Destinasi Wisata di Mandeh Pesisir Pantai Selatan, Sumatera Barat




Destinasi wisata Pulau Mandeh (sumber: reddoorz)
Destinasi wisata Pulau Mandeh (sumber: reddoorz)

Salah satu daerah yang menjadi tujuan utama saat berkunjung ke Sumatera Barat adalah kawasan Mandeh yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, karena kondisinya yang masih asri dengan pantai yang luas dan bebas sampah.[1] Dilansir dari Liputan6, wisata Mandeh di Pesisir Pantai Selatan dapat dikatakan sebagai Raja Ampat-nya Sumatera Barat. Selain itu, harga tiket masuknya juga relatif terjangkau.

Kawasan wisata Mandeh memiliki keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi dan ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di ini, terutama di wilayah perairannya. Tak hanya di daratan, ternyata lautan Mandeh patut dieksplorasi, karena keindahannya yang diklaim layaknya Raja Ampat. Selain itu, ada beberapa tempat yang patut Anda jelajahi saat tiba di Mandeh.

Spot Wisata di Mandeh Pesisir Pantai Selatan

Puncak Mandeh adalah salah satu wisata Pulau Mandeh yang cukup populer di kalangan turis lokal maupun mancanegara. Dari Puncak Mandeh, Anda bisa melihat pemandangan seluruh Pulau Mandeh yang terlihat seperti gugusan pulau yang tak kalah indah dengan kawasan Raja Ampat di Papua.

Puncak Paku Mandeh (sumber: padangkita.com)
Puncak Paku Mandeh (sumber: padangkita.com)

Menurut berbagai sumber, spot wisata Pulau Mandeh yang paling indah adalah di Puncak Mandeh ini. Anda bisa menjadikan pemandangan yang indah ini sebagai background untuk foto bersama keluarga atau selfie. Selain itu, terdapat area khusus untuk menikmati pemandangan alam. Tempat ini dilengkapi dengan kursi kayu sebagai lokasi beristirahat sekaligus bersantai.

Lihat Juga:   Profil dan Tarif Penginapan : Villa Melati Putih, Lembang, Bandung

Jika beruntung, Anda bisa melihat pesona sunset yang indah. Untuk mendapatkan pemandangan seperti ini, Anda perlu sedikit berebut dengan turis lain. Biasanya, sebelum sunset, Puncak Mandeh sudah dipenuhi oleh pelancong lokal maupun asing. Supaya tak kalah saing, sebaiknya Anda pergi saat siang hari.

Masih ada di kawasan Mandeh, tak lengkap jika Anda belum menjelajahi Pulau Setan. Meskipun namanya menyeramkan, bukan berarti pulau ini dihuni makhluk halus. Sebaliknya, Anda akan menemukan banyak pemandangan indah. Di kawasan ini, Anda bisa melakukan hiking hingga ke puncak bukit untuk menikmati birunya laut Pesisir Pantai Selatan.

Pulau Setan, Mandeh (sumber: tripadvisor)
Pulau Setan, Mandeh (sumber: tripadvisor)

Beberapa spot di bukit Pulau Setan juga bisa Anda jadikan sebagai tempat foto yang Instagramable. Biasanya untuk berfoto di sini, pelancong akan membawa kain tenun songket khas Sumatera Barat. Di Sekitar Pulau Setan, tepatnya di tepi pantai, juga sudah tersedia beragam wahana permainan air yang seru, antara lain speed boat, perahu sampan, dan banana boat. Ada pula fasilitas memancing di laut lepas yang bisa Anda lakukan beramai-ramai.

Destinasi wisata lain yang tak kalah menariknya dari Pulau Setan adalah Pulau Sironjong Gadang. Ini adalah destinasi rekreasi yang cukup terkenal di Pulau Mandeh dan hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit menggunakan perahu sampan untuk sampai ke Pulau Sironjong Gadang.

Di Pulau Sironjong Gadang, Anda bisa berenang atau snorkeling. Ada banyak jenis ikan kecil dan biota laut yang bisa Anda temukan di lautan pulau ini. Selain itu, Anda bisa menyaksikan keindahan batuan karang yang berwarna-warni di dasar laut.

Lihat Juga:   Fasilitas dan Harga Penginapan di Sukanagara, Cianjur

Jika Anda merasa kurang puas dengan hanya melakukan snorkeling di Pulau Sironjong Gadang, Anda bisa singgah ke Pulau Sironjong Ketek untuk cliff jumping. Untuk pergi ke kawasan ini, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit dari Pulau Sironjong Gadang.

Pulau Siranjang Ketek (sumber: media indonesia)
Pulau Siranjang Ketek (sumber: media indonesia)

Ada beberapa spot cliff jumping dengan ketinggian yang berbeda. Anda bisa merasakan terjun bebas dari ketinggian 15 meter ke dalam air. Sensasi yang bisa memacu adrenalin seperti ini tentu akan sangat disayangkan apabila dilewatkan.

Tiket Wisata Mandeh Pesisir Pantai Selatan

Untuk menjelajahi semua di Mandeh, Anda tidak ditarik alias harga tiketnya gratis. Meskipun begitu, Anda harus membayar jasa wisata atau yang akan membawa Anda berkeliling pulau. Paket tour Wisata Mandeh ini rata-rata dibanderol mulai Rp175.000 per pax dengan jumlah peserta minimal 30 orang hingga Rp600.000 untuk dua orang. Biaya ini sudah termasuk dengan kapal yang digunakan. paket wisata Mandeh ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Antomi, Yudi, Sri Mariya, Lailatul Rahmi. 2018. Wisata Ramah Lingkungan di Kawasan Mandeh. Jurnal Georafflesia UniversitasNegeri , Vol. 3(1): 49-55.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan