, sangat sedikit referensi mengenai akomodasi ini, termasuk mengenai tarif kamar dan fasilitas yang ditawarkan.

Namun, menurut penelusuran penulis, Villa BPWC memiliki suasana yang asri sebagai daya tarik utama. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan halaman penuh tumbuhan dan rumput hijau. Apabila berminat menginap di tempat ini selama ke Waduk Cirata, bisa melakukan via nomor ponsel 0813 9422 9396.

Badan Pengelola Waduk Cirata - @PT. Pembangkitan Jawa Bali - Badan Pengelola Waduk Cirata
Badan Pengelola Waduk Cirata – @PT. Pembangkitan Jawa Bali – Badan Pengelola Waduk Cirata

Villa Talaga Cirata

Penginapan ini beralamat di Jalan Bendungan PLTA Cirata, Ciroyom, Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat. Menurut ulasan para tamu yang pernah berkunjung, Villa Talaga Cirata merupakan salah satu akomodasi yang cukup nyaman, dengan kamar-kamar yang bagus, plus fasilitas AC dan akses Wi-Fi gratis. Sayangnya, view waduk tidak terlalu jelas karena terhalang pohon tinggi.

Secara tampilan, Villa Talaga Cirata punya desain yang sederhana, namun tampak mencolok karena mengusung warna hijau plus kuning pada tembok luar ruangan. Warna-warna ceria juga dapat ditemui di sisi dalam, seperti warna hijau lumut dan ungu di dalam kamar. Sementara, di ruang tamu, dinding berwarna oranye sangat kontras dengan sofa biru untuk bersantai.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk bisa bermalam di tempat ini? Sayangnya, tidak ada bocoran resmi mengenai tarif menginap di Villa Talaga Cirata. Namun, menurut review beberapa wisatawan, harga sewa di tempat ini termasuk terjangkau. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa menelepon nomor HP 0813 2187 6078.

Villa Talaga Cirata - @VILLA TALAGA CIRATA
Villa Talaga Cirata – @VILLA TALAGA CIRATA

Corner House Cianjur

Tempat bermalam ini bisa Anda temukan di Jalan Komplek No. 21, Kampung Cibogo RT 7 RW 4, Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur. Corner House Cianjur juga berlokasi tidak terlalu jauh dari Waduk Cirata serta dekat dengan VEDCA (P4TK). Ini dikatakan satu-satunya yang tersedia di kawasan tersebut.

Secara tampilan, Corner House Cianjur mengusung desain yang modern, dengan balutan warna putih mendominasi dinding bangunan. Lingkungan sekeliling akomodasi sangat asri berkat adanya pohon hijau dan bunga warna-warni. Wisatawan pun dapat menyaksikan pemandangan Waduk Cirata yang luas di kejauhan dengan jelas.

Sebagai sebuah tempat menginap, akomodasi ini sudah didukung dengan fasilitas yang lumayan. Tamu akan menemukan pemandangan taman, teras di depan kamar, sarapan gratis, akses Wi-Fi gratis, kamar mandi pribadi plus toilet duduk, dan tentu saja ranjang. Jika berminat, kamar asrama disewakan dengan tarif mulai Rp100 ribuan per malam dan pemesanan dapat dilakukan via nomor ponsel 0813 2201 4323.

Corner House Cianjur - www.booking.com
Corner House Cianjur – www.booking.com
Lihat Juga:   Villa Kuda Pangandaran: Megah dan Mewah




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan