Harga Penginapan di Pulau Lima, Wisata Cantik di Banten

Penginapan di Pulau Lima - amazingholidaytour.blogspot.com

Kawasan memang masih menjadi unggulan di Provinsi Banten. Namun, tidak cuma Pantai Anyer (dan juga Pantai Carita), daerah yang dulunya menjadi bagian Provinsi Jawa Barat tersebut juga menyimpan berbagai spot menarik lainnya, salah satunya Pantai Lima. Bahkan, yang konon tidak berpenghuni ini telah didukung sederet menarik, termasuk penginapan.

Lokasi Pulau Lima

Pulau dengan pemandangan indah tersebut berselang 20 menit laut dari Pelabuhan Karangantu. Pulau Lima Banten muncul setelah Pulau Pamujan Kecil yang terletak di dekatnya. Penamaan pulau ini menjadi Pulau Lima kemudian diikuti oleh pulau lainnya yang berada di gugusan Kepulauan Mujan, seperti Pulau Pamujan Besar atau Pulau Tiga dan Pulau Pamujan Kecil atau Pulau Empat.

Memiliki luas sekitar 3,5 hektar, akses untuk menuju pulau ini hampir sama dengan akses menuju ke Pulau Pamujan Besar dan Pulau Pamujan Kecil. Jika Anda berangkat dari Kota Serang, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Pelabuhan Karangantu yang berada di wilayah Kasemen, Banten Lama. Durasi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan ini cuma sekitar 30 menit.

Penginapan di Pulau Lima - mydaypack.com

di Pulau Lima – mydaypack.com

Sementara, jika Anda berangkat dari dengan transportasi umum misalnya, Anda bisa menumpang kereta api jurusan Stasiun Duri-Karangantu dengan durasi waktu 3 jam. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menumpang angkutan umum dari Stasiun Karangantu menuju Pelabuhan Karangantu dengan cuma Rp5.000 per orang selama 5 menit. Namun, apabila Anda ingin berhemat, bisa berjalan kaki karena jarak kedua lokasi cuma 500 meter.

Setibanya di pelabuhan, para pengunjung harus memasuki kawasan Pantai Gopek dengan hanya membayar masuk Rp500 untuk sepeda motor dan Rp1.000 untuk pengendara mobil. Di bibir pantai ini, wisatawan bisa langsung menyewa kapal dengan berbagai banyak tujuan, seperti Pulau Tiga, Pulau Empat, Pulau Tunda, dan tentu saja Pulau Lima.

Lihat Juga:   Wisma Harapan Kita Bidakara, Sarana Akomodasi di Komplek RSAB & RS Harapan Kita Jakarta

Satu unit kapal, seperti dikutip dari Liputan6, bisa disewa dengan harga Rp250 ribu hingga Rp500 ribu untuk perjalanan pulang pergi. Sementara, jika ingin ke Pulau Lima, turis hanya harus merogoh kocek sebesar Rp250 ribu untuk penyewaan satu unit kapal. Dalam satu unit kapal ini, bisa ditumpangi 10 hingga 15 orang. Jadi, jika banyak penumpang, satu orang hanya harus membayar Rp25.000 untuk jumlah 10 orang. Harga tentunya lebih murah, sekitar Rp17.000 per orang, apabila penumpang satu kapal ke Pulau Lima mencapai 15 orang.

Pesona Pulau Lima

Sebenarnya, secara umum, Pulau Lima tampaknya belum cukup siap sebagai destinasi wisata, karena sekitarnya masih ditumbuhi semak belukar dan minim sarana dan prasarana. Meski demikian, pulau ini menyimpan pesona keindahan yang dikatakan mirip dengan Pulau Karimunjawa, yang berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Ketika Anda sampai di pulau ini, Anda akan menapaki jembatan dermaga sepanjang 100 meter. Di sekeliling pulau, nampak bangunan-bangunan sederhana yang terbuat dari kayu dan berdiri di atas pasir putih. Di pulau ini sendiri, setidaknya hanya ada tiga rumah panggung, warung-warung kecil, WC umum air tawar (dengan tarif berkisar Rp3.000 hingga Rp5.000 per orang), dan tujuh bale yang berada di sekitar bibir pantai.

Layaknya wisata pulau pada umumnya, daya tarik utama Pulau Lima memang tidak jauh-jauh dari suasana pantai dan laut. Di kawasan ini, Anda bisa bermain air, berlari-lari di antara deburan ombak, atau hanya sekadar berenang di tepi pantai. Di sore hari, pengunjung juga berkesempatan menyaksikan momen turunnya matahari tenggelam jika cuaca sedang mendukung. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Lima.

Penginapan di Pulau Lima - www.penawisata.com

Penginapan di Pulau Lima – www.penawisata.com

  • Mandi atau berenang di laut lepas. Jangan khawatir karena meskipun siang hari, air lautnya tetap sejuk untuk melakukan aktivitas berenang.
  • Bersantai di gazebo atau bale pulau sambil melihat pemandangan laut dan pulau-pulau sekitar yang indah.
  • Mengelilingi pulau. Karena luas Pulau Lima tidak begitu besar, maka Anda bisa mengelilingi tempat ini hanya dalam waktu 30 menit, melewati hutan mangrove yang rindang.
  • Berfoto di Pulau Lima, terutama bagi mereka yang doyan pamer aktivitas di media sosial.
  • Camping, mendirikan tenda sambil melihat bulan dan bintang malam hari di bibir pantai tentunya merupakan pengalaman yang mengasyikkan.
  • Memancing, karena di sekitar pulau ini masih banyak ikan yang berkeliaran.
  • Naik banana boat, fasilitas ini biasanya tersedia pada long weekend atau hari-hari tertentu ketika banyak pengunjung yang datang.
  • Snorkeling, air laut yang jernih membuat Anda juga bisa melakukan kegiatan ini. Namun, jika ingin spot yang lebih bagus, Anda bisa meluncur ke dua pulau yang terletak di seberang Pulau Lima.
Lihat Juga:   Tarif Penginapan Murah di Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Harga Penginapan di Pulau Lima

Jika wisatawan ingin bermalam di Pulau Lima, namun tidak membawa peralatan camping, tidak perlu khawatir. Pasalnya, di pulau ini, sudah berdiri beberapa penginapan model villa yang bisa dipakai untuk menginap. Tarif atau harga sewa penginapan di Pulau Lima bervariasi, namun berada di kisaran Rp200.000 hingga Rp500.000 per malam. Ketika musim , tarif bisa naik hingga Rp800.000 per malam.

Di Pulau Lima sendiri, setidaknya ada tiga unit villa yang bisa disewa wisatawan. Namun, menurut salah satu penjaga Pulau Lima, jika ingin memesan villa, sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari atau bukan di momen hari libur panjang. Pasalnya, penginapan di Pulau Lima lumayan ramai diserbu pelancong yang ingin merasakan keindahan tempat tersebut lebih intens.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>